9 Tips Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh

9 tips menurunkan berat badan paling ampuh disini akan membantu Anda dalam memperlancar proses diet Anda. Karena diet buakn hanya urusan soal mengurangi kadar makan secara signifikan, namun ada beberapa aspek yang diperlukan untuk program diet seperti aspek pola pikir ketika sedang menjalankan program diet.

Berikut adalah 9 tips dalam menurunkan berat badan yang dapat membantu Anda.

1. Kurangi mengkonsumsi Nasi Putih

Nasi putih termasuk makanan yang memiliki kadar kalori tinggi, namun kadar serat yang rendah. Bagi Anda yang menjalankan program diet, mengkonsumsi terlalu banyak nasi adalah salah satu hal yang perlu dihindari. Untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan lainnya yang tinggi serat misalnya nasi merah atau ubi jalar adalah salah satu solusi terbaik.

2. Perbanyak mengkonsumsi makanan berprotein

Ketika seseotang yang menjalani diet namun sedikit mengkonsumsi makanan berprotein, maka ketika berat badan turun maka kulit disekitar berkurangnya lemak akan menjadi kendor. Berbeda dengan orang yang menjalankan diet namun banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, biasanya kulitnya akan terlihat bagus dan kencang. Hal ini disebabkan karena protein dapat membantu tubuh Anda untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan sel-sel kulit.

3. Minum Air putih secara teratur

Minum air putih yang disarankan setiap harinya adalah 3 sampai 5 liter, atau minimal 8 gelas sehari. Air putih sangat penting bukan hanya pada orang yang memiliki berat badang yang normal, namun juga untuk orang yang sedang menjalankan diet. Alasannya adalah air putih dapat memperbaiki dan memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. 

Bagi yang sedang menjalani diet, air putih bisa membantu menahan rasa lapar juga, pengaturannya adalah ketika jam makan Anda Sudah tiba misalnya, maka Anda dapat meminum air putih sebanyak 1 atau dua gelas sambil menunggu hidangan tiba. Dengan begitu jumlah makanan utama akan menjadi berkurang dari biasanya karena efek mengenyangkan dari meminum air putih.

4. Hindari makanan dengan Sodium atau Tinggi Garam

Menurut Literatur kesehatan menyatakan bahwa garam bersifat akan menarik air di dalam tubuh.  Artinya ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam maka tubuh Anda akan menyimpan banyak air yang disimpan melalui natrium atau garam pada tubuh. Pada kasus tertentu orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat mengalami resiko water resistant. Hal ini tidak baik dan dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh, termasuk resiko mengalami tekanan darah tinggi.

5. Memakan makanan yang mengandung laktobasilus

Laktobasilus (lactobacillus) adalah sekumpulan bakteri baik yang dapat membantu usus untuk mencerna lebih baik dan membantu menjaga agar sistem pencernaan usus tetap baik. Beberapa makanan yang mengandung laktobasilus antara lain acar, yoghurt, tempe, asinan kubis, dan lain sebagainya.

6. Hindari makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi

Gula merupakan salah satu bahan yang dapat membuat cita rasa manis terhadap makanan. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa sebagian banyak dari makanan yang dikonsumsi yang memiliki kadar tinggi gula merupakan makanan yang hampir tidak mempunyai nilai gizi. Karena gula merupakan cita rasa, bukan nutrisi.

Siapa yang tidak menyukai makanan manis yang kaya akan cita rasa. Namun perlu diingat bahwa ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, maka kadar kalori dalam tubuh Anda juga akan ikut naik seperti halnya pada nasi. 

Banyak orang terutama kaum hawan yang gagal menjalani diet karena tidak tahan terhadap godaan makanan manis yang lezat, bahkan sebagian orang tertentu ketika memakan makanan yang manis cenderung akan menambah lagi dan menambah lagi. Sehingga mereka terkadang lupa bahwa mereka sedang melakukan diet. Memakanan makanan manis pada saat diet sebenarnya boleh-boleh saja namun harus diperhatikan bawah mengkonsumsi makanan tersebut tidak boleh telalu banyak.

7. Berolah raga setiap hari secara teratur

Berolahraga Kecil setiap hari secara konsisten dapat membantu memperbaiki dan memperlancar metabolisme dalam tubuh. Ketika menjalani diet, olahraga harus secara teratur dan setiap hari. Maksud olahraga disini adalah tidak perlu melakukan olahraga yang berat, namun justru disarankan untuk berolahraga yang ringan. Sebaliknya jika berolahraga berat malah akan membuat tingkat stress pada tubuh Anda lebih tinggi. Jika hal ini terjadi tentu akan menghambat program diet yang Anda lakukan. 

Selain itu melakukan olahraga berat pada saat diet justru akan membuat perut Anda lebih terasa lapar dan cenderung akan meningkatkan nafsu makan sehingga bukan sedikit makan malah akan menambah porsi makan yang lebih dari yang dianjurkan. Jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan pada saat diet adalah jogging, senam, yoga, dan lain-lain. Karena yang perlu diperhatikan disini adalah berolahraga secara konsisten.

8. Hindari makan pada malahm hari

Sebagian orang yang suka makan malam antara pukul tujuh hingga pukul 7.30 mungkin tidak masalah. Namun ketika sedang menjalankan diet, hindari makan malam diatas pukul 8. Misalnya jam 9 malam, atau jam 10 malam dan seterusnya. Hal ini karena ketika makan malam diatas jam 9 akan terjadi penumpukan lemak dalam tubuh sehingga akan mengakibatkan diet Anda menjadi sia-sia.

9. Ubah Pola pikir Anda

Ketika menjalani diet, Anda harus mengubah pola pikir ke Arah yang lebih baik. Jadi janganlah terpaku pada diet, diet, dan diet. Cobalah untuk mengubah pola pikir bahwa diet bukan Hanya sekedar urusan berat badan saja, namun juga Anda menjalani diet Karena Anda mencintai diri Anda sendiri dan tubuh Anda untuk menjadi lebih sehat dengan cara menjalankan diet sehat tentunya. Jika terlalu terpaki pada urusan penurunan berat badan, mungkin Anda bisa menjadi stress dan dapat beresiko mengganggu metabolisme tubuh Anda, terutama ketik target diet tidak tercapai. Akhirnya Karena stres Anda akan menjadi sulit untuk mengubah berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.

Demikian 9 tips dalam menurunkan berat badan paling ampuh yang bisa Anda terapkan selain dengan menjalankan pola hidup sehat yang benar.