Bagaimana Mengetahui Ciri-ciri Kesehatan Jantung Anda Terganggu?

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang orang di seluruh dunia. Namun banyak juga diantara mereka tidak mengetahui awal gejala kesehatan jantung mereka terganggu. Jika kita mengetahui secara dini perihal kesehatan jantung kita terganggu, maka kita bisa mencegahnya atau menanggulangi secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal yang diinginkan.

Ketika banyak orang tidak mengetahui bahwa tubuhnya sudah memberikan”sinyal” adanya gangguan kesehatan jantung, maka resiko penanganan yang tidak optimal atau terlambat penanganannya bisa saja terjadi. Untuk itu kenali dulu tanda-tanda kesehatan jantung anda terganggu seperti yang dilansir Foxnews berikut ini:

Anda Mulai Merasakan Mudah Lelah

Pada saat pola hidup anda merasa baik, seperti tidur yang cukup, tidak mengalami dehidrasi, pola gizi juga cukup. Namun Anda masih merasakan mudah lelah? mungkin sesekali harus mengecek kondisi kesehatan jantung Anda dan jangan menganggap remeh rasa lelah ini karena bisa saja gejala kelelahan ini bukanlah kelelahan biasa.

Rasa kelelahan ini bisa disebabkan karena kinerja jantung yang kurang sehingga asupan kadar oksigen juga kurang ke dalam tubuh Anda. Periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami hal tersebut.ciri-ciri-kesehatan-jantung-terganggu

Kaki Mendadak Bengkak

Secara umum memang kaki bengkak tidak ada hubungannya dengan kondisi jantung Anda. Namun jangan salah, bengkak kaki ini bukan hanya terjadi pada wanita hamil semata, namun bisa disebabkan dari jantung kita.

Seorang ahli penyakit kardiovaskuler dari University of Maryland, Profesor Michael Miller mengatakan bahwa ketika katup jantung gagal menutup dengan sempurna maka efeknya akan menimbulkan bengkak pada kaki. Selain itu biasanya diikuti dengan pusing-pusing dan sulit bernafas. Hal ini tentunya harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Ganguan Pernafasan, Sulit Bernafas

Pada seseorang yang terkena gejala serangan jantung, pada keadaaan santai ataupun dalam keadaan normal, orang tersebut akan merasakan nafas yang semakin pendek . Hal ini karena Jantung tidak optimal dalam memompa darah sehingga mengakibatkan menumpuknya kadar darah pada pembuluh darah yang mengalir menuju paru-paru.

Namun biasanya hal ini bisa saja dicegah. Yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membantu mengembalikan kinerja pompa jantung lebih baik.

Pinggul Sakit Saat Berjalan

Bukan selalu gejala encok jika pinggul Anda sakit saat berjalan. Untuk gejala gangguan jantung, biasanya sakitnya itu ebrada pada daerah pinggul ke bawah saat berjalan. Hal ini disebabkan kurangnya berolah raga atau  bisa jadi terdapat kelainan arteri jantung yang disebut dengan PAD.

Menurut penelitian, jika seseorang yang memiliki gejala PAD ini memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak memiliki gejala PAD tersebut.

Untuk mencegahnya, lakukanlah olahraga secara rutin, selain untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar, ini juga salah satu pencegahan penyakit jantung yang sangat baik.