Gejala Penyakit Jantung: Mengenali Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang benar-benar harus diperhatikan kesehatannya. Mengingat bahwa fungsi jantung dalam tubuh sangatlah penting. Jika jantung tidak berfungsi, itu tandanya kehidupan pemilik jantung ini telah selesai atau meninggal.

Fungsi penting organ jantung ini adalah untuk memompa darah keseluruh jaringan tubuh, kemudian darah yang diterima jaringan tubuh ini berfungsi untuk memberikan oksigen dan sekaligus asupan makanan untuk jaringan tubuh. Maka bisa dibanyangkan bagaimana seandainya jantung tidak lagi berdetak, jaringan tubuhpun akan melemah dan kemudian mati.

Melihat pentingnya organ jantung dalam tubuh ini, tidak sedikit kebanyakan orang tergerak untuk benar-benar menyehatkan jantung mereka dengan berbagai cara, ada yang dengan berolahraga, ada yang dengan menjaga makan-makanan sehat, ada yang tidak merokok dan menjauhi semua hal yang dapat memicu kerusakan jantung. Namun beberapa kasus ada pula orang yang sama sekali tidak peduli dengan kesehatan mereka.Gejala Penyakit Jantung

Kebanyakan orang yang secara tidak langsung sebenarnya tidak mempedulikan kesehatan tubuh mereka, khususnya organ jantung, adalah orang-orang yang lebih mendahulukan keegoisan mereka demi kenikmatan sesaat. Misalnya saja pada perokok, yang mana jelas-jelas di bungkus rokok sendiri disebutkan bahwa rokok dapat merusak jantung, namun karena keegoisannya merekapun masih mengkonsumsi rokok. Bahkan tak jarang sudah terserang penyakit jantung pun mereka masih berusaha untuk mengkonsumsi rokok.

Meskipun demikian untuk penyakit jantung sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh keturunan. Orang yang memiliki garis keturunan memiliki penyakit jantung mendapatkan resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibanding orang yang tidak memiliki keturunan berpenyakit jantung. Dan biasanya untuk penyakit jantung keturunan ini dialami sejak orang tersebut masih kecil/bayi.

Penyakit jantung sejatinya bukan termasuk penyakit yang sangat parah, namun jika tidak segera diatasi akibatnya akan sangat fatal. Untuk itu hal penting yang perlu diketahui adalah mengetahui gejala-gejala penyakit jantung. Jika ada beberapa gejala penyakit jantung yang mungkin dialami bisa segera diperiksakan dan kemudian dicari alternatif-alternatif penyembuhaannya, maka penyakit jantungpun tidak akan semakin parah serta bisa sembuh kembali.

Gejala penyakit jantung bisa ditandai dari berbagai peristiwa berikut ini:

  1. Sakit kepala

Sakit kepala ketika terkena sinar matahari secara langsung bisa menjadi tanda adaya gejala penyakit jantung. Selain itu sakit kepala sebelah atau sering disebut migren juga termasuk menjadi tanda adanya gejala penyakit jantung. Jika salah satu sakit kepala ini dialami dalam jangka waktu yang sering, sebaiknya segera cek kondisi jantung Anda.

  1. Nyeri dada

Nyeri pada dada, khususnya pada posisi letak jantung yaitu dada bagian kiri merupakan gejala awal munculnya penyakit jantung.

  1. Sakit pada bagian tubuh tertentu

Sakit pada bagian tertentu yang dimaksudkan adalah sakit pada bagian tangan, leher, siku, punggung dan bahu. Beberapa daerah ini jika mengalami sakit dengan intensitas yang sering, maka bisa jadi ada penyumbatan pembulu ateri.

  1. Mudah capek

Mudah merasa lelah adalah salah satu gejala penyakit jantung yang sangat mudah dikenali. Jika Anda merasa tidak melakukan hal apapun,semisal ketika Anda baru bangun tidur kemudian Anda merasa sangat lelah , maka itu berarti Anda mengalami gejala penyakit jantung.

  1. Sesak nafas

Sesak nafas menandakan bahwa detak jantung Anda tidak nomal. Beberapa hal bisa menjadi pemicunya, seperti penyumbatan pembulu darah, penebalan otot jantung, penebalan katub jantung, dan lainnya. Maka jika Anda mengalami sesak nafas dengan sering, sebaiknya segera cek kesehatan jantung Anda.

Demikian beberapa ciri-ciri dari gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai, Semoga bermanfaat.