Inilah Cara Hidup Sehat Menurut Islam dan Rasulullah yang Bisa Anda Terapkan Sekarang Juga!

Terlepas dari kesibukan Rasulullah SAW selama hidupnya, rupanya beliau nyaris tidak pernah sakit. Tercatat, hanya ada 2 kesempatan ketika sakit menyerang Rasulullah: demam ketika menerima wahyu lantaran rasa takut yang sangat, dan sakit yang di derita menjelang wafatnya beliau. Tapi, ada juga yang menyebutkan bahwa beliau pun pernah sakit karena ditenung dan di racun oleh wanita Yahudi pasca Perang Khaibar.

Padahal, Rasulullah punya banyak aktivitas semasa hidup, mulai dari beribadah, berdakwah, sampai ikut terjun ke medan perang. Lantas, apakah ada rahasia di balik kondisi Rasulullah yang jarang sakit? Rupanya, beliau mampu senantiasa sehat karena dapat mencegah hal-hal yang mampu mendatangkan sakit. Dan berikut ini adalah cara hidup sehat menurut Islam berdasarkan kebiasaan Rasulullah sehari-hari yang mampu mencegah risiko sakit datang.

Tidur Sehat Ala Rasulullah

Salah satu kebiasaan Rasulullah semasa hidup adalah tidur lebih awal, lalu bangun lebih awal. Beliau selalu mengajak umat untuk bangun sebelum Subuh datang, lalu menunaikan shalat Subuh di masjid. Rupanya, hal tersebut bermanfaat bagi tubuh yang mampu merasakan nikmatnya udara pagi yang lebih bersih. Dengan begitu, paru-paru pun lebih sehat dan kuat. Biasanya, Rasulullah tidur setelah isya dan bangun tengah malam, sehingga beliau tidak tidur terlalu lama. Selain itu, Rasulullah lebih sering tidur dengan memiringkan tubuh ke kanan.

Makan Sehat Ala Rasulullah

Allah SWT berfirman di dalam Surat Al-A’raf ayat 31, yang artinya: “Hai anak Adam, kenakan pakaianmu yang indah setiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Prinsip pertama adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang halal serta baik (thoyib). Artinya, selain halal, makanan pun harus bersih dan bergizi. Sedangkan prinsip kedua adalah makan secara seimbang dan tidak berlebihan. Dengan demikian, Rasulullah makan hanya sampai beliau merasa sudah cukup dan tidak pernah sampai kekenyangan, apalagi makan lagi setelah merasa kenyang.

Rasulullah bersabda: “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum merasa lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Olahraga Ala Rasulullah

Rasulullah telah menganjurkan umatnya agar berolahraga, seperti di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Dailami yang artinya: “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah.”

Dalam kehidupan sehari-hari, beliau senantiasa berjalan kaki selama beraktivitas. Misal dari rumah menuju masjid, dari masjid menuju pasar, dan dari pasar menuju rumah para sahabatnya. Rasulullah tidak senang hidup manja, dan ketika berjalan kaki maka keringat pun akan mengalir. Pori-pori kulit terbuka, aliran darah berjalan lancar, sehingga tubuh makin jauh dari risiko penyakit seperti sakit jantung.

Hati Sehat Ala Rasulullah

Salah satu sumber kesehatan utama adalah tidak marah dan tidak iri, dan tidak melakukan keduanya merupakan bukti keimanan. Keimanan di dalam diri seseorang pun akan mewujud ke dalam sikap sabar dan ikhlas, yang merupakan kunci kebahagiaan. Itulah salah satu aspek penting dalam cara hidup sehat menurut Islam yang perlu diterapkan kaum muslim kapanpun dan dimanapun.