Cara Kerja Jantung: Bagaimana Jantung Anda Bekerja Dengan Baik?

cara-kerja-jantung

Jantung bisa diibaratkan sebuah pompa yang bekerja secara terus menerus tanpa henti yang mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Jantung ini bekerja dengan siklus tertentu. siklus ini biasa dinamakan sebagai denyut jantung. Lalu bagaimana cara kerja jantung yang baik?

Secara umum jantung ini memiliki tiga bagian yang penting, yaitu darah, pembuluh darah dan jantung itu sendiri. Pembuluh darah dapat diibaratkan sebuah pipa untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan fungsi darah secara umum adalah sebagai perantara oksigen dan nutrisi yang akan dibawa dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.cara-kerja-jantung

Jantung sendiri berfungsi sebagai pompa yang bekerja dengan sebuah siklus tertentu untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Saat jantung berdenyut, ada bagian jantung yang mengendur dan bagian yang mengendur tersebut terisi dengan darah, yang mana pada proses ini disebut diastrol. Sedangkan ketika jantung memompa darah dan darah tersebut keluar dari ruangan jantung disebut dengan sistol.

Pada saat darah minim oksigen dan banyak kandungan karbondioksida, melalui jantung atrium kanan darah ini dipompa menuju organ paru-paru untuk dibersihkan, yang mana darah akan mengalir melalui pembuluh darah kapiler yang melewati paru-paru. Di dalam paru-paru ini oksigen akan diserap dan kandungan karbondioksidanya akan dibuang. Selanjutnya darah akan dialirkan kembali ke jantung dan jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh melalui jaringan yang ada. dan seterusnya sehingga fungsi jantung ini bisa bekerja.

Demikian sekilas cara kerja jantung secara singkat yang ada dalam tubuh kita. Jagalah selalu kesehatan jantung Anda.