Ingin Bayi Anda Tetap Sehat? Sebaiknya Hindari Jenis Makanan Berikut ini

Setiap Ibu menginginkan bayinya agar selalu sehat dan ceria. Termasuk dalam hal pemberian makanan selain ASI. Namun bayi dibawah 1 tahun belum memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Oleh karena itu tidak semua jenis makanan dapat diberikan pada bayi.

Ketika sistem pencernaan bayi belum sempurna, jika diberikan makanan pendamping ASI yang tidak tepat akan menimbulkan hal-hal yang beresiko merusak sistem pencernaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan diberikan pada bayi dibawah 1 tahun agar bayi selalu sehat dan sesuai dengan sistem pencernaannya.

Makanan yang mengandung garam

Terkadang ada sebagian ibu yang memberikan sedikit garam pada makanan pendamping ASI yang berusia diatas 6 bulan dan dibawah 1 tahun. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya bayi dibawah 1 tahun belum membutuhkan garam. Jika bayi terlalu banyak mengkonsumsi garam maka tidak akan baik untuk kesehatan ginjalnya, mengingat bayi dibawah 1 tahun biasanya organ-organ tubuhnya belum berfungsi dengan sempurna.ingin bayi anda tetap sehat sebaiknya hindari jenis makanan berikut ini

Selain itu sebisa mungkin untuk menghindari makanan-makanan cepat saji yang mengandung kadar garam. Hal ini bisa dilihat dari komposisi atau tabel nutrisi yang ada pada makanan khusus bayi khususnya dibawah 1 tahun.

Madu

Banyak ibu yang memberikan madu pada bayi dibawah 1 tahun bahkan dibawah 6 bulan. Alasannya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh bayi, membuat bibir bayi tidak kering, dan lain sebagainya. Namun sebaiknya madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi dibawah 1 tahun karena akan memicu resiko keracunan pada bayi. Keracunan ini ditimbulkan karena lambung bayi belum siap untuk menerima nutrisi yang terdapat pada madu. Oleh karena itu lambung bayi dibawah 1 tahun hanya cocok untuk menerima nutrisi dari Air susu Ibu (ASI) dan makanan pendamping khusu bayi ketika beranjak 6 bulan.

Susu selain ASI

Bayi dibawah 1 tahun sangat dianjurkan hanya mengkonsumsi nutrisi dari air susu ibu, bukan susu jenis lain seperti susu sapi, susu kedelai dan susu kambing. Hal ini karena bayi berumur dibawah 1 tahun belum dapat mencerna protein dengan baik selain ASI, bahkan beberapa jenis susu formula pun ada yang tidak cocok tergantung dengan kondisi tubuh bayi.

Selain itu pemberian susu selain ASI pada bayi berumur dibawah 1 tahun berpotensi mengikis ginjal yang belum dapat bekerja dengan sempurna. Beberapa efek yang ditimbulkan pada bayi dibawah 1 tahun yang diberikan susu selain ASI antara lain adalah seringnya buang air besar yang selalu mencret bahkan pada kasus tertentu ada bayi dibawah 1 tahun yang buang air besar terdapat darah karena selalu diberikan susu sapi atau susu kambing.

Makanan yang banyak mengandung gula

Makanan lainnya yang tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah 1 tahun adalah makanan yang banyak mengandung gula. Pemberian makanan yang banyak mengandung gula pada bayi akan beresiko merusak gigi pada saat pertama kali tumbuh. Namun jika ingin memberikan rasa manis sebagai penambah kalori sebagai salah satu sumber energi, Anda dapat memberikan tambahan buah-buahan segar sebagai sumber pemanis alami. Itupun tidak boleh terlalu banyak.

Biskuit yang bukan khusus untuk bayi

Banyak pemberian biskuit pada bayi dibawah 1 tahun yang tidak sesuai peruntukannya yang bukan biskuit khusus untuk bayi. Sebenarnya sah-sah saja memberikan biskuit selain biskuit khusus untuk bayi, namun yang perlu diperhatikan adalah kadar lemak jenuh yang terdapat pada biskuit tersebut. Bayi dibawah 1 tahun tidak boleh mengkonsumsi kadar lemak jenuh yang terlalu banyak antara kain seperti kue kering dan keripik-keripik kentang yang gurih dan berminyak. Untuk membantu mengetahui kadar lemak jenuh pada biskuit sebelum diberikan, Anda dapat melihat tabel nutrisi yang terdapat dibelakang kemasan biskuit tersebut.

Ikan yang mengandung merkuri

Ikan memang salah satu makanan yang menyehatkan. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi dibawah 1 tahun? Ikan yang tidak boleh tersebut adalah ikan yang mengandung merkuri. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri antara lain adalah ikan marlin, ikan makarel, ikan hiu dan lain sebagainya. Namun tidak perlu khawatir Anda tetap boleh menambahkan campuran ikan lain seperti ikan salmon yang empuk dan matang. Namun perlu diperhatikan juga bahwa pemberian olahan ikan harus diberikan pada bayi setidaknya setelah 6 bulan sebagai pendamping ASI.

Demikian beberapa makanan yang tidak dianjurkan diberikan pada bayi dibawah 1 tahun agar kesehatan bayi selalu terjaga dan mencegah gangguan pencernaan pada bayi.