Apa sih bedanya pusing dengan sakit kepala?? Ini dia penjelasannya

Mungkin dari Anda ada yang masih bingung mengenai bedanya pusing dengan sakit kepala. Secara umum memang wajar dikalangan umum yang masih awam tidak tau pasti mengenai perbedaan pusing dengan sakit kepala. Ini dia penjelasannya…

Untuk kalangan medis atau dunia kedokteran, pusing dengan sakit kepala itu adalah suatu hal yang berbeda. Banyak pasien yang berkunjung ke dokter mengenai pusing yang di deritanya atau sakit kepala yang diteritanya. Di satu sisi dokter mungkin akan menyamakan persepsi terlebih dahulu dengan pusing atau sakit kepala yang diterita oleh pasien. Bisa jadi pasien menyebutkan kepalanya pusing, namun dokter mengidentifikasinya sebagai sakit kepala dan sebaliknya.

Sakit kepala bisa diilustrasikan seperti kepala mengalami denyutan seperti ditekan atau ditusuk-tusuk. Nah seperti itulah rasanya sakit kepala. Sedangkan pusing bisa diilustrasikan seperti kepala terasa melayang dan berputar. Dalam dunia medis hal ini disebut juga dengan vertigo. Nah seperti itulah kira-kira gambaran singkat perbedaan antara sakit kepala dan pusing.

Selain sakit kepala dan pusing, ada lagi istilah umum di masyarakat yang disebut dengan “puyeng”. Nah, puyeng ini dapat diibaratkan seperti melayang namun tidak ada efek berputar-putar seperti vertigo. Seperti itulah perbedaan antara sakit kepala, pusing dan puyeng yang umum dimasyarakat. Terkadang istilah pusing juga disebut ketika seseorang mengalami stress, kebingungan ataupun ketika mengalami masalah 😀

Dengan mengetahui perbedaan antara sakit kepala, pusing dan puyeng setidaknya Anda dapat mengetahui indikasi-indikasi yang terjadi pada Anda sehingga tentu akan memudahkan dokter untuk menganalisa gangguan kesehatan yang Anda alami. Seperti misalnya gangguan anemia atau kurang darah juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala ataupun pusing.

Atau terkadang kepala seseorang bisa menjadi pusing karena stres dan akan hilang dengan sendirinya ketika beristirahat yang cukup, atau melakukan relaksasi. Namun ketika gangguan sakit kepala terjadi karena ada hal sebab lain seperti riwayat darah tinggi, tentu Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter agar diberikan solusi terbaik.