5 Langkah Pola Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

Pola hidup sehat selama menjalani kehamilan penting untuk dilakukan dan hal tersebut cukup mudah asalkan dilakukan secara konsisten dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Berikut adalah 5 langkah pola hidup sehat untuk ibu hamil yang bisa anda lakukan selama menjalani kehamilan untuk menghindari resiko-resiko kesehatan janin yang tidak diinginkan.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan pada masa kehamilan adalah salah satu hal yang dianjurkan. Pada umumnya ketika seseorang memiliki berat badan yang ideal, maka peluang untuk hamil lebih besar daripada yang tidak mempunyai berat badan ideal. Cara menentukan berat badan apakah ideal atau tidak cukup mudah, yaitu dengan cara membagi nilai berat badan (kg) dengan tinggi badan (m). Sedangkan nilai indeks massa tubuh yang ideal untuk orang asia berkisar antara 18,5 hingga 22,9.

Menjaga berat badan tidak selalu berkonotasi harus turun, artinya ketika berat badan seseorang kurang maka harus dinaikan dengan kadar gizi yang sesuai. Bahkan pada masa kehamilan ibu hamil disarankan untuk menaikan berat badan secara bertahap setiap bulannya. Baik itu menaikan berat badan ibu maupun pada janinnya, karena jika berat janin kurang dari fase usia kehamilan yang seharusnya maka, dikhawatirkan janin mengalami keterlambatan perkembangan.

Namun jika pada saat kehamilan berat badan terlalu besar, tentu harus diturunkan tanpa mengurangi kadar gizi dan nutrisi terutama pada ibu dan janin didalam kandungan itu sendiri. Akan tetapi biasanya kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan akan berpengaruh terhadap metabolisme janin seperti janin berkembang lebih cepat dari fase usia kehamilannya.

Menjaga kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya diperlukan pada saat menjalani kehamilan, juga pada saat tidak hamil mun menjaga kesehatan gigi itu mutlak diperlukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan gigi secara dini, infeksi gusi akibat kuman dan bakteri, gigi berlubang bahkan menimbulkan resiko bau mulut.

Pada saat menjalani kehamilan, berbagai perubahan hormon progesteron dan estrogen akan membuat berbagai perubahan-perubahan pada calon ibu, salah satunya adalah lebih rentannya reaksi pada gigi dan gusi seperti gusi bengkak, gigi mudah berlubang, dan lain sebagainya.

Menjaga kebugaran tubuh

Menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan calon bayi di dalam perut. Dengan melakukan olahraga ringan selama 30 menit dalam satu hari dapat membantu melenturkan otot-otot kaki dan paha selama menjalani kehamilan akibat bertambahnya beban otot kaki karena menopang janin. Beberapa jenis olahraga yang sdapat dilakukan selama menjalani kehamilan antara lain adalah  yoga, berjalan kaki dan senam hamil.

Hindari kafein dan minuman beralkohol

Minuman yang mengandung kafein dan beralkohol sangat berbahaya jika dikonsumsi selama menjalani kehamilan karena dapat meningkatkan resiko gangguan terhadap janin yang dikandung. Selama menjalani kehamilan disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi, teh, dan soft drink yang banyak mengandung pemanis buatan.

Lebih dari itu, minuman beralkohol lebih berbahaya lagi jika dikonsumsi selama menjalani kehamilan karena dapat meningkatkan resiko cacat fisik pada kandungan, bahkan mengalami keterbelakangan mental setelah lahir karena rusaknya jaringan otak. Pada kasus tertentu, kafein dan minuman beralkohol juga dapat meningkatkan resiko keguguran.

Konsumsi suplemen

Mengkonsumsi nutrisi yang tepat penting dilakukan pada ibu hamil, karena dengan asupan gizi yang seimbang akan membuat ibu lebih merasa aman dan bayi pun akan terlahir sehat. Selama kehamilan, diperlukan asupan protein, vitamin dan mineral yang cukup. Biasanya ketika berkonsultasi dengan dokter akan diberikan asam folat untuk menunjang perkembangan tulang dan otak pada janin. Selain itu pola makan yang sehat diertai istirahat yang cukup dapat meningkatkan kesehatan bayi yang sedang dikandung.