Apakah Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat Efektif?

Manfaat daun salam untuk asam urat memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu pengobatan tradisional yang baik. Namun apakah hal tersebut bisa efektif?

Daun salam memiliki bau wangi yang sedap, sehingga banyak digunakan sebagai salah satu rempah masakan yang akan membuat semakin enak. Namun selain digunakan sebagai rempah masakan, daun salam juga ternyata bagus untuk digunakan sebagai pengobatan trasidional asam urat. Mari kita bahas manfaat daun salam untuk asam urat.

Manfaat daun salam untuk asam uratmanfaat daun salam untuk asam urat

Asam urat banyak menimpa sebagaian orang di masyarakat, terutama perempuan berusia diatas 40 tahun. Namun tidak jarang juga menimpa remaja. Perlu diketahui bahwa asam urat merupakan salah satu zat yang dihasilkan dari metabolisme tubuh, dalam hal ini asam urat dihasilkan dari hasil metabolisme protein. Pada dasarnya asam urat ini akan dibuang melalui urin dan keringat kita. Namun pada saat kondisi asam urat meningkat secara signifikan di dalam tubuh, akan terjadi beberapa reaksi seperti pegal-pegal didaerah yang terdapat penumpukan asam urat, bahkan hingga pusing-pusing.

Daun salam merupakan salah saru daun rempah yang banyak digunakan pada masakan-masakan karena sifatnya yang mengeluarkan bau yang wangi sehingga lebih menggugah selera makan. Namun disamping itu daun salam dikategorikan sebagai daun tanaman herbal yang memiliki khasiat dan mantaat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan termasuk asam urat.

Daun salam memiliki banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan, antara lain adalah sumber antioksidan yang kuat,  vitamin C, vitamin A, flavonoid dan salisilat. Dari kandungan-kandungan tersebut daun salam sejak dulu dipercaya ampuh mengatasi asam urat, batu ginjal dan sebagai anti peradangan.

Hampir tidak ada efek samping ketika mengkonsumsi daun salam ini, namun ada beberapa orang yang merasakan waktu BAB yang tidak normal setelah rutin mengkonsumsi daun salam. Tapi hal ini jarang terjadi dan masih dikategorikan aman mengingat banyaknya manfaat daun salam untuk asam urat dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Selain manfaatnya untuk pengobatan untuk asam urat, manfaat daun salam juga dipercaya dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti berikut:

Membantu pengobatan batu ginjal

Ketika enzim urease di dalam tubuh terjadi ketidakseimbangan, maka dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan dan metabolisme tubuh, salah satunya adalah gangguan batu ginjal. Sejak dulu daun salam dipercaya secara turun-temurun ampuh untuk mengatasi gangguan batu ginjal. Ada juga sebagian orang mengkombinasikan ramuan daun salam dengan obat-obat tradisional yang lain.

Perlu diperhatikan bahwa seorang penderita batu ginjal tetap harus berkonsultasi dengan dokter ahli. Sehingga nantinya selain meminum obat dari dokter, juga dibantu dengan pengobatan tradisional daun salam.

Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Kadar gula darah yang terus meningkat di dalam tubuh tentu tidak baik untuk kesehatan, begitu juga dengan kolesterol jahat. Jika terus dibiarkan maka akan timbul penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, kelumpuhan bahkan kematian.

Khasiat daun salam untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah memang belum diakui medis dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut dalam khasiatnya untuk mengatasi kolesterol dan kadar gula darah. Namun demikian menurut beberapa literatur penelitian baik di Indonesia maupun di luar negeri terdapat fakta yang mengatakan bahwa pada daun salam terkandung banyak zat yang disebut dengan polifenol. Polifenol merupakan salah satu zat yang berfungsi sebagai sumber antioksidan yang kuat, sehingga pemanfaatannya dalam mengatasi kolesterol dan diabetes sangatlah logis.

Membantu menyembuhkan kaker payudara

Selain daun salam sering dipakai untuk pengobatan kolesterol, diabetes, dan pengobatan batu ginjal, daun ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan kanker payudara. Meminum beberapa ramuan daun salam setiap hari akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh terutama kanker payudara. Hal ini karena daun salam merupakan sumber antioksidan yang kuat.

Apakah manfaat daun salam untuk asam urat bisa efektif?

Daun salam sudah dipercaya sejak dulu terkait khasiatnya dalam mengatasi beberapa gangguan kesehatan, meskipun di dalam dunia medis pengobatan daun salam belum diakui, apakah manfaat daun untuk asam urat bisa efektif apa tidak, jawabanya adalah tergantung.

Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang secara terus-menerus, si penderita diharuskan menjaga pola makan dan senantiasa menjalankan pola hidup sehat. Daun salam hanyalah bersifat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Tentu ketika rutin mengkonsumsi daun salam akan ada peningkatan kondisi badan daripada yang tidak mengkonsumsinya.

Namun selain rutin menjalankan pengobatan tradisional asam urat dengan menggunakan daun salam, pola makan tetap harus dijaga dengan beberapa pantangan-pantangan makanan sesuai dengan anjuran dokter. Selama hal tersebut bisa dijalankan, tentu manfaat daun salam untuk asam urat bisa efektif.