Bolehkah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C secara Terus-menerus?

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Namun bolehkah mengkonsumsi suplemen vitamin C secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama?

Secara ilmiah vitamin C disebut juga dengan asam askorbat, yang mana asam askorbat ini akan menghasilkan zat kolagen ketika masuk ke dalam tubuh. Kolagen ini sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Banyak sekali sumber vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan segar seperti jeruk, stroberi, nanas, lemon, tomat, paprika, cabai, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya mengkonsumsi suplemen vitamin C dari suplemen itu sah-sah saja. Namun memang tidak direkomendasikan apabila dikonsumsi secara terus-menerus, terutama apabila kebutuhan gizi harian Anda sudah terpenuhi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap harinya.

Fungsi vitamin C selain untuk menjaga kesehatan kulit, juga berfungsi sebagai sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit. Sedangkan dalam menjaga kesehatan kulit, vitamin C akan membantu pembentukan kalogen untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak atau mati.

Baca juga: 

Harus tahu: Apakah Suplemen Menyebabkan Ketergantungan?

Boleh atau tidaknya mengkonsumsi suplemen vitamin C secara terus-menerus itu sebenarnya relatif, sampai kapan anda meminum suplemen vitamin C tersebut dan dengan tujuan apa. Meskipun tetap saja yang terbaik itu adalah mengkonsumsi sumber vitamin C dari makanan atau minuma yang alami, bukan dari suplemen.

Dosis Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh adalah tidak lebih dari 500 mg sehari. Namun ada beberapa literatur kesehatan mengatakan bahwa tubuh manusia tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 2000 mg per hari. Sehingga idealnya, ketika seseorang kekurangan vitamin C dari makanan pokok atau makanan utama, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C antara 500 mg hingga 1000 mg per harinya, tidak lebih dari itu.

Sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian tidak harus, bahkan tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin C, konsumsi saja buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti buah kiwi, jambu, brokoli, jeruk, dan lain-lain itu sudah lebih dari cukup. Karena ketika vitamin C sudah mencukupi kadar gizi harian Anda. Mengkonsumsi suplemen vitamin C adalah hal yang sia-sia karena ketika vitamin C berlebihan masuk ke dalam tubuh, maka sisa kadar vitamin C yang tidak terpakai akhirnya akan terbuang juga melalui organ ginjal. Bahkan jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C malah akan memberberat kerja ginjal.

Apabila organ ginjal sudah terbebani akibat kelebihan vitamin C, maka bisa menimbulkan resiko gangguan pencernaan, merusak sel darah putih, mual, muntah, kesulitan tidur, bahkan kasus tertentu kelebihan vitamin C malah akan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu mengkonsumsi suplemen vitamin C secara terus-menerus dalam jangka waktu lama memang tidak disarankan, kecuali untuk kasus tertentu dan hal tersebut harus dengan petunjuk dokter kesehatan. Apalagi dengan dosis yang tinggi.

Akan tatapi berbeda dengan vitamin C alami seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, ditambah dengan sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian sehingga tidak diperlukan mengkonsumsi vitamin C setiap hari secara terus menerus.

Demikian penjelasan mengenai boleh atau tidaknya mengkonsumsi suplemen vitamin C secara terus-menerus. Dengan menjalankan pola hidup sehat menjadikan Anda senantiasa cukup gizi harian tanpa sering mengkonsumsi suplemen.