Inilah Manfaat Jus Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Bagi sebagian daerah, buah mengkudu adalah salah satu buah yang cukup jarang ditemui. Entah sedikit orang yang menyukai buah mengkudu ini atau tidak banyak orang yang membudidayakan-nya karena ditinjau dari segi bisnis dianggap sebagian orang kurang berprospek. Namun jangan salah, ternyata buah mengkudu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Morinda Citrifolia, ya itulah nama lain dari buah mengkudu, yang mana buah ini termasuk kedalam keluarga Rubiaceae. Di Indonesia buah mengkudu banyak disebut sebagai buah pace atau cangkudu. Berbeda dengan penamaan di luar negeri, orang barat biasa menyebut buah ini dengan buah Noni (Noni Fruit).

manfaat jus buah mengkuduMelalui berbagai informasi yang didapat, ternyata sejak zaman dahulu buah mengkudu sudah banyak dikonsumsi sebagai obat herbal, tidak terkecuali jus buah mengkudu. Buah mengkudu memiliki rasa yang relatif pahit dan kurang enak, namun dengan mengkonsumsinya sebagai jus, rasanya akan lebih enak dan manis dari biasanya sehingga manfaat nutrisi dari buah ini dapat dirasakan sepenuhnya.

Jika anda ingin terbebas dari diabetes, minumlah jus mengkudu. Jus mengkudu ini tidak harus dikonsumsi setiap hari namun minumlah secara rutin minimal seminggu sekali. Terkecuali untuk pengobatan terapi herbal untuk penyakit diabetes misalnya, dapat diminum setiap hari sesuai dengan kebutuhan.

Seorang peneliti dari Amerika yang bernama Dr. Neil Solomon, MD.PhD telah membuktikan melalui penelitiannya mengenai jus mengkudu ini, yang mana hampir dari 2500 orang penderita diabetes telah menjalani terapi herbal jus mengkudu. Hasilnya 83% dari penderita diabetes tersebut mengalami kesembuhan. Sisanya hanya mengalami penurunan kadar diabetes yang lebih baik.

Selain untuk pengobatan dan pencegahan diabetes, jus mengkudu juga efektif dalam membantu penyembuhan penyakit hipertensi yang dapat menurunkan tekanan darah hingga lebih dari 80%. Sedangkan jika dikonsumsi oleh orang normal, maka tekanan darah akan menjadi lebih stabil.

Selain bagus untuk terapi pengobatan berbagai penyakit, manfaat jus mengkudu jika dikonsumsi oleh orang normal sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan memperlebar saluran pembuluh darah karena didalam jus mengkudu terdapat semacam zat yang disebut dengan scopotelin yang ampuh untuk membunuh bakteri jahat, dan sebagai anti peradangan yang bisa menyebabkan alergi.

Secara logika, dengan manfaat itulah jus mengkudu dapat membantu dalam penyembuhan hipertensi, arthritis, kanker, diabetes dan jantung koroner karena hubungan penyebab penyakit tersebut ada keterkaitan dengan manfaat dari jus mengkudu.

Penyakit-penyakit ganas yang dapat menyerang tubuh dapat disebabkan dari hal-hal spele yang terkadang tidak diketahui penyebabnya secara pasti misalnya dari pola makanan yang kurang sehat, faktor usia, jarang berolahraga dan lain-lain. Oleh karena itu manfaat buah mengkudu merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjalani pola hidup sehat.

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah yang ada pada tubuh kita, jus mengkudu sangat cocok untuk dijadikan minuman kesehatan yang dapat diminum secara rutin, bahkan setiap hari karena tidak ada efek samping yang dapat mengganggu kinerja organ lain.