Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Mata

Bisa melihat dengan jelas menggunakan mata yang sehat adalah hal yang perlu Anda syukuri, karena tidak semua orang dikaruniai dengan mata yang sehat.

Rasanya tidak nyaman jika harus bergantung pada kacamata atau lensa kontak karena mata Anda yang tidak bisa melihat dengan jelas. Anda sebaiknya menghindari kebiasaan yang bisa merusak mata Anda seperti melihat layar smartphone atau menonton televisi dalam keadaan gelap, karena cahaya dari alat elektronik apalagi dalam keadaan lingkungan yang gelap akan membuat mata Anda menjadi rusak.

buah dan sayur untuk kesehatan mata

Pertama mata Anda akan terasa perih dan memerah, selanjutnya bisa menjadi buram. Ada beberapa buah dan sayur untuk kesehatan mata yang bisa Anda konsumsi seperti berikut ini :

Buah Mangga

Sebagai Negara tropis maka Anda tentunya bisa dengan mudah menemukan buah mangga sebagai buah yang baik untuk mata. Bahkan di Indonesia ada beberapa macam buah mangga mulai dari yang ukurannya kecil sampai yang ukurannya besar, juga berbagai jenis mulai yang rasanya asam sampai yang rasanya manis.

Kandungan yang baik yang ada di dalam buah mangga tidak hanya vitamin A dan vitamin C saja namun juga betakaroten yang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah mangga akan sangat membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan mata Anda.

Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan atau pun kini ada beberapa jenis minuman yang sangat populer berbahan dasar mangga yaitu Mango Thai yang merupakan minuman yang populer dari Negara Thailand. Anda bisa mencoba membuat Mango Thai ini jika Anda ingin mengkonsumsi buah mangga untuk kesehatan mata dengan cara yang lebih berbeda.

Sayur Buncis

Jika membicarakan tentang buah dan sayur untuk kesehatan mata maka Anda bisa memilih sayur buncis sebagai salah satunya, karena sayur buncis ini memiliki serat yang banyak dan kandungan lemak yang rendah, sehingga cocok sekali untuk kesehatan mata.

Dengan mengkonsumsi sayur buncis yang juga termasuk kacang-kacangan maka Anda bisa memiliki mata dengan penglihatan yang lebih tajam bahkan saat malam hari. Kacang-kacangan lainnya yang bisa membuat penglihatan mata Anda menjadi lebih tajam adalah kacang polong dan kacang merah yang sama-sama memiliki serat yang banyak. Mengkonsumsinya dalam kadar yang tepat bisa membantu Anda mendapatkan mata yang selalu sehat.

Labu

Pada dasarnya tubuh Anda pun bisa memproduksi beberapa zat yang baik untuk mata, seperti zeaxanthin dan lutein, namun apabila Anda ingin menambah zat tersebut agar mata Anda bertambah sehat maka Anda bisa mengkonsumsi labu. Terutama labu yang berwarna oranye yang baik untuk mata, selain kedua zat yang sudah disebutkan sebelumnya, juga ada kandungan vitamin A dan C di dalamnya.