3 Khasiat Jambu Bji untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ibu hamil sangat memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup untuk kebutuhan ibu dan janinnya. Ibu hamil diharuskan mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan ibu dan janinnya salah satunya adalah mengonsumsi buah jambu. Buah jambu sebenarnya banyak jenisnya hanya saja yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jambu biji merah.

Ternyata ada banyak khasiat jambu biji untuk ibu hamil maka tidak heran bila para ibu-ibu hamil lebih memilih buah jambu sebagai nutrisi tambahan bagi dirinya dan calon buah hati. Buah jambu biji ini memiliki banyak kandungan di antaranya adalah vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam jambu biji lebih banyak dibanding jeruk.

Vitamin C pada jambu biji lebih banyak berada di bagian kulitnya oleh karena itu bagi para ibu hamil sebaiknya jangan mengupas kulitnya agar bisa mendapatkan kandungan vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, buah jambu biji juga mengandung Vitamin A, Vitamin B1, Kalsium dan Zat Besi.

Khasiat Jambu Bji Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janinnya

khasiat jambu biji untuk ibu hamilBanyaknya kandungan vitamin yang berada pada buah jambu biji membuat buah ini sangat disukai oleh ibu hamil. Jambu biji pun sangat mudah ditemukan baik itu dijual di pasar tradisional maupun di pasar modern. Setidaknya ada 10 manfaat buah jambu biji yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

  1. Khasiat Jambu Bji Untuk Ibu Hamil: Menjaga Tekanan Darah

Ibu hamil akan sangat rentan dengan yang tekanan darah tinggi. Bila tidak diatasi secara cepat takutnya dapat menyebabkan efek komplikasi yang menyebabkan adanya gangguan kesehatan baik itu pada ibunya atau janinnya. Untuk menghindari hal seperti itu, mengonsumsi buah jambu biji matang minimal 1x sehari setidaknya sudah bisa mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Ini salah satu khasiat jambu biji untuk ibu hamil yang baik bagi kesehatannya.

  1. Khasiat Jambu Bji Untuk Ibu Hamil: Banyak Asam Folat

Asam folat kerap kaitannya dengan ibu hamil. Ya, memang benar. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga tumbuh kembang si janin. Jika ibu hamil kekurangan asam folat dampaknya adalah janin bisa saja tumbuh dengan prematur atau berat badan si bayi bisa kurang dari standar umumnya bayi yang baru lahir.

Sebenarnya asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja melainkan anak-anak dan orang dewasa juga membutuhkannya. Hanya saja ibu yang sedang hamil mengalami peningkatan asam folat sehingga harus banyak membutuhkan asupan makanan yang kaya akan asam folat. Maka dari itu khasiat jambu biji untuk ibu hamil sangat membantu tumbuh kembang si janin.

  1. Khasiat Jambu Bji Untuk Ibu Hamil: Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil rentan terkena penyakit. Bila ibu hamil mudah terserang penyakit kemungkinan bayi yang ada di dalam kandungannya juga turut merasakannya. Dengan mengonsumsi buah jambu biji yang mengandung vitamin C, ibu hamil tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu vitamin C yang ada pada buah jambu biji juga bisa menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh ibu hamil.

Cara mengonsumsi buah jambu biji juga berbeda-beda, ada yang lebih suka memakan langsung, ada yang lebih suka menjadikannya sebagai minuman alias di jus, ada juga yang mencampurkannya dengan makanan lain. Mau bagaimanapun mengonsumsinya tidak akan menghilangkan khasiat jambu biji untuk ibu hamil. Jadi bagi para ibu hamil yang ingin selalu terjaga kesehatannya ada baiknya mengonsumsi buah jambu biji.