Inilah Manfaat Buah Manggis Yang Sebenarnya

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang diberi nama ilmiah “Garcinia Mangostana” ini memiliki rasa yang manis dan asam yang tidak terlalu pekat namun masih segar di mulut. Buah manggis disebut juga ratu buah karena kandungan khasiat yang ada pada buah tersebut. Ternyata sejak dahulu buah manggis ini memang sudah dijadikan sebagai obat herbal, baik buahnya maupun kulit manggis itu sendiri.

Buah manggis adalah salah satu buah yang direkomendasikan oleh para ahli untuk menjaga kesehatan karena salah satu kandungan yang terkenal yang terdapat pada buah manggis ini adalah kadar antioksidannya yang tinggi sehingga ampuh untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.manfaat-buah-manggis-yang-sebenarnya

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa didalam buah manggis terdapat lebih dari 40 senyawa kimia alami yang disebut dengan Xamthone. Banyak manfaat dari senyawa Xamthone ini yang berguna untuk tubuh.

Buah Manggis  Sebagai Antibakteri

Manfaat buah manggis yang sebenarnya menurut para ahli ialah dalam mengkonsumsi buah manggis dapat memberikan efek pencegahan terhadap penyebaran infeksi bakteri yang mengakibatkan antibiotik pada tubuh tidak berfungsi. Salah satu yang berperan aktif dalam pencegahan antibakteri ini adalah senyawa yang disebut dengan alpha mangostin yang sangat efektif dalam menangkal bakteri Staphylococcus Aureus bakteri Enterococci.

Selain buah manggis dapat mecegah antibakteri, buag ini juga dapat dikonsumsi beriringan dengan obat terutama obat antibiotik konvensional yang tidak akan menyebabkan efek samping amapun.

Buah Manggis sebagai Obat Jerawat dan Diare

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli di berbagai negara maju mengungkapkan bahwa kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada buah manggis dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Hal ini karena senyawa alpha mangostin yang dapat melawan bakteri-bakteri jahat dan tetap mempertahankan bakteri-bakteri baik yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat buah manggis yang sebenarnya dapat membunuh bakteri yang ada pada sistem pencernaan sehingga ampuh untuk pengobatan diare. Diare disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh, baik melalui tangan, kaki atau mulut yang sampai di alat pencernaan.

Buah manggis juga sangat efektif sebagai terapi herbal untuk mencegah penyakit diabetes dan kanker karena zat xamthone yang terdapat pada ratu buah ini memili kandungan anti oksidan paling tinggi yang dapat menangkal radikal bebas diantara buah-buah lainnya.

Bagi yang tidak suka mengkonsumi buah manggis ini tidak ada salahnya untuk mencoba mengingat besar manfaat yang dapat diperoleh dari buah manggis ini.