Ini Dia Jenis-Jenis Buah yang Baik untuk Jantung dan Kesehatan Anda!

Anda pasti sudah tahu fakta bahwa buah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan salah satu khasiat buah adalah untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Lantas, apa saja jenis buah yang baik untuk jantung? Berikut ini daftar dan ulasan ringkasnya. Selamat membaca!

Apel

Ada kandungan flavonoid, yang merupakan salah satu zat antioksidan penting, yang terdapat di dalam apel. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah risiko dari berbagai penyakit, termasuk pada jantung. Selain itu, apel pun memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk memperlancar dan mengatasi masalah pencernaan.

Buah Beri

Ada berbagai jenis buah beri yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti stroberi, raspberry, beri hitam, dan sebagainya. Dalam buah beri, terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga sangat baik jika Anda konsumsi setiap hari. Misalnya di pagi hari untuk dinikmati bersama yogurt sebagai menu sarapan, atau diolah jadi smooties yang sehat dan menyegarkan.

Pepaya

Salah satu jenis buah tropis yang satu ini bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi gangguan pencernaan, seperti konstipasi, tapi juga untuk mengatasi masalah pada jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksida, vitamin C, vitamin E, serta protein pepaya alias zat papain di dalamnya.

Semangka

Selain segar dan cocok dinikmati di hari yang panas, buah semangka juga kaya akan nutrisi yang baik untuk jantung Anda. Alasan mengapa semangka merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk jantung adalah kandungan asam amino serta likopen B yang dapat menjaga daya tahan tubuh serta baik untuk kesehatan jantung Anda.

Pisang

Jangan takut diejek sebagai monyet karena Anda rajin mengonsumsi pisang! Sebab, buah ini juga tak kalah bermanfaat untuk jantung Anda karena kandungan serat, magnesium, potasium, vitamin B6 dan vitamin C di dalamnya.

Kandungan magnesium dan potasium akan bantu turunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko masalah kesehatan lainnya yang lebih kronis, termasuk jantung. Selain itu, mengonsumsi pisang pun dapat meningkatkan produksi hormon bahagia.

Melon

Di dalam melon, terdapat kandungan beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, potasium, folat, dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk organ jantung Anda.

Jeruk Bali

Buah jeruk yang super lezat ini kaya akan potasium, kalsium, vitamin C, serta flavonoid yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda. Sebaiknya Anda konsumsi jeruk Bali berwarna pink atau merah untuk manfaat yang lebih besar, karena kandungan karotennya lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk Bali warna putih.

Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk jantung yang dapat Anda konsumsi sekarang juga untuk menjaga kondisi tubuh serta jantung Anda tetap sehat dan prima sedini mungkin!