Ingin Rasakan Manfaat Pola Hidup Sehat Sampai Tua? Ikuti Langkah-Langkahnya Sekarang Juga!

Siapa yang tak ingin punya tubuh sehat sampai nanti lanjut usia? Sayangnya, zaman yang semakin modern serta kehidupan yang semakin sibuk membuat masyarakat merasa makin kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat sehari hari.

Akibatnya, kualitas kesehatan menurun dan penyakit kronis pun semakin umum menjangkiti mereka yang sebenarnya masih muda. Padahal, pola hidup sehat tidak sulit untuk diterapkan dan dijadikan kebiasaan!

Apa Itu Pola Hidup Sehat?

Pada dasarnya, pola atau cara hidup sehat merupakan upaya yang dilakukan seseorang dalam menjaga tubuh agar senantiasa sehat. Langkah-langkah yang dilakukan pada dasarnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, serta menjaga kesehatan mentalnya.

manfaat pola hidup sehat

Dan bagi Anda yang sudah sangat ingin menjalani hidup sehat mulai dari sekarang, berikut ini adalah panduan tentang cara maupun manfaat menjalankan cara hidup sehat, termasuk pola hidup sehat bagi ibu hamil serta penderita penyakit kronis seperti diabetes. Selamat membaca.

Manfaat Cara Hidup Sehat

Seperti apa saja manfaat pola hidup sehat yang dapat Anda rasakan, bahkan dalam jangka panjang?

1. Menjaga berat badan tetap ideal.

Banyak yang menganggap sekadar berdiet saja cukup untuk dikategorikan sebagai hidup sehat karena mereka ingin menurunkan berat badan. Hal itu memang benar, tapi sekali lagi ingat bahwa diet yang tepat adalah diet yang sehat.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mulai pola hidup sehat dengan diet yang tepat dan bernutrisi sehingga berat badan Anda nanti tetap dapat terkontrol, terutama dengan menyeimbangkan pola makan sehat dengan aktivitas fisik yang cukup dan teratur.

2. Menjaga mood.

Mood atau suasana hati pun sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik yang sehat, terutama dengan aktivitas fisik yang teratur. Sebab, kegiatan tersebut mampu merangsang produksi hormon endorfin, alias hormon yang menimbulkan rasa bahagia dan rileks.

Selain itu, karena cara hidup sehat juga mencakup aspek kehidupan sosial, maka suasana hati pun dapat tetap positif dengan interaksi sosial yang cukup agar kesehatan pun ikut terjaga.

3. Mencegah penyakit.

Tubuh sehat tentunya mampu menangkis risiko penyakit dengan lebih baik. Dan penyakit yang dapat dicegah bukan sekadar penyakit seperti demam atau flu, tapi juga tekanan darah tinggi, masalah jantung, stroke, depresi, radang sendi, dan sindrom metabolik.

Selain karena penerapan pola makan sehat, olahraga teratur, dan istirahat cukup, kesehatan pun tetap terpantau karena pemeriksaan fisik dengan dokter yang biasanya meliputi pemeriksaan berat badan, tekanan darah, detak jantung, dan sampel darah serta urin.

4. Meningkatkan energi dan stamina.

Tahukah Anda kalau konsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, serta makanan kemasan dapat membuat tubuh justru mudah lelah? Apalagi jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah lebih. Selain lelah, tubuh juga jadi merasa mudah lapar karena jenis-jenis makanan maupun minuman instan atau cepat saji seperti itu.

Sebaliknya, penerapan pola hidup sehat akan meningkatkan energi sepanjang hari karena daya tahan tubuh yang baik, lancarnya persebaran nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, dan kualitas tidur yang optimal.

5. Panjang umur.

Jika Anda ingin menikmati umur panjang dan tetap sehat sampai tua agar masih bisa berkumpul dengan anak-cucu, maka jangan sampai Anda menunda-nunda keputusan untuk menjalankan pola hidup sehat.

Dalam penelitian selama 8 tahun yang dilakukan oleh American Council dan melibatkan 13.000 partisipan, dibuktikan bahwa mereka yang rajin berjalan kaki setidaknya 30 menit memiliki kesempatan hidup lebih lama yang lebih besar.

Dan jika kebiasaan tersebut diimbangi dengan pola makan sehat, maka tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit berkat proses metabolisme serta regenerasi sel yang optimal.

Bagaimana Memulai dan Menjalankan Pola Hidup Sehat?

Berikut ini langkah-langkah cara melakukan pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan mulai dari saat ini juga untuk mencapai tujuan pola hidup sehat, yaitu kualitas hidup yang lebih baik sampai tua nanti.

1. Ketahui kondisi kesehatan Anda.

Lakukan cek kesehatan secara teratur agar kondisi Anda selalu terpantau, bahkan jika sekarang Anda masih merasa sehat. Anda pun dapat gunakan kesempatan tersebut untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Evaluasi aktivitas fisik.

Anjuran dari para pakar adalah aktivitas fisik selama minimal 150 menit per minggu untuk masing-masing individu, serta latihan fisik untuk mengencangkan otot minimal dua kali per minggu. Untungnya, ada banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan, sehingga bisa disesuaikan dengan selera Anda.

3. Ketahui dan catat makanan yang disantap.

Catat apa saja makanan yang dikonsumsi setiap hari sebagai pengingat untuk evaluasi sehingga pola makan Anda pun dapat diperbaiki, terutama jika jumlah konsumsi makanan sehat Anda kurang.

4. Periksa kondisi hubungan sosial Anda.

Evaluasi seperti apa hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar, seperti pasangan, rekan kerja, atasan, dan tetangga. Kurangi interaksi dengan mereka yang membuat Anda tak nyaman dan diskusikan dengan orang terpercaya soal jalan keluar atas masalah yang Anda hadapi dengan lingkungan Anda.

5. Stop kebiasaan tak sehat.

Untuk hasil yang optimal, hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda memiliki risiko atau malah sudah mengidap penyakit kronis.

6. Konsumsi makanan sehat dan pastikan kebutuhan cairan tercukupi.

Untuk kemudahan menjalankan cara hidup sehat, Anda bisa olah atau memasak makanan Anda sendiri. Dan selain pilihan makanan sehat bernutrisi, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dalam jumlah cukup. Idealnya, minum 6 sampai 8 gelas air putih per hari, atau ikuti anjuran dokter.

7. Istirahat cukup dan kelola stress

Stres memang bisa jadi tak terhindarkan, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Gunakan waktu luang untuk beristirahat dan melakukan hobi Anda, atau ikuti kelas yoga dan bermeditasi.

Hidup Sehat Cara Islami

Tahukah Anda kalau Rasulullah SAW hanya sakit 2 kali sepanjang hidupnya, yaitu ketika menerima wahyu lantaran rasa takut yang sangat sampai beliau demam, dan ketika beliau sakit dan akhirnya wafat? Hal ini dikarenakan beberapa kebiasaan Rasulullah selama hidup, yang akhirnya dijadikan panduan cara hidup sehat menurut Islam oleh para kaum muslim, seperti:

  • Tidur cepat dan bangun cepat, agar dapat menghirup udara pagi saat berjalan kaki ke masjid untuk shalat Subuh.
  • Konsumsi makanan dan minuman halal dan baik (thoyib), dan tidak dalam jumlah berlebihan.
  • Banyak berjalan kaki saat bepergian.
  • Tidak mudah marah atau iri.

Tips Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, jangan lupa bahwa asupan nutrisi yang Anda terima juga akan diserap oleh janin. Anda bisa coba tips untuk cara hidup sehat ibu hamil berikut ini:

  • Konsumsi makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Variasikan menu agar nutrisi tetap tercukupi dan hindari makan dalam porsi berlebih untuk menghindari kenaikan berat badan berlebih.
  • Kurangi atau bahkan stop konsumsi alkohol dan kafein.
  • Kontrol kehamilan secara teratur agar kondisi kesehatan ibu dan janin selalu terpantau.

Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang mengharuskan penderitanya mengubah kebiasaan sehari-hari agar lebih sehat. Beberapa contoh pola hidup sehat penderita diabetes adalah:

  • Konsumsi makanan sehat dengan porsi yang seimbang, dan pilih jenis makanan sumber karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, dan kaya serat.
  • Konsumsi camilan dengan indeks glikemik rendah, seperti kacang kedelai dan buah tinggi serat.
  • Rutin berolahraga.

Mulai Hidup Sehat Sekarang Juga!

Untuk memulai pola hidup sehat, Anda bisa mengawali dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Lalu, pertahankan agar kebiasaan baru Anda tetap konsisten sehingga Anda bisa meneruskannya ke aspek-aspek lain yang lebih luas.

Misal, mulai dengan konsumsi makanan sehat untuk mengontrol berat badan dan mulai rutin berolahraga. Jadi, Anda tak perlu terburu-buru. Yang penting Anda konsisten menjalankan kebiasaan baru yang lebih sehat agar dapat menjadi bagian dari kebiasaan dan kehidupan sehari-hari Anda.

Bagaimana Kalau Pola Hidup Sehat Anda Tidak Didukung Orang Sekitar?

Sayangnya, hal ini dapat terjadi dan dialami oleh banyak orang. Jangan sampai komentar negatif mereka menyurutkan semangat Anda untuk hidup lebih baik. Coba dengarkan apa sebenarnya maksud mereka, terutama keluarga atau pasangan karena mereka biasanya justru mencemaskan kondisi Anda.

Lalu, jelaskan maksud yang Anda miliki dengan tenang dan bukannya dengan emosi atau marah. Jika pendapat mereka tidak berubah walaupun Anda sudah menjelaskan, Anda tak perlu buang energi atau waktu ekstra untuk menanggapinya dan fokus pada perubahan pola hidup Anda saja.