Berbagai Manfaat Buah Naga Buat Kesehatan Ibu Hamil

Beragam manfaat buah naga buat kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Apalagi hal tersebut sudah banyak dibuktikan, termasuk oleh berbagai studi ilmiah. Akan tetapi, bagaimana dengan manfaat buah naga bagi ibu hamil?

Anda yang tengah mengandung pasti telah menyadari bahwa makanan apapun yang Anda konsumsi tidak hanya akan diserap oleh tubuh Anda, tapi juga calon buah hati di dalam kandungan.

Karena itu, pastikan bahwa Anda hanya mengonsumsi makanan dengan gizi terbaik agar tumbuh kembang janin di dalam rahim terjaga. Dan sama halnya bagaimana buah naga begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, buah ini pun sama baiknya untuk ibu hamil.

Bagi Anda yang masih ragu, berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi terbaik di dalam buah naga untuk kesehatan Anda dan janin.

manfaat buah naga untuk kesehatan

Vitamin C

Asupan vitamin C jangan sampai terhenti ketika Anda mengandung. Sebab, nutrisi yang satu ini dibutuhkan oleh janin guna menjaga serta melindungi sel-selnya yang sedang terbentuk, serta digunakan dalam pembentukan kolagen di tulang, kulit, otot, dan pembuluh darah.

Di samping itu, vitamin C pun membantu proses penyerapan zat besi. Tapi, pastikan jangan sampai Anda konsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih, yang justru dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur!

Karbohidrat

Anjurannya, wanita hamil perlu mengkonsumsi 9 sampai 11 porsi makanan dengan karbohidrat setiap hari. Karbohidrat merupakan sumber energi Anda, yang tentunya juga bantu pertumbuhan janin. Pada buah naga, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak kira-kira 11 gram, tapi tidak dalam jumlah kalori yang besar (hanya sekitar 62 per takaran saji). Tentu saja, buah naga bukan satu-satunya sumber karbohidrat yang dapat Anda konsumsi.

Antioksidan

Dengan konsumsi antioksidan sepanjang usia kehamilan, maka tubuh Anda pun tetap terjaga dari bahaya radikal bebas. Selain itu, kadar kolesterol pun terkendali, sistem imun tetap kuat, perkembangan otak janin terjaga, dan pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Ada berbagai kandungan antioksidan di dalam buah naga, termasuk flavonoid, hydroxycinnamates, dan betalain.

Serat

Wanita hamil perlu mengkonsumsi sekitar 25-35 gram serat setiap hari agar pencernaan terjaga dan tubuh mampu mengeluarkan racun. Dalam 100 gram buah naga, terdapat kandungan serat sebanyak 3 gram.

Zat Besi

Zat besi memainkan peran besar dalam perkembangan janin di dalam kandungan, jadi jangan sampai Anda kekurangan nutrisi ini. Apalagi kekurangan zat besi dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah.

Selain itu, tercukupinya kebutuhan zat besi pun menjaga agar Anda terhindar dari risiko anemia dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Karena ibu hamil membutuhkan minimal 27 mg zat besi setiap hari, Anda bisa penuhi asupan zat besi dengan mengkonsumsi buah naga. Demikian penjelasan mengenai berbagai manfaat buah naga buat kesehatan ibu hamil.