Inilah Efek Samping Melembabkan Bibir Kering dengan Cara Menjilat Bibir

Bibir kering justru menjadi dilema tersendiri saat beraktivitas, bukan hanya membuat Anda semakin tidak percaya diri, namun juga hal tersebut menandakan bahwa Anda telah mengalami kondisi tertentu seperti sariawan, atau kekurangan cairan tubuh.

Pada saat bibir terasa kering, cara yang paling praktis adalah dengan menjilati bibir dengan lidah yang akan membuat bibir Anda lembab seketika. Namun benarkah demikian? ada beberapa hal yang perlu anda ketahui seputar melembabkan bibir dengan cara menjilati bibir dengan lidah.

Pada saat menjilat bibir dengan tujuan melembabkan bibir. Memang benar adanya seketika bibir Anda akan terasa lembab. Namun jangan salah itu hanyalah sesaat saja. Sebenarnya ketika bibir Anda kering dan menjilatinya, hal tersebut hanyalah akan membuat bibir Anda semakin kering.

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak seperti halnya bagian kulit lain dalam tubuh. Semakin sering Anda menjilati bibir pada saat bibir Anda kering, maka hal tersebut akan semakin membuat bibir Anda semakin kering.

Hal yang baik yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi bibir kering adalah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut.

Jaga cairan tubuh agar selalu cukup

Tubuh seseorang memerlukan cairan setiap aktivitasnya. Cairan tubuh tentu saja berasal dari air minum yang Anda minum setiap harinya. Bibir kering atau pecah-pecah merupakan salah satu gejala dari kekurangan cairan tubuh. Untuk itu minumlah air putih sesuai dengan anjuran ahli kesehatan, yakni minimal sebanyak 8 gelas per harinya.

Hal ini akan menjaga cairan tubuh Anda tetap terjaga setiap harinya terutama yang melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga. Selain itu cairan tubuh yang cukup akan mencegah bibir menjadi kering.

Gunakan kosmetik pelembab bibir

Ketika Anda mengalami bibir kering, menggunakan kosmetik pelembab bibir adalah sesuatu yang diperbolehkan asalkan produk kosmetik tersebut tidak berbahaya dan sudah mengantongi izin BPOM. kosmetik pelembab bibir memang dapat membantu mengatasi bbir kering.

Jika Anda akan menggunakan produk pelembab, usahakan hindari bahan kosmetik pelembab bibir yang mengandung mentol, karena biasanya dapat membuat bibir anda menjadi iritasi dalam jangka waktu lama. Juga kalau bisa hindari peggunaan pelembab bibir yang mengandung rasa karena biasanya Anda akan lebih sering menjilati bibir akibat enaknya dari rasa pelembab bibir tersebur. Dan tentu saja hal tersebut kurang direkomendasikan.

Hindari mengelupasi kulit bibir yang kering

Mengelupasi bibir yang kering biasanya terjadi pada anak-anak atau remaja yang sudah kesal atau tidak tahan dengan “gatalnya jari tangan” ingin sekali mencabut bagian bibir yang sudah kering akut. Parahnya lagi, bukan hanya anak-anak dan remaja. Orang tua diatas 30 tahun pun banyak yang melakukannya.

Mulai dari sekarang hindari mengelupasi kulit bibir yang kering karena akan menyebabkan rasa sakit yang lumayan, juga biasanya akan timbul pendarahan kecil pada bibir. Hal tersebut tentu bukan solusi yang baik, malah akan menyebabkan bibir anda memiliki bekas luka dan akan sembuh dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Hindari kosmetik yang bisa membuat bibir Anda Alergi

Tanda kita sadari banyak sekali kosmetik bibir yang dapat membuat bibir Anda alergi bahkan iritasi. Hal ini disebabkan karena bahan kimia pada kosmetik tersebut tidak cocok dengan jenis bibir Anda. Ketika bibir anda sedang kering, makan hindari penggunaan kosmetik yang bisa menyebabkan alergi. Hal ini tidak bisa disebutkan secara spesifik.

Namun hal tersebut hanyalah dari Anda sendiri yang bisa merasakan hal-hal seperti kurang nyaman pada bibir, atau ketika menggunakan kosmetik tersebut dirasa membuat bibir Anda semakin kering atau gatal.

Meskipun kosmetik bibir Anda telah mengantongi izin BPOM, belum tentu juga cocok untuk kondisi bibir Anda. Menurut beberapa literatur mengatakan bahwa banyak kosmetik bibir yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi adalah kosmetik yang banyak mengandung pewangi dan pemutih kulit.

Demikian penjelasan mengenai efek samping melembabkan bibir kering dengan cara menjilat bibir.