9 Pantangan yang Harus Dihindari Ketika Mengalami Asam Lambung

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika mengalami asam lambung. Karena ketidaktahuan tersebut terkadang menjadikan penderita asam lambung menjadi semakin parah hanya karena pola makan yang tidak tepat.

Ketika mengalami asam lambung, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari agar tidak memperparah asam lambung. Namun perlu diketahui bahwa pantangan asam lambung pada setiap orang bisa berbeda-beda tergantung kasus nya. Sehingga jika ingin lebih mengetahui lebih lanjut harus berkonsultasi dengan dokter.

Namun pada umumnya terdapat 9 makanan dan minuman yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung agar tidak memperparah kondisi. Berikut ini adalah sembilan makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

1. Hindari makanan pedas

Makanan pedas cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Karena selain akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung, juga dapat menyebabkan sakit pada ulu hati yang tidak nyaman. Jika Anda adalah termasuk orang yang penyuka makanan pedas, cobalah untuk mengganti cabai dengan merica atau saus tomat. Itupun disarankan tidak mengkonsumsi terlalu banyak

2. Hindari Kacang-kacangan dan mentega

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang tinggi lemak dan protein. Tentu hal ini sangat bagus untuk dikonsumsi tubuh, akan tetapi tidak dengan yang menderita asam lambung atau maag. Hal ini karena penderita asam lambung harus menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi termasuk didalamnya adalah kacang-kacangan dan mentega.

Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan bagi penderita asam lambung dapat memicu timbulnya gas pada lambung sehingga mengakibatkan perut kembung. Selain kacang-kacangan dan mentega, beberapa makanan yang harus dihindari lainnya adalah brokoli, susu, dan kubis. Kue-kue kering yang mengandung banyak mentega perlu dikurangi secara signifikan.

3. Permen Mint

Perment rasa mint yang memiliki kandungan pepermint tidak disarankan dikonsumsi oleh orang yang menderita asam lambung. Memang permen mint memiliki rasa yang khas dan menyegarkan mulut. Namun jika dikonsumsi oelh orang penderita asam lambung, efeknya adalah dapat memicu kenaikan asam lambung secara signifikan melalui kerongkongan. Untuk mengatasi hal ini cobalah dengan mengganti peppermint dengan jahe.

4. Minuman yang mengandung Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol tidak hanya berbahaya bagi penderita asam lambung, namun juga pada orang-orang dengan kondisi tertentu memang tidak dianjurkan karena memiliki manfaat yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan efek samping yang meminumnya. Khusus bagi penderita asam lambung, minuman yang mengandung alkohol dapat memicu kenaikan asam lambung yang lebih parah. Baik itu mengkonsumsi dalam jumlah sedikit maupun dalam jumlah banyak. Minuman beralkohol yang dimaksud adalah seperti bir, koktail, wine, anggur merah dan lain-lain..

5. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Sebenarnya bukan hanya untuk penderita asam lambung, mengkonsumsi cokelat juga harus dihindari oleh orang yang mempunyai masalah pencernaan lainnya.

Secara teknis cairan lambung harus dicegah agar tidak terdorong ke kerongkongan dari perut oleh otot-otot di sekitar lambung yang disebut dengan sfingter esofagus. Otot sfingter ini berfungsi sebagai anti-refluks yang bisa menutup rapat agar isi perut pada lambung tetap pada tempatnya. Dengan mengkonsumsi cokelat pada saat asam lambung naik, maka hal tersebut akan melemaskan otot-otot sfinger yang dapat memperparah kondisi.

6. Minuman yang mengandung soda

Soda juga merupakan salah satu minuman yang harusnya dihindari. Selain Soda dapat membuat perut kembung, juga sama seperti halnya cokelat dapat melemaskan otot-otot sfinger pada lambung. Yang termasuk minuman bersoda antara lain sprite, coca cola, susu soda, dan lain sebagainya.

7. Makanan yang mengandung banyak lemak

Memakan makanan yang mengandung banyak lemak pada saat menderita asam lambung atau maag dapat mengakibatkan tekanan pada perut yang mengakibatkan rasa mulas. Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak adapat memperlambat proses pencernaan. Pada saat menderita asam lambung, hal ini tidak boleh terjadi.

Beberapa makanan-makanan yang mengandung banyak lemak dan perlu dihindari diantaranya adalah kacang, keju, daging sapi atau iga. Termasuk gorengan-gorengan yang menggunakan minyak curah.

8. Minuman Berkafein

Tentu bagi sebagian dari Anda sudah tahu minuman berkafein yang menjadi faforit, yaitu kopi. Minuman kopi mengandung kafeit kuat yang dapat menyebabkan asam lambung naik secara signifikan, apalagi dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membuat rasa yang tidak nyaman bagi penderita asam lambung.

9. Hindari bawang putih dan bawang mombay

Bawang putih dan bawang bombay menjadi salah satu bagian bumbu yang perlu dihindari. Kandungan pada bawang merah dan bawang bombay terdapat zat yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Namun sebagian ahli kesehatan mengatakan bahwa hal ini terjadi pada sebagian orang saja. Untuk bawang putih masih diperbolehkan namun tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Sebenarnya semua makanan itu boleh dikonsumsi meskipun dalam keadaan asam lambung naik. Namun informasi ini dapat menjadi referensi bahwa khusus bagi penderita asam lambung porsinya perlu dikurangi atau lebih bagus dihindari sama sekali, setidaknya sampai rasa nyeri berangsur-angsur pulih.