9 Macam Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Buah yang baik untuk mata – Mata adalah bagian organ manusia yang sangat penting karena memiliki fungsi sebagai alat untuk melihat. Dengan penglihatan Anda bisa mengenali sebuah objek sehingga ketika melihat sebuah benda yang diletakkan di atas karpet.

Dengan penglihatan, Anda bisa menyebut benda-benda sebagai objek yang dapat terlihat jelas, bahkan ketika Anda terbangun di pagi hari dan melihat ke samping Anda bisa mengenali pasangan Anda.

Sayangnya, meski fungsinya yang sangat vital banyak yang kurang menjaga kesehatan dari mata. Hal-hal yang bisa merusak kesehatan mata antara lain adalah:

  1. Memandangi layar perangkat gawai dengan cahaya tinggi dalam waktu yang lama
  2. Menonton televisi dengan lampu dimatikan
  3. Tidur tanpa melepaskan lensa kontak
  4. Mengucek mata
  5. Terlalu sering menggunakan obat tetes mata
  6. Tidak menggunakan pelindung mata dalam situasi dan kondisi tertentu
  7. Dan masih banyak lagi lainnya kebiasaan yang bisa merusak mata.

Selain menghindari hal-hal yang bisa merusak kesehatan mata Anda, mengonsumsi makanan yang memberikan nutrisi untuk mata adalah cara yang bisa dilakukan dari dalam.

Makanan-makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C, dan juga vitamin E adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda dan bisa mencegah penyakit mata seperti katarak atau menurunnya kemampuan penglihatan karena usia.

Rekomendasi ini diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari Age-Related Eye Disease Study tahun 2001 menemukan bahwa mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan nutrisi tersebut  bisa mengurangi resiko penyakit mata yang berhubungan dengan pertambahan usia sebanyak 25%.

buah yang baik untuk mata

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan mata. Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik untuk mata.

1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, di mana vitamin ini berguna sebagai antioksidan dan bisa membantu untuk mengurangi masalah dan penyakit mata termasuk yang disebabkan karena faktor usia. Berbagai macam jenis jeruk bisa jadi sumber makanan yang baik untuk mata.

Anda bisa membuat jus buah untuk kesehatan mata dengan menggunakan jeruk sunkist, hingga membuat salad buah yang segar dan rendah kalori dengan menggunakan jeruk bali atau grapefruit.

2. Lemon

Lemon juga termasuk dalam kategori buah citrus, sama seperti jeruk, namun karena tingkat keasamannya yang lebih tinggi sebaiknya jangan dikonsumsi setiap hari atau dalam jumlah yang terlalu banyak.

Sama seperti buah citrus pada umumnya, lemon juga buah yang baik untuk mata karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Anda bisa memasukkan satu atau dua buah slice lemon ke dalam minuman teh Anda, bisa juga diperas sarinya sebagai dressing salad yang lebih sehat karena kalori yang rendah dan bebas gula tambahan.

3. Wortel

Sebagian dari Anda mungkin akan protes, wortel itu sayuran bukan buah! Meski ambigu dan kontroversial, wortel adalah sumber makanan klasik yang bagus untuk mata.

Ketika ditanya makanan apa yang paling bagus untuk kesehatan mata, wortel biasanya disebutkan duluan. Wajar, karena wortel memang mengandung vitamin A dan beta karoten yang cukup tinggi di mana nutrisi tersebut sangat bagus untuk kesehatan mata.

Vitamin A berperan penting untuk membantu retina dalam menyerap cahaya, sedangkan beta karoten adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk vitamin A.

Wortel bisa jadi campuran jus buah dan sayur untuk mata yang enak. Anda bisa mencampurnya dengan buah yang lain atau mencampurkan sedikit madu untuk memberikan rasa yang lebih nikmat pada jus wortel sebagai minuman yang sehat.

4. Paprika merah

Paprika merah bisa jadi sumber vitamin A yang cukup tinggi dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dibanding sumber vitamin A lainnya. Buah yang baik untuk mata ini bisa Anda olah menjadi tumisan sayur atau dimakan mentah untuk menjadi salad buah dan sayur yang sehat dan enak.

Vitamin A sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah di mata  dan peneliti percaya bahwa mengonsumsi lebih banyak paprika merah bisa menurunkan resiko katarak.

5. Strawberry

Pada umumnya, manfaat buah-buahan yang berwarna merah dan cerah adalah buah yang baik untuk mata karena kandungan beta caroten yang tinggi. Beta caroten adalah zat pewarna alami yang memberikan warna oranye pada wortel dan warna merah pada strawberry.

Jus strawberry adalah salah satu jenis jus buah favorit yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Anda juga bisa mencampur buah strawberry dengan wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A yang lebih banyak atau membuat pudding strawberry rendah lemak  yang tidak perlu diberi tambahan pemanis. Selain strawberry, buah berry lainnya juga bagus untuk mata seperti misalnya blackberry dan teman-temannya.

6. Pepaya

Jika Anda merasa lapar malam-malam, simpan stok persediaan kue atau keripik kentang Anda dan ganti dengan pepaya. Buah pepaya adalah buah yang kaya akan serat sehingga bisa memberikan rasa lebih kenyang dan bagus untuk Anda yang sedang sembelit.

Selain itu, pepaya adalah buah yang mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga daya penglihatan mata  dan melindunginya dari efek radikal bebas. Pepaya bisa jadi buah dan sayur untuk kesehatan mata di mana Anda bisa mengonsumsinya sebagai buah ketika sudah matang atau ditumis jadi sayuran ketika masih muda.

7. Buah naga

Tidak seperti penampilannya yang agak ekstrem, buah naga punya rasa yang sangat ringan, tidak terlalu manis, dan bisa jadi buah pencuci mulut yang menyegarkan. Buah naga biasanya dikonsumsi langsung setelah memotong-motong dagingnya, atau disajikan bersama dengan buah dan sayuran lain sebagai salad.

Bisa juga dibuat jadi minuman jus yang menyegarkan. Buah naga adalah buah yang baik untuk mata karena ia tinggi akan vitamin C di mana vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan, dan bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah berbagai macam penyakit mata.

8. Kiwano

Kiwano adalah buah yang baik untuk mata selanjutnya namun bagi kebanyakan dari Anda mungkin asing dengan bentuknya. Buah yang memiliki nama lain melon bertanduk ini memiliki bentuk yang aneh, dengan rasa yang familiar namun juga asing dalam waktu yang bersamaan.

Ada yang bilang rasanya seperti pisang, ada yang bilang seperti campuran antara timun, zucchini, dan kiwi. Meski bentuknya yang ekstrem, kiwano adalah buah yang bagus untuk kesehatan mata di mana butiran hijaunya mengandung beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

9. Manggis

Beberapa waktu yang lalu buah manggis sempat ramai diperbincangkan dan dibuat meme-nya karena banyaknya muncul obat herbal yang mengklaim memiliki khasiat dari kulit buah manggis.

Tetapi salah satu khasiat manggis yang sudah diakui di dunia kesehatan adalah khasiatnya untuk kesehatan mata. Buah manggis mengandung vitamin B kompleks yang bisa membantu untuk mengurangi degenerasi makula pada wanita.