Apa Saja Manfaat Buah Tin dalam Al-Quran?

Buah Tin memang buah yang cukup istimewa. Tidak hanya menjadi buah kesukaan nabi Muhammad SAW, buah ini juga disebutkan dalam sebuah ayat dalam Al-Quran bahkan namanya merupakan salah satu nama surah dalam Al-Quran tepatnya surah At-Tin. Ada banyak sekali pembahasan mengenai manfaat buah Tin dalam Al Quran maupun dalam hadits nabi.

Salah satu manfaat buah yang konon berasal dari surga ini adalah sebagai obat encok dan obat wasir seperti yang dikutip dari sebuah hadits nabi yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra. Dari segi medis, kandungan buah Tin memang sangat baik untuk kesehatan.

manfaat buah tin dalam al-quranManfaat buah Tin dalam Al Quran dan Hadist Nabi

Buah Tin mudah sekali ditemukan di daerah Afrika Utara dan juga di Maroko, buah yang satu ini oleh masyarakat sekitar dengan buah yang penuh manfaat dan sangat baik untuk kesehatan. Manfaat buah Tin sebenarnya sudah banyak dibuktikan oleh banyak peneliti dan mereka membenarkan bahwa buah yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh mulai dari anak-anak sampai yang sudah berusia lanjut. Buah Tin umumnya dikonsumsi saat sudah dikeringkan atau bisa juga dikonsumsi dengan menggunakan minyak Zaitun.

Buah Tin dan buah Zaitun memang selalu berkaitan. Itulah mengapa dalam surah At-Tin keduanya disandingkan dalam satu ayat yang sama. Berikut beberapa manfaat buah Tin dalam Al-Quran dan juga hadist nabi:

Mengobati encok

Encok merupakan penyakit yang muncul akibat mengonsumsi daging merah secara berlebihan sehingga mengakibatkan kerusakan pada asam amino khususnya pada asam sel somatik. Buah Tin mengandung enzim khusus yang akan mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang terdapat dalam buah Tin akan menstabilkan dan mengembalikan kinerja enzim menjadi kembali normal.

Mengobati batuk

Memang tidak dijelaskan secara eksplisit manfaat buah Tin dalam Al-Quran tetapi banyak sekali ayat Al-Quran yang menyebutkan manfaat buah ini yang diperkuat dengan adanya hadits nabi. Salah satu manfaat buah Tin ternyata adalah untuk mengobati batuk dengan beragam jenis. Caranya cukup dengan memasukkan bawang putih dalam buah Tin kering yang sudah dibelah yang kemudian digoreng dalam minyak zaitun.

Mengobati wasir

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra, menyebutkan bahwa nabi Muhammad SAW bersabda dan mengatakan bahwa buah Tin sangat baik untuk mengobati wasir dan juga encok. Buah yang satu ini sangat cocok untuk melancarkan wasir mengingat setiap 100 gram buah Tin mengandung 28% serat yang baik untuk tubuh dan 28% diantaranya adalah serat terlarut yang akan melancarkan buang air besar.

Baik untuk pertumbuhan dan tekanan darah

Buah Tin sangat kaya akan vitamin A, B, C dan mengandung berbagai macam garam pokok seperi fosfor, kalsium, dan zat besi. Kandungan tersebut sangatlah baik untuk pertumbuhan dan juga dapat menstabilkan tekanan darah. Itulah mengapa, buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

Beberapa manfaat dari buah Tin di atas hanyalah sebagian kecil dari buah yang memiliki rasa manis ini. Buah Tin dikenal dengan nama “nature’s most nearly perfect fruit” yang berarti buah yang hampir sempurna di alam. Semoga artikel mengenai manfaat buah Tin dalam Al Quran dan hadits nabi kali ini bisa bermanfaat.