Inilah Daftar Berbagai Makanan yang Baik untuk Jantung Anda!

Kombinasi antara gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kondisi jantung dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Pilihan makanan yang ideal bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung secara umum tidak boleh mengandung kolesterol jahat. Dengan begitu, makanan seperti makanan instan, kemasan, dan cepat saji wajib Anda hindari.

Lantas, apa saja jenis makanan yg baik untuk jantung yang dapat Anda konsumsi dengan aman? Ini dia daftarnya!

makanan sehat untuk jantung

Kacang

Konsumsi beragam jenis kacang, sepertt kacang merah, yang baik untuk jantung. Idealnya, jumlah yang dikonsumsi adalah kira-kira 3 cangkir per minggu. Berbagai jenis kacang yang segat mengandung fitonutrien, serat, dan air yang baik untuk jantung dan dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat untuk perut Anda. Jadi, Anda bisa terhindar dari risiko mengonsumsi terlalu banyak kalori. Kacang pun kaya antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel karena radikal bebas.

Biji-Bijian Utuh

Beragam jenis biji-bijian utuh seperti beras merah, gandung, dan jagung adalah pilihan ideal untuk sumber karbohidrat bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung. Selain itu, biji-bijian utuh pun mengandung serat, protein, antioksidan, mineral (seperti magnesium, zinc, dan zat besi), dan vitamin B.

Apel

Risiko penyakit jantung diyakini dapat ditekan dengan mengonsumsi 1 sampai 2 apel setiap hari. Hal ini dikarenakan kemampuan apel untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat secara efektif di dalam tubuh sekaligus mengatur kadar gula darah. Selain fitonutrien, apel pun mengandung epicatechin yang sama-sama baik untuk jantung karena kaya akan antioksidan dan mampu mengurangi tekanan darah.

Bawang Putih

Jenis umbi yang satu ini sudah lama diketahui kalau tidak memberikan pengaruh apapun pada tekanan darah, sehingga dapat Anda konsumsi dengan aman setiap hari, terutama tanpa digoreng. Apalagi bawang putih dapat digunakan sebagai pengganti garam pada makanan sehingga makanan teta[ terasa gurih.

Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda dan jantung Anda, apalagi mengingat fakta bahwa konsumsi garang yang tinggi berarti risiko tekanan darah tinggi yang lebih besar, yang kemudian dapat memicu serangan stroke atau penyakit jantung.

Teh Hijau

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau setiap hari akan menurunkan riisko kematian karena serangan stroke atau jantung sebesar 25%. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati agar tidak minum terlalu banyak teh hijau yang justru dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Jadi, jika Anda banyak minum teh hijau, imbangi juga dengan banyak minum air putih untuk mengindari risiko dehidrasi atau masalah pada saluran kemih.

Anggur

Kandungan serat dan flavonoid di dalam anggur punya manfaat yang serupa dengan apel, yaitu baik untuk mencegah masalah pada jantung, sehingga buah yang satu ini pun merupakan salah satu jenisĀ makanan yg baik untuk jantung.