Ini dia penyebab terjadinya kesemutan di dalam bagian tubuh

Pernahkah Anda mengalami kesemutan? ya pasti semua orang pernah mengalami yang namanya kesemutan. Secara umum kesemutan merupakan rasa dimana bagian tubuh seperti di tusuk-tusuk jarum, terasa panas, dan sedikit lemas. 

Kesemutan dapat menyerang bagian tubuh tertentu namun biasanya sering terjadi pada bagian pergelangan dan kaki. Kesemutan disebut juga dengan istilah paresthesia. Terkadang kesemutan bisa terjadi dalam jangka waktu yang relatif sebentar dan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya. Lalu apa saja penyebab terjadinya kesemutan?

Salah satu peyebab kesemutan antara lain adalah karena adanya bagian otot atau urat di dalam bagian tubuh yang tertekan dalam jangka waktu yang lama, antara 10 menit hingga 30 menit keatas biasanya akan mengakibatkan kesemutan.

Biasanya kesemutan terjadi adanya lipatan bagian tubuh yang tertekan dengan tanpa disadari. Seperti misalnya tidur dalam keadaan sedikit tengkurap dengan pergelangan di bagian dada sehingga tertekan, atau bisa juga ketika sedang duduk lama bagian kedua kaki melipat tanpa disadari sehingga tiba-tiba merasakan kesemutan.

Kesemutan yang terjadi seperti yang dijelaskan diatas merupakan kesemutan yang bisa dikatakan normal dialami setiap orang. Cara menghilangkan kesemutan cukup dengan meluruskan kaki atau tangan sambil rileks dan otot jangan ditegangkan. dalam beberapa menit aliran darah di dalam bagian yang mengalami kesemutan tadi akan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya. Sehingga kesemutan seperti ini hanya bersifat sementara dan tidak permanen.

Jangan anggap remeh jika sering kesemutan

Gejala kesemutan memang sudah lumrah terjadi pada setiap orang. Namun ada gejala kesemutan yang perlu Anda waspadai karena gejala kesemutan juga dapat menjadi pertanda gejala suatu penyakit. Ya kesemutan juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan yang mengganggu. 

Gangguan Syaraf kejepit.

Seseorang yang mengalami syaraf kejepit biasanya akan mengalami sering kesemutan tergantung dibagian tubuh mana orang tersebut mengalami syaraf yang kejepit. Syaraf kejepit dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain akibat sering mengangkat beban berat, atau pasca kecelakaan. Biasanya syaraf kejepit banyak terjadi pada bagian tualng belakang, dari leher sampai bagian bawah dekat dengan tulang ekor.

Jika seseorang sudah mengalami syaraf kejepit, biasanya dokter akan memberikan obat anti nyeri, dan berbagai vitamin seperti vitamin neurotropik dan vitamin B. Dalam penyembuhan syaraf kejepit, tidak jarang orang menggunakan teknik akupuntur karena akupuntur dinilai dapat membantu memperlancar sirkulasi aliran darah di dalam tubuh termasuk syaraf kejepit.

Riwayat Stroke

Ketika seseorang memiliki riwayat stroke, sering mengalami kesemutan merupakan hal yang harus diwaspadai. karena sering kesemutan pada seorang penderita stroke dapat beresiko meningkatkan kelumpuhan pada salah satu bagian tubuh. Seseorang yang mengalami bagian tubuh yang tidak bisa digerakan seperti tangan dan kaki, biasanya sumber kesemutan akibat stroke ada di sana.

Akibat komplikasi gangguan diabetes

Diabetes merupakan gangguan kadar gula darah yang terlampau tinggi pada pembuluh darah sehingga berpotensi merusak pembuluh darah tersebut. Selain itu komplikasi diabetes juga dapat mengakibatkan gangguan syaraf terutama pada daerah pergelangan tangan dan kaki sehingga dapat menyebabkan terjadinya kesemutan dalam jangka waktu yang cukup sering.

Oleh karena itu cukup bija ketika Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun secara tiba-tiba akhir-akhir ini sering mengalami kesemutan, segeralah cek kadar gula darah Anda untuk memastikan tidak adanya kadar gula berlebih dalam pembuluh darah.

Efek samping kemoterapi

Tujuan kemoterapi adalah untuk membunuh sel-sel kanker di pada bagian tubuh dan menghambat perkembangan sel kanker. Namun ternyata efek samping dari kemoterapi dapat menyebabkan kerusakan pada bagian syaraf dan sel-sel lainnya di dalam tubuh. Karena ada bagian syaraf yang rusak tadi, maka tidak heran orang yang sering menjalani kemoterapi lebih mudah untuk kesemutan terutama pada bagian sendi yang terkena radiasi temokerapi.

Akupuntur akan sangat membantu

Jika Anda sering mengalami kesemutan tau mengalami masalah nyeri, maka cobalah untuk menjalani akupuntur beberapa kali. Teknik akupuntur banyak yang mengklaim dapat mengurangi dan mencegah timbulnya kesemutan, karena manfaat akupuntur akan mengalirkan aliran-aliran darah menajdi lebih lancar.