Apakah Kuning Telur Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi dan Timbulnya Jerawat?

Apakah kuning telur dapat menyebabkan kolesterol tinggi? Mungkin sebagian orang bertanya mengenai fakta seputar kuning telur dapat menyebabkan kolesterol darah naik dan bahkan mungkin menjadi sumber penyebab penyakit kolesterol. Apakah benar demikian?

Mungkin sebagian orang tua jaman dulu, bahkan saat ini masih ada yang mengatakan kepada anaknya bahwa jika memakan telur, bagian kuning telurnya harus dibuang. Karena kalau tidak dibuang nanti bisa menyebabkan jerawat. Apakah benar kuning telur bisa menyebabkan jerawat pada anak atau remaja?

Di dalam 100 gram telur ayam, atau sama dengan kurang lebih 2 butir telur ayam memiliki banyak kandungan gizi antara lain zat besi, posfor, zinc, magnesium, vitamin b5, vitamin b6, vitamin b9 ,vitamin b12, vitamin A dan vitamin B, vitamin E, lemak omega 3, dan lain sebagainya. Selain itu pada 100 gram telur ayam juga mengandung hingga 162 kalori, protein 12,8 gram, lemak 11 gram, dan karbohidrat sebanyak 0,7 gram.

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein tinggi yang bisa didapatkan dengan relatif terjangkau di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi telur ayam dalam hidupnya. Semua pasti pernah bukan? Ya.. memang telur ayam menjadi salah satu bahan pangan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari. Kecuali jika Anda adalah termasuk orang yang vegetarian. Orang yang vegetarian cenderung hanya menyukai dan memakan sayuran dan tidak suka memakan makanan berbau hewani termasuk daging, ikan dan telur, meskipun tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada sebagian orang yang vegetarian yang menyukai telur.

Lalu permasalahnnya, setelah didapatkan fakta bahwa telur memiliki banyak kandungan gizi, kenapa masih ada sebagian masyarakat yang mengkonsumsi telur tapi kuning telurnya dibuang? Padahal kita tahu bahwa kuning telur ini juga banyak digunakan untuk membuat kue, biskuit, roti, mie dan lain sebagainya. Akan tetapi pada saat telur ini diolah dengan cara di ceplok, kuning telurnya dibuang, dengan alasan dapat menyebabkan kolesterol tinggi, timbulnya jerawat dan bisulan.

Berbicara tentang fakta kolesterol pada telur, didalam putih telur menurut data gizi memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah dan nyaris nol. Artinya bisa dikatakan putih telur tidak memiliki kadar kolesterol sama sekali. Sedangkan pada kuning telur terkandung kurang lebih sekitar 185 mg kadar kolesterol, yang mana kadar sebesar ini sama dengan 65 persen total kebutuhan kolesterol harian dalam tubuh. Sehingga sebenarnya ketika Anda mengkonsumsi dua butir telur sehari sudah melebihi jumlah kadar kolesterol yang dibutuhkan.

Nah, Seperti diketahui bahwa kolesterol itu terdiri dari kolesterol baik dan kolesterol jahat. Pertanyaannya, kolesterol yang mana yang terdapat pada kuning telur? Jawabannya adalah dua-duanya, karena pada kuning telur terkandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Kolesterol jahat bisa dikatakan memiliki jumlah kadar gula atau kalori berlebih sehingga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Sedangkan Kolesterol baik memiliki sifat yang sebaliknya, yaitu mengontrol dan membawa kembali kolesterol jahat yang ada pada pembuluh darah untuk disalurkan ke organ hati untuk diuraikan kembali.

Dengan mengkonsumsi telur besarta kuningnya, maka yang akan terjadi adalah bukan hanya kolesterol jahat yang meningkat, kolesterol baik pun ikut meningkat, sehingga menjadi seimbang. Selain itu kandungan omega 3 pada kuning telur sangat bagus untuk kesehatan otak.

Kesimpulan dari penjelasan diatas mengenai kuning telur ini adalah, jika Anda adalah orang yang normal, artinya tidak mempunyai riwayat penyakit atau tidak sedang menderita kolesterol tinggi, Mengkonsumi telur beserta kuningnya tidak akan menjadi masalah dan kuning telur bukanlah suatu pantangan yang harus dihindari, dan tidak akan menyebabkan penyakit kolesterol juga selama diimbangi dengan gizi yang seimbang. Bahkan jika Anda mengkonsumi telur 4 butir sehari pun tidak ada masalah sama sekali.

Namun situasi menjadi berbeda jika Anda memiliki riwayat gangguan terhadap metabolisme tubuh seperti kolesterol, diabetes dan alergi, meskipun telur sangat baik untuk dikonsumsi dengan banyak kandungan gizi yang terdapat pada telur, maka telur bisa menjadi salah satu makanan yang harus dihindari. Namun demikian alangkah lebih baik lagi jika dikonsultasikan dengan dokter lerlebih dahulu sampai mendapatkan “lampu hijau” untuk mengkonsumsi sumber protein yang baik ini.

Mengkonsumsi telur: lebih baik digoreng atau direbus?

Seperti diketahui, mengkonsumsi telur adalah hal yang baik selama tidak ada gangguan metabolisme tubuh. Namun dalam proses pengolahannya, lebih baik mana dalam mengkonsumsi telur, digoreng atau direbus?

Menurut beberapa literatur kesehatan menyebutkan bahwa kandungan gizi ketika telur di goreng akan berbeda dengan telur yang direbus. Yang mana, pada telur yang digoreng akan menghasilkan jumlah kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang direbus. Oleh karena itu, lebih baik mengkonsumsi telur yang direbus daripada telur yang digoreng.

Apakah kuning telur menyebabkan jerawat?

Banyak yang menganggap kuning telur bisa menyebabkan jerawat. Padahal kuning telur bukanlah penyebab utama dari penyebab jerawat seseorang. Seseorang bisa terkena jerwat itu dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga bukan dari akibat mengkonsumsi kuning telur. Mungkin saja ketika Anda rutin mengkonsumsi telur setiap hari tapi tidak diimbangi dengan kebutuhan serat seperti sayuran dan buah-buahan yang mengakibatkan metabolisme terganggu, salah satunya adalah timbulnya bisul dan jerawat.

Tips dalam mengkonsumsi telur

Usahakan dalam mengkonsumsi telur tidak dibiarkan lebih satu hari. Karena misalnya merebus telur hari ini, kemudian dimakan keesokan harinya dengan cara direbus lagi dengan tujuan untuk dihangatkan. Maka dengan begitu gizi yang akan Anda dapatkan tidak akan sama lagi dengan ketika Anda merebusnya dalam keadaan telur masih segar.

Lalu bagaimana dengan orang yang suka mengkonsumsi telur mentah? Bagaimanapun juga dokter kesehatan tidak menyarankan untuk mengkonsumsi telur mentah karena ditakutkan telur mentah tersebut sudah terkontaminasi bakteri salmonela yang berbahaya. Masalahnya tidak ada cara praktis untuk mengidentifikasi bahwa telur tersebut terkontaminasi bakteri salmonela. Untuk itu lebih baik cara murah dalam mengkonsumsi telur adalah dengan cara direbus atau digoreng saja.