Bahaya Serangan Jantung Terhadap Tubuh

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang cukup bisa mengancam semua manusia. Bahkan serangan jantung tidak mengenal berapa usia orang yang akan tekena. Kapan pun dan dimanapun serangan jantung bisa dengan tiba-tiba datang, dan tak jarang nyawa pun melayang karenanya.

Fakta sebuah penelitian menunjukan bahwa ternyata serangan jantung menjadi penyebab utama kematian orang-orang yang ada di Amerika. Dan jumlah ini tentu melebihi jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker. Yang mana kita tahu bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang.

Melihat kenyataan yang ada, serangan jantung memang menjadi penyakit yang tidak bisa dianggap remeh keberadaannya. Sebelumnya perlu kita tahu bahwa sebenarnya serangan jantung adalah terhentinya aliran darah dalam sesaat, baik dari jantung maupun menuju jantung. Terhentinya aliran darah ini menyebabkan beberapa sel jantung menjadi mati atau tidak berfungsi.bahaya serangan jantung

Sel jantung yang tidak utuh seperti semula tentu akan membuat kerja jantung tidak bisa normal seperti sebelum terkena serangan jantung. Bahkan ada beberapa kasus yang langsung mengakibatkan jantung tidak bisa berdetak lagi atau kematian. Dan yang lebih mengerikan serangan jantung ini datang secara tiba-tiba.

Penyebab serangan jantung

Serangan jantung sebenarnya paling banyak disebabkan oleh jantung koroner. Jantung koroner sediri terjadi karena adanya penyumbatan pada pembulu darah. Dan untuk meminimalisir tekena serangan jantung yang disebabkan oleh jantung koroner ini, berikut penulis akan menginformasikan beberapa penyebab terjadinya serangan jantung:

1. Kebiasaan Merokok

Pada dasarnya sudah banyak peringatan yang mengingatkan bahwa merokok dapat meyebabkan penyakit jantung, kelainan jantung dan termasuk serangan jantung. Namun kebanyakan perokok mengabaikan hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa merokok memang memiliki keterkaitan yang sangat erat terhadap jantung, dan khususnya pada pembulu darah. Pada saat merokok zat CO2 dan juga zat racun lainnya masuk kedalam tubuh dan kemudian tercampur dalam darah. Tercampurnya zat-zat racu dalam darah ini terus-menerus semakin banyak, dan pada kondisi tertentu penumpukan ini bisa menyumbat aliran darah yang kemudian menyebabkan aliran darah berhenti atau terjadi serangan jantung.

2. Penyakit diabetes

Tidak jauh berbeda dengan rokok, efek kebanyakan gula atau glukogen dalam darah ini juga bisa sewaktu-waktu menyumbat aliran darah yang kemudian menyebabkan serangan jantung.

3. Kolesterol tinggi

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi bisa dengan mudah membuat pembuluh darah lebih tebal. Penebalan pembuluh darah ini disebabkan karena banyaknya kolesterol yang menempel pada pembuluh darah, dan jika kondisi ini terus terjadi maka sewaktu-waktu aliran darahpun bisa tersumbat yang kemudian berakibat terjadinya serangan jantung.

4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi juga bisa menjadi pemicu terjadinya serangan jantung. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang memiliki tekanan darah tinggi hampir semua mengalami serangan jantung.

Tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh banyak hal, baik dari keturunan maupun dari pola hidup yang tidak sehat. Jika disebabkan dari keturunan berarti orang yang menderita tekanan darah tinggi ini memiliki pembuluh darah yang lebih kecil. Namun jika tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, berati pembuluh darah sebenarnya normal namun mengalami penyempitan yang disebabkan oleh penumpukan lemak, penumpukan kolesterol, penumpukan racun dan lain sebagainnya.

5. Kelebihan berat badan atau obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas sangat berkaitan dengan keberadaan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Lemak-lemak ini bisa dengan mudah menumpuk pada pembulu darah yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan serangan jantung.