Beragam Varian Buah yang Bagus untuk Jantung Anda

Dengan reputasi penyakit jantung sebagai silent killer, alias penyakit yang tidak diketahui kapan akan timbul maupun gejalanya, maka sangat penting bagi Anda untuk mencegah risiko penyakit yang satu ini.

Untuk melakukannya, penerapan pola hidup sehat adalah cara yang wajib dilakukan. Dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat, Anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang menunjang kesehatan jantung Anda, termasuk berbagai jenis buah yang bagus untuk jantung berikut ini.

Tomat

Dibandingkan perdebatan soal apakah tomat termasuk buah atau sayur, manfaatnya jelas jauh lebih penting untuk diketahui dan merupakan salah satu buah yang bagus untuk jantung. Di dalam tomat, terdapat kandungan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga dapat menunjang kondisi jantung Anda.

Selain itu, tomat pun rendah kalori dan gula. Kemudian masih ada likopen, yaitu senyawa antioksidan yang terdapat pada kulit tomat, yang bermanfaat menyingkirkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan akhirnya menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

Alpukat

Kayanya kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam alpukat adalah alasan mengapa makanan ini merupakan salah satu jenis buah yang bagus untuk jantung. Sebab kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan kalium dalam jumlah tinggi dan antioksidan yang baik untuk jantung maupun tubuh.

Anggur

Di dalam anggur, terdapat kandungan resberatol, yang merupakan senyawa polifenol dan banyak ditemukan pada bagian buah dan biji. Zat tersebut merupakan antioksidan yang juga berperan dalam pencegahan terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Pisang

Buah yang bagus untuk jantung lainnya adalah buah pisang. Buah ini memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat rendah, sehingga mampu menurunkan risiko peningkatan kolesterol di dalam darah. Selain itu, masih ada kandungan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, yang berarti menurunkan risiko hipertensi. Dan seperti yang sudah Anda ketahui, hipertensi adalah salah satu faktor risiko terjadinya serangan jantung.

Delima

Berdasarkan penelitian, konsumsi jus delima secara teratur dalam kurun waktu 3 bulan membantu memperlancar aliran darah di dalam jantung. Selain itu, delima juga kaya akan anitoksidan, termasuk polifenol dan antosianin yang menjaga pembuluh darah tetap lentur. Manfaat serupa pun dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi buah apel sebagai alternatif.

Buah Beri

Mulai dari stroberi, blueberry, beri hitam, dan beragam jenis beri lainnya, semuanya merupakan jenis buah yang bagus untuk jantung. Salah satu alasannya adalah adanya kandungan flavonoid dan anthpcyanin yang dapat melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah Anda.

Kiwi

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berlimpah di dalam kiwi membuat buah ini sangat baik untuk jantung. Apalagi, ingat bahwa vitamin C adalah jenis antioksidan yang dapat larut di dalam air sehingga dapat menjaga tubuh dari bahay radikal bebas dari udara maupun makanan, sehingga kiwi pun baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Sementara itu, kandungan vitamin E yang juga merupakan antioksidan di dalam kiwi mampu mengurangi terjadinya oksidasi kolesterol jahat di dalam tubuh.