Inilah 7 Jenis Buah yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi, karena selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sendiri juga untuk memenuhi kebutuhan gizi calon bayi yang akan lahir. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan serat.

Di Indonesia sendiri merupakan negara yang dikenal memiliki banyak sekali ragam buah-buahan yang dapat tumbuh dengan subur sehingga untuk mencari buah-buahan segar tidaklah sulit. Banyak diantara buah-buahan yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungan. Namun berikut ini adalah tujuh jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama dalam kandungan.

1. Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang. paling mudah ditemukan. Buah ini paling disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama mengandung. Karena menurut beberapa literatur kesehatan menunjukan bahwa dari hasil penelitian para ahli, rutin mengkonsumsi buah apel oleh ibu hamil dapat mengurangi resiko alergi dan asma pada bayi setelah lahir daripada ibu hamil yang jarang mengkonsumsi buah apel. Selain itu buah apel juga kaya akan serar, vitamin A dan vitamin C yang akan meningkatkan daya tahan tubuh, bukan hanya untuk janin yang dikandungnya juga untuk ibunya yang mengandung.

2. Buah Alpukat

Alpukat segar sering dijadikan sebagai jus atau pelengkap makanan yang sehat dan tidak akan membuat gemuk. Kandungan vitamin B dan vitamin C pada buah alpukat menjadikannya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Namun yang jadi pertimbangan saran ahli agar ibu hamil mengkonsumsi buah ini adalah kandungan asam folat-nya yang tinggi. Seperti diketahui biasanya ibu hamil membutuhkan asam folat untuk pembentukan otak dan sistem syaraf pada janin.

Selain vitamin B dan C, buah alpukat juga terkandung vitamin K dan berbagai zat mineral yang semuanya baik untuk tubuh. Salah satu manfaat mineral pada ibu hamil adalah untuk mengurangi rasa mual dan kram yang lazimnya dialami oleh ibu yang sedang mengandung.

3. Buah Mangga

Mangga juga bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Satu mangkuk buah mangga setiap hari dikonsumsi akan meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada bayi nantinya ketika lahir. Karena mangga merupakan salah satu buah pelopor vitamin C dan vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap orang.

4. Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang kaya akan kalium. Yang mana manfaat kalium pada pisang dapat memenuhi kebutuhan energi selama mengandung. Selain itu mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat mengurangi rasa mual yang biasa terjadi pada ibu hamil karena kandungan kalium tersebut.

Namun sebagian para Bunda ada yang justru mengalami mual ketika mengkonsumsi pisang karena efek hormonal si jabang bayi. Untuk mensiasatinya Bunda dapat mengkombinasikan buah pisang dengan buah lain atau yogurt bila perlu agar rasanya menjadi lebih enak. Namun yang pasti sangat disarankan para ibu hamil agar mangkonsumsi buah pisang. Selain kandungan kalium yang tinggi, pada buah pisang juga terkandung vitamin B6, vitamin C dan serat juga.

5. Buah Nanas

Siapa bilang buah nanas berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil? banyak para ahli dan dokter mengatakan bahwa buah nanas berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah mitos yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Lalu mengapa buah nanas adalah salah satu buah yang paling disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Pada buah nanas terkandung banyak sekali nutrisi, beberapa diantaranya adalah vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium dan asam folat. Selain itu nutrisi yang tidak kalah penting adalah zat bromelain yang justru bermanfaat untuk mengurangi resiko gangguan kehamilan seperti pendarahan. Hal ini justru terbalik dengan stigma sebagaian masyarakat yang mengatakan bahwa buah nanas dapat menyebabkan resiko keguguran.

Nanas adalah salah satu buah yang bersifat agak tajam terhadap lidah dan pencernaan. Tidak disarankan ibu hamil mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan terutama bagi Ibu yang memiliki riwayat sistem pencernaan yang kurang baik.

6. Buah Jeruk

Jeruk adalan buah yang sangat populer. Siapa yang tidak kenal buah jeruk? Buah yang kaya akan vitamin C ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain untuk mencegah dehidrasi, buah jeruk juga bagus untuk membantu mengurangi rasa mual pada saat menjalani kehamilan terutama pada trimester awal.

Jangan salah, pada buah jeruk juga sebenarnya terkandung asam folat dan serat. Namun dalam jumlah yang kecil. Buah jeruk dengan rasanya yang khas baik untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan mengganti cairan tubuh.

7. Buah-buahan yang dikeringkan

Selain enam jenis buah yang paling disarankan di atas, satu variasi yang tidak kalah bagusnya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah berbagai yang dikeringkan. Memang banyak jenis macam buah yang dapat dengan mudah diolah menjadi buah yang kering. Namun seperti dikutip dari alodokter, bahwa jenis yang bagus yang dikeringkan untuk ibu hamil adalah buah beri, aprikot dan atau kismis.

Kedua buah tersebut memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran kemih. Namun bagi ibu hamil tidak disaranakan bagi ibu hamil mengkonsumsi buah pisang yang dikeringkan karena pada umumnya buah pisang ketika dikeringkan akan menghasilkan banyak lemak dan minyak.

Jaga kebersihan buah yang dikonsumsi

Buah-buahan memang bagus untuk dikonsumsi, namun kebersihan juga menjadi yang utama. Mengkonsumsi buah-buahan yang tidak bersih malah akan menjadi bumerang bagi si Ibu dan janin yang dikandungnya seperti resiko berbagai penyakit pencernaan. Untuk itu sebelum mengkonsumsi buah, cucilah dengan air yang bersih. Jika perlu sikat secara ringan kulit buah yang telah dibeli, seperti contih pada buah apel yang sekarang ini marak dilapisi oleh zat lilin pada permukaan kulitnya agar tetap terlihat segar.

Bagi ibu hamil, tidak ada takaran pasti berapa banyak variasi buah yang harus dikonsumsi setiap harinya. Namun satu mangkok buah setiap hari dengan berbagai variasi sudah cukup bagus.

Lebih baik lagi jika mengkonsumsi buah dengan mengkombinasikannya. Misalnya Bunda dapat mengkonsumsi 1 mangkok yang berisi 2 atau 3 jenis buah setiap harinya tentu akan lebih banyak manfaat yang didapatkan dibandingkan dengan mengkonsumsi 1 jenis buah saja. Misalnya hari ini mengkonsumsi satu mangkok yang berisi buah mangga dan alpukat, besoknya pisang dan jeruk, besoknya lagi buah apel dan mangga, dan seterusnya.