Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Krim Pemutih Wajah? Ini Jawabannya

Banyak kaum hawa yang ingin tetap tampil cantik dengan wajah yang selalu segar, putih dan bersih meskipun dalam keadaan hamil. Namun sebagian masyarakat ada yang setelah hamil tidak pernah memakai kosmetik sama sekali. Namun timbul pertanyaan bolehkah ibu hamil menggunakan krim pemutih wajah? simak ulasannya berikut ini.

Memang banyak krim-krim wajay yang beredar di luaran sana. Namun banyak kaum hawa tidak mengetahui kandungan-kandungan yang terdapat pada kosmetik yang dipakainya, khususnya krim pemutih wajah. Sebetulnya banyak sekali krim pemutih wajah yang aman digunakan untuk ibu hamil, namun banyak juga krim-krim pemutih wajah yang berbahaya.

Sebenarnya Ibu hamil boleh saja menggunakan kosmetik atau krim pemutih wajah, namun perlu diperhatikan tidak semua kosmetik dapat digunakan untuk ibu hamil. Ada klasifikasi tertentu pada kosmetik yang boleh digunakan. Jika tidak tentu akan membahayakan janin yang dikandung, seperti resiko keguguran atau kecacatan bayi yang di kandung. Amit amit…

Lalu apa saja kosmetik khususnya krim pemutih wajah yang tidak boleh digunakan pada ibu hamil? Yaitu hindari krim pemutih wajah atau kosmetik lainnya yang mengandung bahan-bahan berbahaya berikut ini.

Merkuri atau Hidrokuinon

Mahan merkuri pada kosmetik mungkin sudah banyak kita dengar melalui media-media seperti TV. Ya memang benar bahan merkuri pada kosmetik selain berbahaya digunakan pada ibu hamil, juga berbahaya jika digunakan pada orang pada umumnya. Bahkan BPOM sendiri sudah mengeluarkan peringatan akan hal ini, mengingat banyak sekali beredar kosmetik di pasarang yang mengandung merkuri berbahaya.

Biasanya bahan merkuri ini banyal ditemukan pada produk bedan dan pemutih wajah. Beberapa efek samping yang dapat terjadi dari penggunakan kosmetik yang mengandung merkuri adalah menyebabkan resiko kecacatan pada janin, kerusakan hati dan gagal ginjal.

Asam Salisilat

Kandungan asam salisilat juga harus dihindari pada wanita yang sedang mengandung. Kandungan asam salisilat ini banyak ditemukan pada produk-produk kosmetik untuk mengangkat sel kulit mati atau sabun pembersih wajah, jadi harus hati-hati memilih sabun pembersih wajah.

Isotretinoint

Isotretinoint merupakan istilah yang disebut juga dengan bahan kimia dengan vitamin A dosis tinggi. Produk-produk kosmetik dengan bahan seperti ini banyak ditemukan pada produk untuk mengatasi jerawat atau obat jerawat.

Pewarna Rambut

Sebaiknya ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan pewarna rambut apapun selama kehamilan. Banyak kandungan dan bahan kimia pada pewarna rambut yang dapat meningkatkan resiko keguguran pada janin.

Benzoil Peroxyde

Benzoil peroxyde merupakan salah satu bahan kimia yang terdapat pada produk kosmetik obat jerawat seperti halnya bahan kimia isotretinoint, namun dalam bentuk krim atau jel. Bahan kimia ini dapat masuk pada pori-pori kulit dengan cepat dan menyebar ke seluruh organ tubuh.

Rhodamin

Banyak sekali produk-produk kosmetik berbahaya yang menggunakan bahan rhodamin seperti halnya bahan kimia merkuri. Rhodamin adalah istilah bahan kimia yang banyak digunakan sebagai pewarna tekstil. Tenti bahan yang diguanakan pada pewarna tekstil tidak boleh ada dalam produk kecantikan atau kosmetik apapun.

Hati-hati penggunaan kosmetik yang mengandung rhodamin karena bisa mengakibatkan resiko terkena kanker dalam jangka panjang. Bukan hanya berbahaya bagi ibu hamil, kandungan rhodamin pada kosmetik juga berbahaya untuk digunakan pada saat dalam keadaan tidak hamil sekalipun.

Tips penggunaan krim pemutih bagi Ibu hamil

Jika tidak mengetahui pasti bahan yang ada pada kosmetik khususnya krim pemutih wajah yang digunakan, sebaiknya lebih baik tidak menggunakan kosmetik sama sekali selama kehamilan, itu lebih menyehatkan dan menghindari resiko.

Akan tetapi jika tetap ingin menggunakan kosmetik pada saat hamil. sebaiknya gunakan produk kosmetik yang memiliki label atau bersertifikat BPOM, selain itu konsultasikan juga dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada janin yang dikandung.

Akan lebih baik lagi pada saat berkonsulatasi dengan dokter, bawa kosmetik yang akan dikonsulatasikan apakah aman atau tidak untuk digunakan selama kehamilan. Selain itu Anda juga dapat membaca terlebih dahulu komposisi dari krim pemutih wajah tersebut apakah mengandung bahan-bahan seperti yang sudah dijelaskan diatas atau tidak.

Penggunaan kosmetik yang bijak selama kehamilan akan mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan karena sebenarnya masih banyak juga produk-produk kosmetik terutama krim pemutih wajah yang aman untuk digunakan pada saat hamil.