Ini Nutrisi Makanan yang Baik Untuk Penyakit Jantung yang Wajib Dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang baik untuk penyakit jantung dan konsisten menjalani pola hidup sehat membantu menjaga jantung tetap sehat kuat. Dengan demikian risiko sakit jantung pun bisa ditekan. Anda yang aktif melakukannya secara tidak langsung berarti sudah turut berperan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Bukan rahasia lagi, penyakit jantung memang penyakit mematikan di dunia. Seseorang bisa meninggal mendadak karena serangan jantung. Hal ini mengingat organ jantung adalah organ vital yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung bisa dibilang sebagai pilar utama yang menyokong sejumlah organ tubuh. Bila jantung tidak berfungsi optimal, maka kinerja organ tubuh yang lainnya sudah pasti akan terganggu. Karenanya menjaga kesehatan jantung lebih baik daripada mengobati.

Langkah sederhana yang bisa Anda upayakan bisa dimulai dari menjalankan pola hidup sehat, rutin olahraga, menghindari rokok dan alkohol, serta selektif memilih makanan.

Utamakan makanan yang baik untuk jantung. Dimana makanan siap saji, makanan instan, dan makanan berkolesterol tinggi merupakan musuh bagi kesehatan jantung. Lantas, makanan apa saja yang bagus untuk kesehatan jantung Anda? Yuk cari tahu!

Makanan yang Baik Untuk Jantung Anda

Salah satu upaya menjaga kesehatan jantung yakni dengan mengonsumsi makanan sehat. Kira-kira makanan apa saja yang dimaksud? Tentunya aneka jenis makanan dan termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk jantung.

Baca juga:

Makanan untuk Penyakit Jantung yang Paling Tepat Dikonsumsi
Pengobatan Alternatif Jantung Koroner yang Paling Efektif
Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mudah
Obat Alternatif dan Herbal Penyakit Jantung

Perlu Anda tahu, nutrisi yang baik untuk jantung sendiri cukup beraneka ragam. Sebut saja ada vitamin, senyawa fitonutrien, antosianin, dan masih banyak lagi. Masing-masing nutrisi tersebut memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan jantung. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Buah yg Baik Untuk Jantung Kaya Vitamin

Buah yg baik untuk jantung adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin. Khususnya vitamin B, C, D, dan E seperti yang terdapat dalam buah apel, kiwi, dan lainnya. Perlu Anda ketahui beberapa vitamin tersebut berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko sakit jantung.

Vitamin B seperti vitamin B6 dan B12 mampu mengurangi risiko serangan jantung. Sebenarnya darah manusia mengandung asam amino berupa homosistein yang berisiko mengurangi aliran darah dan menginduksi sel-sel menggumpal. Kondisi inilah yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung. Di sinilah vitamin B bekerja mengurangi tingkat homosistein darah guna menekan risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

Vitamin D atau kalsium dan juga magnesium baik untuk jantung. Vitamin ini menjaga detak jantung stabil dan menjaga tekanan darah terjaga. Sehingga jantung tetap sehat. Sementara vitamin E membantu mengurangi risiko sakit jantung sampai 40%. Di dalam tubuh vitamin E berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi darah dari kumpulan lemak. Dimana vitamin E juga membantu memangkas kolesterol jahat agar lemak tidak menggumpal di pembuluh darah arteri, sehingga aliran darah tetap lancar.

Buah yang Sehat Untuk Jantung Mengandung Senyawa Fitonutrien

Selain kaya vitamin, makanan atau buah yang baik untuk jantung juga memiliki kandungan senyawa khusus. Yakni senyawa fitonutrien yang banyak terdapat di dalam buah anggur, beri, dan sayur-sayuran. Senyawa ini sebenarnya bukan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian fitonutrien nyatanya memiliki manfaat luar biasa, baik bagi tumbuhan ataupun manusia.

Diketahui senyawa fitonutrien membantu mengoptimalkan kinerja tubuh manusia. Fitonutrien mampu mengurangi risiko penyakit, termasuk penyakit jantung. Ada banyak jenis fitonutrien yang perlu Anda ketahui. Mulai dari karotenoid, flavonoid, glucosinolates, dan betalain. Masing-masing memiliki peranan tersendiri. Adapun fitonutrien jenis karotenoid berperan aktif sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Selebihnya diketahui banyak fungsi fitonutrien. Diantaranya fitonutrien membantu memenuhi kebutuhan vitamin A, memperbaiki struktur DNA yang rusak akibat serangan radikal bebas, mendetoksifikasi senyawa karsinogen yang ada di dalam tubuh, dan membunuh sel kanker. Penuhi kebutuhan jantung Anda dengan mengonsumsi sayur dan buah yang sehat untuk jantung yang memiliki kandungan senyawa fitonutrien.

Kandungan Antosianin Buah-Buahan untuk Kesehatan Jantung

Antosianin dikenal sebagai pigmen warna pada buah dan sayur. Banyak manfaat kesehatan yang dimiliki. Hal ini karena antosianin sebenarnya termasuk antioksidan dan anti radang yang kuat guna mengurangi risiko penyakit kronis. Seperti menurunkan risiko penyakit jantung, penyakit saraf, Alzheimer, kanker, dan lainnya. Kandungan baik ini juga mampu mengendalikan kadar gula darah dan menghambat enzim pencernaan tertentu guna menekan risiko obesitas dan diabetes.

Guna mendapat manfaat luar biasa dari antosianin Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah berwarna merah, biru, atau ungu gelap. Banyak buah-buahan untuk kesehatan jantung yang memiliki kandungan antosianin. Diantaranya buah stroberi, delima, buah naga, ceri, dan berry.

Adapun seiring perkembangan teknologi, kini juga mulai dikembangkan pengolahan makanan agar memiliki kandungan antosianin. Seperti mengekstrak antosianin dari beras hitam yang kemudian digunakan dalam campuran tepung roti. Cara ini terbukti meningkatkan kandungan gizi roti yang dibuat.

Makanan Sehat Selain Buah

Tak hanya buah-buahan, ada banyak makanan sehat lain yang bisa dikonsumsi guna mendapat jantung sehat. Seperti biji-bijian utuh berupa gandum, jagung, atau beras merah yang kaya kandungan karbohidrat. Biji-bijian utuh diketahui mampu menurunkan risiko berbagai penyakit, satu diantaranya penyakit jantung.

Di dalam biji-bijian terdapat kandungan lengkap. Selain karbohidrat diketahui ada pula kandungan protein, vitamin B, mineral, serat, dan antioksidan. Untuk kandungan mineralnya sendiri cukup variatif ada zinc, zat besi, dan magnesium.

Makanan berupa kacang-kacangan juga bagus untuk kesehatan jantung. Seperti kacang merah yang juga memiliki kandungan fitonutrien. Di dalam kacang juga terdapat kandungan air dan serat tinggi yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Kandungan antioksidan di dalam kacang juga membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan paparan radikal bebas.

Imbangi diet sehat Anda dengan kegiatan olahraga yang juga bagus untuk jantung. Seperti olahraga kardio yang mencakup aktivitas berlari, lompat tali, dan bersepeda. Namun, olahraga kardio harus dilakukan dengan cara yang tepat agar berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung. Bagi pemula Anda bisa memulai olahraga secara perlahan. Dimana bila tubuh Anda sudah mulai terbiasa, Anda bisa menambah intensitas olahraga. Misalnya berolahraga selama 30 menit tiap sesinya selama 5 hari dalam sepekan.

Kegiatan olahraga yang benar bagi penderita sakit jantung sebaiknya dilakukan berdasar anjuran dokter. Tetap pantau kondisi tubuh selama berolahraga. Adapun jika Anda mendapati gejala tertentu saat sedang berolahraga dianjurkan segera berhenti dan menghubungi pihak medis. Hal ini menjadi mendesak terlebih jika ada rasa sakit seperti tekanan di dada atas.

Itulah beberapa jenis makanan buah yang baik dikonsumsi rutin dan polah hidup sehat yang harus mulai diterapkan. Makanan sehat untuk jantung baik dikonsumsi oleh penderita sakit jantung maupun Anda yang masih sehat. Karena menjaga kesehatan jantung lebih baik daripada mengobati. Sekian ulasan tentang makanan buah yang bagus untuk jantung, semoga bermanfaat.