Berbagai Macam Manfaat Buah Mahoni dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Siapa bilang obat yang manjur adalah obat yang harganya mahal. Nyatanya, ada obat yang juga manjur tapi harganya murah meriah, bahkan gratis. Apa lagi kalau bukan buah mahoni. Manfaat buah mahoni memang banyak sekali terutama bagi kesehatan tubuh, harganya pun tentu sangat murah jika dibandingkan membeli obat yang ada di apotek atau toko obat tertentu.  Cara membuat obat dari buah mahoni juga sangat sederhana sehingga siapa pun pasti bisa melakukannya.

Apa Saja Manfaat Buah Mahoni Bagi Kesehatan?

manfaat buah mahoniAda banyak manfaat buah dengan rasa super pahit ini. Cara membuatnya juga sangat sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan. Berikut beberapa manfaat dari buah mahoni:

Manfaat Buah Mahoni untuk Menambah nafsu makan

Manfaat buah mahoni yang pertama adalah untuk penambah nafsu makan. Walaupun sangat pahit ternyata buah mahoni mampu menambah nafsu makan. Caranya cukup menyeduh ½ sendok makan bubuk biji mahoni dan 1 sendok makan dalam sepertiga cangkir air panas. Minum campuran tersebut 3 kali sehari saat masih hangat.

Manfaat Buah Mahoni untuk Mengobati tekanan darah tinggi

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, yang perlu Anda lakukan hanya mencampurkan 2 gelas air yang baru mendidih dengan 8 gram biji buah mahoni kemudian saring saat sudah dingin. Minum 1 gelas campuran tersebut pada pagi dan siang hari. Jika dirasa terlalu pahit, tambahkan sedikit madu pada campuran tersebut.

Manfaat Buah Mahoni untuk Mengobati diabetes

Cara mengobati diabetes dengan menggunakan buah mahoni adalah dengan mencampurkan ½ sendok makan bubuk biji mahoni dalam sepertiga cangkir air panas. Kemudian minum saat campuran tersebut 3 kali sehari setengah jam sebelum makan.

Manfaat Buah Mahoni untuk Mengobati rematik dan eksim

Manfaat buah mahoni yang lain adalah untuk mengobati rematik atau eksim. Caranya juga sangat mudah yakni hanya dengan mencampurkan ½ sendok makan bubuk biji mahoni yang ditambahkan dengan madu secukupnya saja  dengan ½ gelas air yang masih panas. Minum campuran tersebut secara rutin 3 kali sehari saat campuran tersebut dalam keadaan hangat.

Manfaat Buah Mahoni untuk Mengobati masuk angin dan demam

Kini untuk mengobati demam ataupun masuk angin, Anda tidak perlu khawatir terlebih jika tersedia bubuk biji mahoni di rumah. Untuk mengobati masuk angin atau demam, Anda bisa mencampurkan ½ sendok makan bubuk biji mahoni, 1 sendok makan madu dalam ¼ gelas air yang masih panas. Selanjutnya minum campuran tersebut saat sudah hangat setidaknya 3 kali dalam sehari sampai demam atau masuk angin sembuh.

Perlu Anda tahu jika mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang tidak baik begitu juga dengan mengonsumsi obat yang satu ini. Salah satu efek samping yang terjadi akibat pengonsumsian ekstrak atau biji buah mahoni secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol pada kantung empedu yang akan menghasilkan batu empedu dan menyebabkan kencing batu. Oleh sebab itu, sebaiknya bijaklah dalam mengonsumsi obat yang satu ini, minumlah sesuai dosis yang dianjurkan. Atau dengan mengonsumsi sebanyak 1 biji buah mahoni setiap harinya.

Beberapa manfaat buah mahoni seperti di atas hanyalah sebagian kecil dari manfaat dari biji buah yang memiliki sangat pahit ini. Meskipun begitu, tidak ada salahnya mengonsumsi obat yang satu ini, semoga saja beragam manfaat biji mahoni ini dapat menyembuhkan penyakit yang sedang Anda derita. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.