Beberapa Manfaat Buah Terong Belanda yang Wajib Anda Ketahui

Apakah Anda mengenal buah bernama Terong Belanda? Di Indonesia, buah mungil ini diberi nama tomat pohon. Buah ini merupakan sejenis tanaman berbunga yang memiliki buah berbentuk bulat telur dan bisa dimakan. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Andes Ekuador, Peru, Chile, Bolivia dan Columbia.

Buah berwarna merah ini sangat populer di daerah tersebut dan sering dibudidayakan dalam kebun-kebun kecil. Buah ini juga sangat populer karena manfaat buah terong belanda untuk kesehatan sangatlah luas. Tidak heran jika di daerah asalnya, buah ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat herbal.

manfaat buah terong belandaManfaat Buah Terong Belanda untuk Kesehatan

Sebelum membahas manfaat buah, ada baiknya untuk mengenali bagaimana ciri fisik buah terong belanda ini. Tanaman ini mempunyai bau khas yang mirip bau lembu kutub dan mempunyai panjang tangkai antara 7 hingga 10 meter. Bagian bunganya berbentuk serangkaian kecil yang berada di ketiak daun.

Bunganya berwarna merah muda sampai biru muda, memiliki bau yang harum, dan berdiameter sekitar 1 cm. Lalu, buah terong belanda mempunyai kulit tipis dan biji bulat pipih, tipis, dan keras. Beberapa kandungan nutrisi dalam buah ini adalah serat, lemak, protein, magnesium, kalsium, Vitamin A & C, karbohidrat, energi, fosfor dan zat besi. Kandungan nutrisi yang sangat banyak ini membuat buah ini sangat bermanfaat. Manfaat buah terong belanda adalah sebagai berikut.

Mencegah Kanker

Buah ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan zat licopen sangat efektif mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, mengonsumsi buah ini juga dapat menangkal radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam terong Belanda membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat memberikan manfaat yang sama dengan saat Anda mengonsumsi wortel. Selain itu, vitamin A dalam buah ini dapat bermanfaat untuk mencegah katarak, meningkatkan fungsi penglihatan dan juga menjaga kesehatan mata.

Mencegah Anemia

Manfaat buah terong belanda yang lainnya adalah dapat mencegah anemia. Manfaat ini diperoleh karena kandungan zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Seperti yang telah kita ketahui bersama, salah satu penyebab anemia adalah produksi sel darah merah dalam tubuh yang menurun. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda akan terhindar dari resiko anemia dan penyakit lainnya.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam satu buah terong belanda sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

Pertumbuhan Tulang

Manfaat buah terong belanda yang lain adalah baik untuk tulang. Kandungan mineral yang tinggi, seperti fosfor, potassium, serta magnesium sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar tidak cepat keropos. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat memberikan manfaat yang nyata bagi tubuh kita.

Mengobati Sariawan dan gejala panas dalam

Kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat untuk mengobati sariawan dan gejala panas dalam. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin, selain dapat mencegah sariawan, vitamin C ini juga sangat bermanfaat untuk antioksidan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Paparan di atas menunjukkan bahwa buah ini memang memiliki manfaat yang nyata bagi manusia. Meskipun buah terong belanda ini tidak banyak ditemui di Indonesia, Anda bisa mendapatkannya di super market atau toko buah yang menyediakan buah impor. Manfaat buah terong belanda ini bisa didapat dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi satu gelas jus nikmat. Demikian uraian kami mengenai buah asal Eropa tersebut, semoga bermanfaat!