Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Tidak Boleh Anda Remehkan

Penyakit jantung bisa jadi merupakan pembunuh ulung pertama di dunia. Jumlah kematian akibat penyakit jantung sendiri lebih banyak dibandingkan seluruh jenis kematian akibat kanker digabung menjadi satu! Gaya hidup yang kurang sehat merupakan salah satu faktor penyebab utama yang membuat Anda lebih banyak terpapar resiko terkena penyakit jantung. Meski demikian, faktor yang menyebabkan penyakit ini menjadi dekatĀ ialah seringkalinya kita mengabaikan gejala-gejala awalnya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan ciri-ciri penyakit jantung ini agar Anda bisa senantiasa menghindari dampak buruknya sedini mungkin, sebelum beranjak fatal.

Rasa Cemas Berlebih

Sakit jantung secara tidak sengaja sering kali membuat penderitanya menjadi terlalu cemas dan bahkan takut berlebihan terhadap kematian.Ciri-ciri penyakit jantung

Rasa Tidak Nyaman di Bagian Dada

Rasa tidak nyaman atau sakit pada bagian dada merupakan ciri-ciri penyakit jantung paling klasik dan mudah terdeteksi. Meski demikian tidak semua sakit jantung memberi rasa sakit yang sama seperti rasanya dada ditindih gajah. Pada banyak kasus, gejala yang didapat lebih pada rasa seperti tertekan atau teremas pada bagian dada.

Batuk

Batuk dan bahkan nafas yang sampai berbunyi berderik-derik secara terus-terusan merupakan salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Pada beberapa kasus, penderita bahkan bisa sampai batuk dan mengeluarkan dahak berupa darah.

Pusing

Sakit jantung bisa membuat Anda merasakan pusing seperti kepala terasa sangat ringan bahkan sampai kehilangan kesadaran. Ciri-ciri penyakit jantung ini tidak boleh diremehkan karena bisa berpotensi pula untuk menggangu ritme jantung hingga menjadi abnormal.

Mual

Mual menjadi ciri-ciri penyakit jantung yang terutama biasa terdeteksi pada wanita. Biasanya rasa mual ini muncul selama berhari-hari bahkan bisa jadi berminggu-minggu hingga menyebabkan pula rasa lelah sepanjang saat.

Hilang Nafsu Makan

Tidak jarang penderita serangan jantung mengalami gejala-gejala seperti rasa sakit pada bagian perut sampai akhirnya berakhir memuntahkan makanan. Pasalnya, sakit gagal jantung bisa membuat bagian abdominal memar sehingga bisa berpengaruh langsung terhadap hilangnya nafsu makan.

Rasa Sakit di Bagian Tubuh Lain

Pada kasus serangan jantung, ciri-ciri yang tidak bisa dihiraukan pula ialah munculnya rasa sakit yang berawal dari dada, kemudian menyebar ke bagian bahu, lengan, punggung, leher, rahang atau perut. Kadang kala rasa sakit itu hanya muncul di bagian tubuh lain tanpa disertai dengan sakit di bagian dada.

Detak Jantung Tak Beraturan

Detak jantung yang terlalu cepat dan tidak beraturan, apabila disertai dengan rasa lemah, pusing dan nafas tersengal-sengal, bisa jadi bukti nyata adanya sakit baik serangan jantung, gagal jantung atau bahkan arrhythmia yang bisa mengacu pada stroke bahkan mati mendadak.

Nafas Tersengal-Sengal

Kadang orang yang terkena sakit jantung tidak merasakan sakit di dada, tetapi hanya merasa sangat sulit bernafas saja seperti setelah berlari marathon. Pada kesempatan lain, nafas yang tersengal-sengal biasa menyertai rasa tidak nyaman pada dada.

Berkeringat

Keringat dingin secara mendadak dan tanpa sebab merupakan ciri-ciri penyakit jantung yang umum.

Memar

Gagal jantung biasa menyebabkan cairan menumpuk di bagian tubuh lain sehingga menyebabkan memar, seperti di kaki, paha, betis, perut yang biasanya disertai pula dengan penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Lemah

Ciri-ciri penyakit jantung terakhir yang juga tidak bisa diremehkan ialah tubuh yang tiba-tiba menjadi lemah tanpa sebab yang jelas. Misalnya saja, apabila untuk mengangkat gelas saja tiba-tiba tidak kuat, maka patutlah ini dicurigai sebagai gejala serangan jantung.

Jika Ada mencurigai gejala-gajala seperti diatas namun tidak lazim seperti orang normal pada umunya, silakan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter ahli untuk mendapatkan kepastian. Pendeteksian sejak dini dapat membantu Anda untuk lebih dini juga dalam mencegah berbagai penyakit mematikan yang bisa mengancap kapan saja.