Cara Merawat Strawberry yang Benar

Strawberry termasuk dalam kategori buah mewah karena habitatnya yang tidak dapat tumbuh disembarang tempat. Warna merah yang mendominasi buah strawberry membuatnya disukai banyak orang. Bentuknya yang unik dan menarik membuat indra penglihat kita tak ingin berpaling saat melihatnya.

Aroma dan rasa yang khas membuat strawberry sering dijadikan sebagai juice, selai, dan pelengkap dalam menikmati makanan atau minuman. Strawberry dapat dikonsumsi secara langsung, meskipun cita rasa yang dihasilkannya ialah asam dan manis. Dengan perawatan yang baik, kita akan memperoleh rasa strawberry yang benar-benar manis. Siapa saja tentu ingin mengetahui cara merawat strawberry.

Konon, dalam waktu tiga minggu masa penanaman, buah strawberry sudah dapat diperoleh hasilnya. Hal ini tentu saja menunjukkan cara merawat strawberry yang baik. Strawberry dapat di tanam dalam pot maupun di lahan terbuka. Proses merawat strawberry dalam pot tidak terlalu sulit. Anda perlu menyiapkan satu pot besar atau kecil tergantung ukuran yang anda sukai. Jika pot berukuran besar, maka akan banyak menampung tanaman, begitu sebaliknya.

Jika anda memilih menanam dan merawat strawberry dalam pot, sebelum melakukan perawatan strawberry, terlebih dahulu anda harus menanam bibit straowberry ke dalam sebuah pot. Pilih pot tahan cuaca yang mampu menampung 10-12 tanaman dengan kedalaman 10 inc. Letakkan pot-pot strawberry ditempat yang disinari matahari setidaknya 8 jam dalam sehari.

cara merawat strawberryLakukan penyiraman secara teratur agar tanaman strawberry tidak mengalami kekeringan. Berikan pupuk yang memiliki kadar nitrogen yang rendah. Jika telah tumbuh daun sekitar 3-4 helai, singkirkan daun yang telah tua. Perhatikan pula kondisi tanah. Lakukan penggemburan di daerah sekitar akar jika tanah mengeras. Inilah beberapa cara merawat strawberry dalam pot di daerah panas.

Tetapi, jika anda memilih menanam strawberry di lahan terbuka tanpa plastik, anda dapat menerapkan cara merawat strawberry berikut. Pertama, lakukan pengolahan tanah dengan baik kemudian lakukan teknik penganginan selama 15-30 hari. Kedua, buat petakan-petakan di dalam lahan dengan ukuran lebar 80 x 100 cm dengan tinggi 30-40 cm, sementara untuk panjangnya sesuaikan dengan luas lahan. Jarak antar petakan mencapai 40 x 60 cm.

Ketiga, setelah semua persiapan tersebut selesai, taburkan pupuk kandang secara merata. Biarkan petakan selama 15 hari. Jangan lupa, buat lubang tanam dengan jarak 40 x 30 cm, 50 x 50 cm, atau 50 x 40 cm, strawberry siap di tanam. Cara merawat strawberry di lahan terbuka adalah dengan melakukan pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan cara penyiangan yang dilakukan pada tanaman pengganggu yang hidup di sekitar tanaman strawberry.

Hal ini biasa terjadi pada strawberry yang tumbuh di lahan terbuka. Penyiangan ini bertujuan untuk menjaga strawberry dari gulma yang merugikan pokok strawberry. Selanjutnya lakukan pemangkasan pada daun yang rimbun. Teknik ini berguna untuk meningkatkan produksi dan menghasilkan buah yang lebih besar dan menarik.

Untuk menambah nutrisi pada tanaman, lakukan pemupukan dengan cara ditabur. Pemupukan tanpa mulsa dilakukan setelah 1,5 – 2 bulan masa tumbuh. Lakukan pula pengairan dan penyiraman agar tanaman strawberry tidak dilanda kekeringan.

Setelah mengetahui cara merawat strawberry, kita juga perlu mengetahui manfaat buah strawberry sebagai penambah keyakinan kita untuk menanam dan merawatnya. Ada banyak manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi buah strawberry, diantaranya menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung, serta mencegah anemia. Ekstrak buah strawberry juga dapat dijadikan sebagai masker wajah dan sabun pembersih wajah,

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam strawberry seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, B2, B3, B5, dan B6, Kalsium, Magnesium, Sodium, Potasium, Asam Folat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Strawberry juga dapat dijadikan sebagai penetral suasana hati dan menjaga mood tetap baik dan stabil. Sudah siap menaman strawberry? Coba lakukan cara merawat strawberry tersebut. Selamat mencoba!