Faktor Penyebab Gagal Jantung dan Jenis-jenisnya

Pada dasarnya gagal jantung atau dalam medis sering disebut dengan heart failure, yang mana heart failure ini merupakan suatu keadaan yang sifatnya sangat darurat, dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung dari seseorang kurang memenuhi jumlah kebutuhan normal, sehingga hal ini akan sangat berbahaya bagi orang yang menderitanya. Oleh karena itu, apabila seseorang mengalami gagal jantung, maka orang tersebut harus segera mendapatkan perawatan medis khusus.

Gagal jantung terjadi juga karena kekuatan otot jantung melemah sehingga hasil pofaktor penyebab gagal jantungmpa darah ke seluruh tubuh semakin berkurang. Sementara itu, gagal jantung terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah seperti penyempitan pembuluh oleh kandungan lemak yang berlebihan, atau adanya tekanan darah yang terlalu tinggi. Nah, yang perlu diketahui secara umum, bahwa gagal jantung ini merupakan gejala dari penyakit jantung koroner.

Faktor Penyebab gagal Jantung

Pada dasarnya ada banyak sekali penyebab mengapa seseorang mengalami gagal jantung, dimana faktor penyebab gagal jantung ini bisa berasal dari dalam tubuh kita sendiri, maupun karena faktor kebiasaan dan gaya hidup. Faktor utama yang berasal dari yang menyebabkan orang mengalami gagal jantung ini adalah karena adanya gangguan irama pada jantung, adanya penyakit pada katup jantung, penyakit jantung bawaan.faktor penyebab gagal jantung

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan orang mengalami gagal jantung ini adalah karena adanya zat tertentu di dalam tubuh yang mempunyai sifat toksin seperti efek penggunaan obat kemoterapi, adanya infeksi kuman yang menyerang fungsi jantung, atau adanya permasalahan pada bagian penting pada jantung yaitu pada bagian otot jantung.

Sementara itu, faktor lain yang membuat orang mengalami gagal jantung adalah karena kebiasaan orang itu sendiri, seperti pecandu rokok, maupun pecandu minum-minuman beralkohol, adanya penumpukan lemak pada di dinding-dinding pembuluh darah, kurang olah raga yang pada akhirnya juga menyebabkan orang akan mengalami kurang lancarnya peredaran darah mereka.

Jenis Gagal Jantung

Pada dasarnya gagal jantung yang sering dialami oleh banyak orang ini mempunyai dua jenis, yaitu berdasarkan letak atau bagian mana yang mengalami gangguan pada pemompa darah, dimana jenis ini terdiri dari Gagal jantung sebelah kiri dan Gagal jantung sebelah kanan.

Gagal jantung sebelah kiri bisanya akan menyebabkan terjadinya pengumpulan cairan di dalam paru-paru kita, sehingga gagal jantung di sebelah kita ini akan menyebabkan orang semakin sulit untuk bernafas atau bahkan mengalami sesak nafas.

Sesak nafas seseorang yang mengalami masalah jantung sebelah kiri ini bisanya karena ia melakukan aktivitas yang melelahkan. Nah, tanda lain dari gagal jantung sebelah kiri ini adalah dimana orang lebih mudah letih, sering merasa cemas, mempunyai detak jantung yang lebih cepat dan tidak teratur yang diiringi batuk-batuk.

Sedangkan kegagalan jantung pada sebelah kanan bisanya akan mengakibatkan penderitanya mengalami penggumpalan darah yang mengalir pada jantung bagian kanan. Oleh karena itu, hal ini akan menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh kita seperti pada kaki, khususnya pada pergelangan dan tungkai kaki, pembengkakan di bagian perut, dan bahkan pada hati.

Selain itu, tanda lain dari gagal jantung pada bagian kanan adalah seseorang akan mengalami rasa mual yang berlebihan dan sangat sering lebih lebih pada malam hari, dimana rasa mual tersebut diselingi oleh mutah. Selain itu gagal jantung sebelah kanan ini juga membuat penderitanya akan mudah letih dan sesak, dan juga terlalu sering buang air kecil pada malam hari. Dari kedua jenis gagal jantung tersebut, akan lebih baik jika langsung ditangani oleh dokter yang berpengalaman agar penderitanya bisa mendapatkan perawatan yang lebih tepat.