Begini Cara Mudah Merawat Rambut Bayi yang Keriting

Bayi dengan rambut keriting memang menjadi perhatian sendiri, karena bagi sebagian orang banyi yang memiliki rambut keriting akan terlihat sangat lucu. Namun bayi dengan rambut keriting sebetulnya memerlukan perawatan khusus agar senantiasa sehat dan subur.

Rambut keriting pada bayi pada umumnya akan lebih sulit untuk disisir, apalagi jika rambut tersebut kering. Jika dipaksakan akan membuat banyi kesakitan dan tidak nyaman. Oleh karena itu diperlukan perawatan ekstra untuk rambut keriting, yaitu dengan beberapa perawatan berikut ini.

Gunakan sampo khusus bayi

Ketika mencuci rambut bayi, sebaiknya menggunakan sampo khusus untuk bayi karena sampo bayi memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan tidak menyebabkan pedih di mata. Selain itu gunakan sampo yang tidak memiliki kandungan alkohol.

Gunakan sisir rambut jarang

Menyisir bayi rambut keriting dengan menggunakan sisir yang memiliki gigi jang jarang akan memudahkan dalam merapikan rambut dan tidak akan membuat seret pada saat disisir. Menyisir dengan gigi yang rapat malah akan membuat bayi kesakitan karena sulitnya merapikan rambut dengan menggunakan jenis sisir tersebut.cara merawat rambut keriting pada bayi

Selain itu usahakan agar pada saat menyisir rambut bayi keriting tidak dalam keadaan kering, karena rambut keriting yang kering akan lebih sulit si sisir daripada rambut yang dalam keadaan basah. Jika tetap menyisir pada saar rambut bayi kering, sisirlah dengan pelan-pelan dan lembut serta tidak memaksakan pada saat sulit disisir agar bayi tidak merasa kesakitan.

Gunakan minyak alami rambut

Minyak alami rambut dapat membuat rambut bayi tetap sehat dan subur. Selain itu, penggunaan minyak alami rambut untuk bayi akan senantiasa menjaga kelembapan rambut dan akan lebih mudah untuk disisir.

Cara penggunaan minyak alami rambut sangat mudah, cukup dengan mengoleskan sambil diusap pada bagian rambut bayi yang keriting. Namun disarankan penggunaan minyak ini jangan terlalu sering, sukup 3 hari sekali dapat membuat kesehatan rambut bayi dapat terjaga.

Minyak alami yang bagus untuk rambut bayi

Perawatan pada bayi yang berambut keriting memang memerlukan perhatian khusus agar lebih mudah diatur. Jika perawatan rambut keriting tidak tepat, maka bisa menyebabkan kerontokan dan membuat bayi tidak nyaman karena kesakitan pada saat di sisir. Berikut ini adalah beberapa minyak alami yang bagus untuk bayi berambut keriting.

Minyak Almond

Minyak almond sangat bagus untuk rambut bayi, selain membuat rambut menjadi lembut, minyak almond juga dapat menghilangkan kerak dan kotoran yang sering terdapat pada kepala bayi terutama untuk bayi yang baru lahir. Saat ini sudah banyak minyak rambut bayi yang memilki campuran bahan almond sehingganuntuk mendapatkannya tidak akan sulit.

Minyak Kelapa

Banyak orang tua jaman dulu percaya pada minyak kelapa untuk kesehatan rambut. Bahkan hingga saat ini minyak kelapa masih banyak digunakan untuk mengatasi kesehatan rambut pada bayi. Manfaat minyak kelapa untuk rambut antara lain menyuburkan dan mencegah rambut dari kerontokan. Selain itu minyak kelapa sangat baik untuk perawatan bayi dengan rambut keriting sehingga rambut lebih mudah diatur.

Minyak Alpukat

Alpukat tidak hanya enak rasanya, namun juga manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak alami alpukat bermanfaat untuk melembapkan sakit kepala, dan membantu memperkuat rambut hingga ke akarnya. Dengan begitu minyak kelapa cocok untuk perawatan bayi rambut keriting.

Minyak Jojoba

Minyak jojoba saat ini banyak dipakai untuk sampo berbagai merk yang dapat menyehatkan rambut secara alami. Bukan hanya untuk orang dewasa, minyak alami jojoba bagus untuk perawatan rambut bayi. Minyak jojoba atau jojoba oil bagus untuk melembapkan kulit kepala dan membantu memperkuat rambut sehingga tampak selalu sehat dan subur. Selain itu minyak jojoba juga dapat mencegah datangnya ketombe pada rambut. Dengan demikian minyak jojoba bagus untuk perawatan rambut pada bayi, bahkan untuk semua jenis rambut termasuk jenis rambut keriting sehingga akan lebih mudah diatur.