Hati-hati, Makanan Berbahaya bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Pada saat menjalani kehamilan, Bunda harus lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi akan berpengaruh banyak terhadap janin yang dikandungnya. Karena ada beberapa hal yang harus dihindari dalam mengkonsumsi makanan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika jabang bayi lahir.

Selama masa kehamilan ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari, bahkan disarankan untuk tidak dikonsumsi sama sekali yang penjelasannya antara lain sebagai berikut.

Makanan laut

Makanan berbahaya bagi ibu hamil yang pertama adalah makanan laut. Tidak semua ikan laut berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun demikian ibu hamil sebaiknya ibu hamil menghindari makanan-makan laut seperti ikan tuna, marlin, hiu, bluefish, dan lain-lain. Pasalnya, saat ini banyak sekali ikan laut yang mengandung merkuri tinggi. Selain ikan laut, banyak juga ikan-ikan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil, antara lain iklan lele, iklan nila, sardern udang dan salmon. Namun meskipun begitu pada ikan yang termasuk kategori aman tersebut tetap jumlah makannya harus dibatasi karena pada ikan tersebut terutama ikan lele dan ikan salmo ternyata mengandung kadar merkuri namun kecil. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan tersebut tidak lebih dari 350 gram per minggu.

Telur mentah

Telur mentah merupakan salah satu makanan yang harus dihindari dikonsumsi oleh ibu hamil karena selain hanya sebagian orang saja yang menyukai memakan telur mentah, juga ditakutkan pada telur mentah tersebut sudah terkontaminasi bakteri salmonela yang berbahaya. Untuk itu selagi masa kehamilan konsumsilah telur yang sudah matang, bukan setengah matang atau bahkan mentah.

Daging mentah

Daging-dagingan mentah juga makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Sama seperti telur, daging mentah ditakutkan terdapat bakteri salmonela dan bakteri-bakteri lainnya seperti cacing, dan parasit lainnya yang berbahaya. Jika parasit ini sampai mengkontaminasi janin, akibatnya bisa beresiko keguguran dan cacat lahir.

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Krim Pemutih Wajah? Ini Jawabannya

Inilah 7 Jenis Buah yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil makan kelengkeng? ini penjelasannya…

Keju (jenis tertentu)

Salah satu makanan berbahaya bagi ibu hamil lainnya adalah keju. Keju merupakan susu yang diolah dan di fermentasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa dan gizi yang berbeda. Keju boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil namun yang boleh dikonsumsi adalah keju-keju yang diolah dengan pasteurisasi. Antara lain seperti keju mozzarella, cottage, termasuk keju yang bertekstur keras seperti keju cheddar boleh dikonsumsi. Keju yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah keju yang bertekstur lembap seperti keju gorgonzola, brie, dan camembert. Karena keju tersebut bisa menjadi sarang bakteri dan jamur dengan cepat. Untuk itu perlu dihindari pada saat hamil.

Hati

Makanan berbahaya bagi ibu hamil lainnya adalah daging hati, terutama hati ayam termasuk salah satu makanan yang perlu dihindari saat hamil. Di dalam hati ayam terdapat kandungan vitamin A yang tinggi, bagi orang normal memang bagus di konsumsi. Namun tidak untuk ibu hamil karena beresiko kelebihan vitamin A pada janin yang mengakibatkan kecacatan pada janin pada saat lahir.

Minuman yang mengantung Kafein

Banyak sekali sumber minuman yang mengandung kafein antara lain kopi, minuman berenergi, teh, cokelat, minuman bersoda dan lain-lain. Jumlah kadar kafein yang berlebihan ketika dikonsumsi pada saat hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat yang rendah, lahir tidak normal dan lain sebagainya. Jika Anda pengkonsumsi kopi berat, jika tetap ingin mengkonsumsi kopi pada saat hamil usahakan tidak lebih dari satu cangkir dalam sehari.

Sayuran Mentah yang tidak dibersihkan

Seringkali kebiasaan yang spele bisa berakibat fatal, terutama pada saat memasak sayur. Tidak bisa dipungkiri sebagian dari masyarakat kita banyak yang memasak sayuran tanpa dicuci bersih terlebih dahulu. Hal ini sudah menjadi kebiasaan yang tanpa disadar menimbulkan resiko yang berbahaya bagi kesehatan. Khusus bagi ibu hamil, hindarilah mengkonsumsi sayuran yang sudah bolong akibat hama, rusak atau sangat kotor karena bisa saja sayuran tersebut menjadi sumber bakteri yang membahayakan kesehatan. Yang paling penting, jika memakan sayuran cuci bersih dulu dengan air mengalir, pastikan tidak ada binatang kecil seperti hama kutu masih menempel pada sayuran tersebut. Apalagi jika akan digunakan sebagai lalapan.

Tape

Tape merupakan makanan yang dibuat dari singkong yang telah di fermentasi. Yang mana proses fermentasi tersebut menggunakan bahan ragi. Bukan hanya tape sebenanrya, makanan atau minuman yang dibuat melalui proses fermentasi harus dihindari bagi ibu hamil karena sedikit banyak mengandung alkohol yang bisa membahayakan janin.

Sushi dan sejenisnya

Makanan berbahaya bagi ibu hamil lainnya adalah Shushi. Sushi merupakan makana khas dari jepang yang dibuat dengan nasi yang diberikan toping ikan salmon atau ikan tuna mentah segar. Daging ikan mentah yang tidak steril dapat menjadi sarang bakteri yang berbahaya, terutama bagi ibu yang sedang hamil. Bakteri dapat bersarang pada daging ikan mentah yang dikonsumsi adalah bakteri salmonela, bakteri colifom, dan lain-lain.

Salah satu efek berbahaya bagi janin ketika mengkonsumsi daging ikan mentah yang sudah terkontaminasi bakteri antara lain cacat lahir dan pembengkakan cairan saraf di kepala bayi. Oleh karenanya ibu hamil harus menghindari makanan daging ikan yang mentah sama seperti halnya daging sapi atau daging ayam mentah.

Makanan dan minuman dengan pemanis buatan

Banyak sekali makanan berbahaya bagi ibu hamil saat ini yang menggunakan pemanis buatan. Bahkan jika kita tidak jeli, makanan yang digadang-gadang dapat menyehatkan ternyata mengandung pemanis buatan. Jika ibu hamil sering mengkonsumsi pemanis buatan, baik itu disadari maupun tanpa disadari akan membahayakan janin karena bisa menyebabkan gangguan antara lain paru-paru janin tidak sempurna, kecacatan pada bayi, dan sistem saraf otak bayi terganggu.

Oleh karena itu hati-hati dalam memilih makanan dan minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan. Anda dapat melihat komposisi terlebih dahulu di dalam kemasan makanan dan minuman sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.

Makanan dengan zat pengawet tinggi

Sama seperti halnya makananan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan, saat ini banyak sekali makanan yang menggukan zat pengawet tinggi yang menggunakan bahan kimia. Hal ini tentu harus jeli khususnya bagi ibu hamil harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Beberapa makanan yang memiliki zat pengawet yang harus dihindari adalah mi insatnt, makanan olahan kaleng seperti ikan sarden, kornet dan lain-lain. Sering mengkonsumsi makanan yang berpengawet tinggi dapat mengakibatkan kerusakan otak dan kurang berkembangnya bayi nantinya setelah lahir.

Demikian beberapa makanan berbahaya bagi ibu hamil yang perlu diketahui. Karena memang pada dasarnya pada saat menjalani kehamilan, Bunda harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan dan minuman yang menyehatkan dan selalu menjalankan pola hidup sehat.