Beberapa Manfaat Buah Semangka Kuning untuk Kesehatan

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Karena kandungan air yang tinggi ini, semangka memiliki nama lain watermelon. Mengonsumsi buah ini ketika hari sedang terik dapat melepas dahaga. Buah segar ini juga dapat diolah menjadi jus buah dengan rasa manis yang pas dan sangat lezat.

Ada beberapa jenis buah semangka yang dibudidayakan oleh petani Indonesia. Akan tetapi, masyarakat biasanya hanya mengklasifikasikannya menjadi dua macam, yaitu semangka merah dan semangka kuning. Pengklasifikasian ini didasarkan pada warna dagingnya.

manfaat buah semangka kuningBuah dengan nama latin citrullus lanatus ini masih termasuk dalam kerabat melon, timun, dan juga labu-labuan. Dari segi manfaatnya, adakah manfaat buah semangka kuning atau merah untuk kesehatan? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Semangka Kuning untuk Kesehatan

Kali ini yang akan dibahas terlebih dahulu adalah manfaat buah semangka kuning. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat memberikan manfaat yang nyata bagi tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut.

Melancarkan pembuluh darah

Semangka kuning sangat kaya akan kandungan zat citruline. Senyawa citruline ini sangat bermanfaat untuk merangsang kinerja senyawa-senyawa lainnya di dalam tubuh. Hal ini mampu memberi dampak positif terhadap pembuluh darah, yaitu membuat pembuluh darah terasa rileks dan dapat melancarkan aliran darah.

Mengobati sariawan

Manfaat buah semangka kuning juga dapat mengobati sariawan. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi menjadikan buah dengan daging berwarna kuning ini mampu mengatasi sariawan dan panas dalam. Bahkan, sejak zaman dahulu, orang-orang lebih suka menggunakan buah ini sebagai obat sariawan dan panas dalam sebelum mencari obat kimia.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah semangka dapat pula membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap baik. Serat alami ini dapat mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan, seperti nyeri perut, BAB tidak lancar dan lain sebagainya.

Anti dehidrasi

Manfaat buah ini adalah untuk anti dehidrasi. Kandungan air yang sangat tinggi jelas sekali dapat langsung dirasakan oleh Anda yang mengonsumsi buah ini. Sebanyak 80 persen dari buah ini terdiri dari air. Kandungan air yang tinggi ini dapat membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Mengonsumsi buah ini ketika cuaca sedang terik juga akan langsung menghilangkan dahaga Anda.

Mengobati tekanan darah tinggi

Manfaat buah semangka kuning yang lainnya adalah dapat mengobati tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan dalam buah ini terdapat kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia sudah mempercayainya. Dari zaman tradisional yang mana masih susah menemukan obat, masyarakat tradisional menggunakan buah ini untuk mengatasi darah tinggi.

Menangkal radikal bebas

Senyawa likopen yang terdapat dalam buah ini sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Zaman yang semakin modern selain membawa banyak hal positif ternyata juga membawa pengaruh buruk terhadap lingkungan dan peradaban manusia. Tubuh manusia rentan sekali terkena zat-zat yang berbahaya. Oleh karena itu, zat likopen ini sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas.

Menjaga organ ginjal

Mengonsumsi semangka terkadang sering membuat Anda merasa ingin kencing. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa dalam buah semangka yang dapat merangsang diuretic untuk lebih sering buang air kecil. Kondisi semacam ini mampu membersihkan ginjal dari berbagai penyakit dan membuat ginjal tetap terjaga.

Demikian adalah beberapa manfaat buah semangka kuning yang wajib Anda ketahui. Buah yang kaya kandungan air dan juga beberapa nutrisi lainnya sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat memberikan tambahan informasi bagi Anda.