Bahasa Latin Jambu Biji Serta Varietasnya

Dalam ilmu biologi, bahasa latin jambu biji adalah Psidium guajava. Nama ini berlaku untuk spesies yang sering ditemui di negara tropis dan subtropis terutama Amerika Selatan dan Karibia. Yang menarik dari jambu ini adalah kemampuan berbuah sepanjang tahun tanpa memandang musim, yang mana Mayoritas berbuah pada saat musim hujan dimana kondisi air sangat banyak dan membantu proses pematangan buah.

Namun, musim kemarau juga menjadi waktu yang tepat untuk berbuah sebab angin dan serangga membantu penyerbukan dan penyebaran biji. Karena sifat inilah, banyak orang menanam jambu biji di pekarangan rumah tanpa perlu mengkhawatirkan penyiraman atau perawatan khusus. Oleh karena itu, buah ini dianggap sebagai buah lokal yang mudah ditemukan kapan pun.

Bahasa Latin Jambu Biji dan Varietas serta Manfaatnya

bahasa latin jambu bijiJambu biji merah mudah ditemui karena sifatnya yang tahan di segala kondisi cuaca serta tanah. Jambu ini bisa tumbuh dari dataran rendah hingga tinggi. Khusus untuk pegunungan, hanya varietas lain yang mampu berkembang baik. Jika melihat bahasa latin jambu biji, guajava mirip dengan guayaba dari bahasa Spanyol. Hal ini sangat berkaitan karena mayoritas negara di Amerika Selatan dan Karibia berbahasa Spanyol. Pengaruh negara Eropa ini masih terasa hingga zaman modern termasuk penamaan buah jambu.

Selanjutnya adalah jambu biji kuning atau putih. Varietas ini memiliki karakteristik sama dengan jambu biji merah hanya bagian dalam berwarna putih atau kuning cerah. Jambu jenis ini cenderung mudah untuk disilangkan dan dikembangkan dengan varietas lain untuk menghasilkan buah terbaik.

Bahasa latin jambu biji berjenis ini masih sama dengan yang lain yaitu Psidium guajava. Kata pertama menunjukkan genus sedangkan spesies diterangkan oleh kata kedua. Nama latin berasal dari penyebutan umum dalam masyarakat kemudian dikonversi ke bentuk latin. Oleh karena itu, nama buah jambu ini terdengar familiar bagi banyak orang.

Selanjutnya adalah Apple guava. Buah jenis ini memiliki tekstur agak kasar serta rasa manis yang sedikit menyengat seperti apel. Ada banyak varietas dari jambu biji dan apple guava mungkin bisa dikatakan salah satu yang terbaik. Buah ini ditanam dengan perawatan khusus oleh petani sebab nilai ekonomisnya tinggi dibanding dengan jambu biji biasa. Rasa manis menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengonsumsinya.

Salah satu manfaat buah jambu biji adalah pencegah kanker. Penyakit ini masih menjadi momok bagi banyak orang karena sifatnya yang ganas serta pengobatan membutuhkan waktu yang lama. Kanker timbul karena ada kelainan pada salah satu sel di organ tubuh kemudian bereplikasi dan menyebar secara luas. Sel kanker yang masih dalam tarah awal mudah untuk dihilangkan dengan operasi kecil lalu perawatan intensif agar tidak muncul kembali.

Untuk mencegah timbulnya kanker, dokter menganjurkan buah jambu sebagai makanan anti kanker. Buah ini mengandung antioksidan dan radikal bebas yang melindungi tubuh dari kuman dan toksin. Selain itu, kandungan buah yang kaya vitamin dan mineral membantu sel dan organ berfungsi dengan baik.

Jambu biji sudah digunakan sebagai obat oleh masyarakat yang hidup di masa lampau. Penelitian membuktikan suku lokal menggunakan buah ini untuk ketika proses persalinan hingga penyakit kulit. Meskipun prosesnya masih dalam penelitian lebih lanjut, fakta ini menjadi bahan referensi penting untuk memperluas khasiat dari jambu biji. Bahasa latin jambu biji yang khas serta manfaat yang seolah tidak terbatas menjadikan buah ini tidak dapat dipandang remeh.