Apakah Susu kental manis berbahaya dan tidak aman bagi tubuh?

Apakah susu kental manis berbahaya bagi tubuh? Banyak sekali kontroversi yang beredar, terutama di media sosial yang mengatakan bahwa susu kental manis tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya dan tidak aman bagi tubuh. Disini akan dibahas mengenai fakta seputar susu kental manis dan efek terhadap tubuh.

Pernahkan Anda melihat tabel nutrisi/informasi nilai gizi/nutrition facts atau komposisi pada saat membeli suatu makanan di minimarket atau supermarket? Tabel nutrisi biasanya terdapat di belakang kemasan suatu produk pangan atau makanan yang menyatakan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang penting untuk menentukan apakah makanan yang dikonsumsi termasuk sehat atau tidak. Oleh karena itu Lihatlah tabel nustrisi terlebih dahulu di belakang kemasan makanan yang Anda beli, terutama pada makanan yang belum pernah Anda mengkonsumsinya.

Pada susu kental manis setidaknya mengandung kalori sebanyak kurang lebih 140 kkal pada setiap 4 sendok makan atau setiap 42 gram dari susu kental manis tersebut. Selain itu kandungan lemaknya adalah 40 kkal. Yang mana jumlah kalori 140 kkal yang terdapat pada satu porsi atau satu serving susu kental manis melebihi jumlah kalori yang terdapat pada satu piring nasi yang memiliki kuran lebih sebanyak 135 kalori. Oleh karena itu banyak orang yang sedang diet tidak memakan nasi tapi mengkonsumsi susu kental manis, tentu bukannya tambah kurus, Malah menjadi tambah gemuk karena jumlah kalori pada susu kental manis ternyata lebih besar dari sepiring nasi.

Beberapa contoh menu susu kental manis yang akan membuat jumlah kalori meningkat pesat adalah misalnya Anda mengkonsumsi susu kendal manis dengan segelas air, kemudian sambil mengkonsumsi kue cake manis yang di olesi susu kental manis juga. Tentu jumlah kalori yang Anda Konsumsi akan menjadi dua kali lebih besar dari pada mengkonsumsi sepiring nasi. Nah, disinilah letak bahanyanya ketika Anda mengkonsumsi susu kental manis secara berlebihan.

Menurut informasi nilai gizi dari susu kental manis, jumlah lemak tidak jenuh yang terkandung hanya 2 gram saja, sedangkan lemak jenuhnya adalah 4 gram, protein 1 gram, dan karbohidrat sebesar 25 gram. Selain itu kandungan gula yang terdapat pada susu kental manis adalah sebesar 20 gram. Yang mana nilai kadar gula pada kental manis ini lebih besar dari satu sendok gula pasir yang Hanya memiliki kadar gula sebesar 12 gram. Jadi Anda bisa bayangkan ketika Anda mengkonsumsi misalnya 4 sendok susu kental manis, berapa banyak kadar gula yang Anda makan. Hal ini tentu menjadi tidak sehat dan tidak seimbang, karena hampir semua makanan susu kental manis yang Anda makan adalah gula semua. Bahkan lebih banyak dari mengkonsumsi 4 sendok gula pasir.

Dengan mengetahui bahwa susu kental manis tersebut bukan makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda. Maka susu kental manis ini cocok untuk di konsumsi sebagai pelengkap makanan atau topping. Misalnya mengkonsumsi martabak akan lebih enak jika diberikan topping susu kental manis yang akan membuat rasanya semakin legit.

Hindari pemberian susu kental manis pada balita

Banyak sebagian dari ibu memberikan susu kental manis pada balita sebagai salah satu pengganti susu bubuk. Hal ini tentu saja salah, karena hampir seluruh kandungan pada susu kental manis adalah gula, hal ini mengakibatkan pola hidup sehat pada balita menjadi terganggu dan bisa mengakibatkan kekurangan gizi, karena gizi yang dibutuhkan balita Adal susu yang sebenarnya dengan banyak kandungan yang baik, dibandingkan dengan susu kental manis yang hampir seluruhnya mengandung gula.

Hindari mengkonsumsi susu kental manis pada usia lanjut

Orang tua yang berada pada usia lanjut sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi susu kental manis, Karena beresiko mengakibatkan kelebihan kalori dan gula penyebab diabetes. Idealnya jiga ingin mengkonsumsi susu kental manis, jangan lebih dari 1 gelas sehari. Atau sebaiknya dijadikan sebagai pelengkap makanan saja, bukan sebagai minuman yang dicampur dengan air.

Apakah Susu kental manis berbahaya bagi kesehatan?

Setelah membaca beberapa pejelasan diatas, apakah susu kental manis berbahaya bagi kesehatan? Melihat dari kandungan dan nutrisi nilai gizi yang terdapat pada susu kental manis, tentu saja makanan ini sama sekali tidak berbahaya, karena memang tidak mengandung bahan yang beracun, bahkan sudah mengantongi sertifikat BPOM. 

Namun penggunaanya yang salah dan tanpa melihat nutrisi nilai gizi yang terdapat pada susu kental manis, hal ini mengakibatkan susu kental manis beresiko yang membahayakan kesehatan. Terutama kandungan gula dan kalori yang ada pada makanan ini.

Jika Susu kental manis mengandung tinggi gula, Berapa kada gula yang boleh dikonsumsi setiap harinya?

Seseorang yang mengkonsumsi kalori atau kadar gula berlebih dapat beresiko membahayakan kesehatan. Jadi berapa kadar gula yang aman dan boleh dikonsumsi setiap harinya?

Batas kadar gula yang aman yang boleh dikonsumsi seseorang menurut kementerian kesehatan adalah sekitar 35 gram hingga 50 gram dalam sehari atau setara dengan 4 sendok makan saja. Sehingga jika dianalogikan pada susu kental manis yang mempunyai kandungan gula sebanyak 20 gram, maka Anda maksimal diperbolehkan mengkonsumsi susu kental manis hanya 2 takaran saja dalam sehari.

Namun lain cerita misalnya Anda sudah mengkonsumsi susu kental manis, setelah itu Anda mengkonsumsi berbagai jus yang ditambah dengan gula, setelah itu mengkonsumsi martabak yang di atasnya di tuangi susu kental manis juga, bahkan malah harinya Anda mengkonsumsi teh manis hangat. Bayangkan berapa kadar kalori berlebih yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya. Jika hal ini berlangsung lama dan rutin, tentu akan membahayakan kesehatan dan beresiko penyakit diabetes.

Susu Apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Susu yang sebaiknya dikonsumsi adalah tentu saja susu sapi murni atau susu sapi asli yang sudah di sterilisasi (susu UHT). Namun pada balita, sebaiknya hindari mengkonsumsi susu kemasan kotak yang manis karena mengansung banyak gula. Setidaknya jangan terlalu sering mengkonsumsi susu kemasan kotak yang memiliki rasa yang manis. Selain susu sapi sterilisasi, susu bubuk akan lebih baik. Namun meskipun susu bubuk lebih baik, disarankan untuk tetap melihat tabel  nutrisi nilai gizi yang terdapat pada kemasan susu tersebut agar mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut. Selain itu jangan mudah tergiur dengan harga murah dan hanya Karena ada embel-embel kata “susu” di depatnya namun dilihat dari tabel nutrisi gizi memiliki kandungan yang jauh dari gizi susu yang seharusnya. Demikian penjelasan mengenai “apakah susu kental manis berbahaya”.