Beginilah Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Mudah dan Semua Bisa Melakukannya

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kondisi tubuh Anda, mengetahui cara menerapkan pola hidup sehat tentunya adalah informasi yang penting untuk diketahui.

Terlepas dari gaya hidup modern serba praktis yang mendorong kebiasaan kurang sehat, sebenarnya Anda bisa menerapkan berbagai langkah pola hidup sehat dengan mudah, kok. Berikut ini adalah beberapa cara menerapkan pola hidup sehat yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu aspek penting dalam cara menerapkan pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi. Idealnya, pilih varian makanan yang rendah gula, tinggi serat, dan mengandung banyak vitamin serta mineral untuk tubuh yang lebih sehat.

cara menerapkan pola hidup sehat

Jangan lupakan juga asupan protein dan karbohidrat, tapi pilih dari jenis makanan yang sehat. Hindari makanan berlemak dan mengandung pengawet karena dapat berpengaruh buruk bagi tubuh.

Aktif Bergerak dan Rajin Berolahraga 

Berapapun usia Anda, olahraga adalah salah satu bagian penting dari cara hidup sehat yang wajib dilakukan secara teratur. Apalagi di era sekarang ini sudah semakin besar kecenderungan seseorang untuk menghabiskan waktu berjam-jam hanya duduk di depan komputer atau laptop untuk bekerja. Bahkan, tubuh juga dibuat pasif selama masa istirahat.

Padahal, tubuh perlu bergerak aktif agar tetap segar dan bugar. Selain itu, tubuh yang aktif bergerak pun dapat membantu menjaga sistem metabolisme agar tetap bekerja secara optimal, termasuk ketika Anda sedang beristirahat sekalipun. Dengan begitu, risiko kegemukan juga dapat dihindari.

Di samping itu, berolahraga juga dapat merangsang produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membuat tubuh jadi rileks dan mood jadi baik. Jadi, risiko penurunan kualitas kesehatan fisik maupun mental karena stres juga dapat dicegah.

Cukup Beristirahat

Jika tubuh sudah digunakan untuk beraktivitas seharian, namun tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat, maka Anda pun jadi merasa lelah dan kesulitan berkonsentrasi pada hari berikutnya. Selain menurunkan produktivitas dan menyebabkan tubuh jadi lesu, kurangnya beristirahat juga mampu meningkatkan risiko serangan penyakit, termasuk jantung, stroke, dan hipertensi. Apalagi jika kebiasaan kurang istirahat ini berlangsung dalam jangka panjang.

Idealnya, orang dewasa memerlukan tidur selama 6 sampai 7 jam setiap harinya. Jaga agar waktu beristirahat Anda tidak kurang atau lebih, karena kebanyakan tidur pun sama buruknya dengan kurang tidur.

Cukupi Kebutuhan Cairan Harian Anda

Selain makan, tubuh Anda juga membutuhkan cairan. Agar tidak mengganggu pola hidup sehat Anda, hindari minuman yang mengandung tambahan gula, apalagi gula buatan, dan perbanyak minum air putih. Idealnya, tubuh seseorang membutuhkan kira-kira 6 sampai 8 gelas air putih setiap hari. Kebutuhannya dapat bervariasi, sesuai dengan usia, aktivitas, dan berat badan masing-masing individu.

Dengan minum air putih dalam jumlah cukup, maka risiko dehidrasi pun dapat dihindari. Selain itu, kebiasaan ini pun mendorong produksi air liur di dalam mulut yang banyak sehingga dapat mencegah perkembangan bakteri jahat yang dapat masuk ke dalam saluran pencernaan dan membahayakan kesehatan.