Inilah Pola Hidup Sehat Lansia Agar Tetap Jauh dari Penyakit Kronis!

Begitu usia bertambah, tubuh bukan hanya jadi tak lagi sekuat dulu, tapi juga lebih berisiko terserang penyakit. Sebab, usia memang adalah salah satu faktor risiko bermacam penyakit, seperti demensia, osteoarthritis, diabetes, dan sebagaiya.

Meski demikian, apakah menjadi lansia sehat adalah hal yang mustahil? Tentu saja tidak! Tapi, yang perlu diingat adalah fakta bahwa kesehatan adalah investasi, yang artinya perlu dilakukan sedini mungkin. Meskipun Anda masih merasa sehat, jangan sampai Anda menyesal nantinya setelah tubuh jadi semakin tua dan tak lagi sekuat saat muda.

Berikut ini adalah beberapa langkah pola hidup sehat lansia yang perlu Anda terapkan dan jadikan kebiasaan mulai dari sekarang.

Terapkan Pola Makan Sehat

Ada berbagai penyakit kronis yang diakibatkan pola makan tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi makanan manis atau makanan tinggi garam dan lemak. Untuk mencegahnya, ubah pola makan dan pilih jenis-jenis makanan kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

pola hidup sehat lansia

Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur, sumber protein, seng, kalsium, vitamin B12, dan asam folat. Pilih makanan dengan kandungan lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.

Selain mengubah menu, ubah juga kebiasaan makan Anda. Singkirkan camilan tak sehat, terutama makanan manis, minuman ringan, dan makanan padat energi. Jenis-jenis makanan dan minuman tersebut hanya menambah asupan kalori tanpa memberikan nutrisi penting lain untuk tubuh. Hentikan juga kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok.

Fisik Harus Aktif

Tubuh yang senantiasa aktif akan bermanfaat untuk kesehatan jantung serta metabolisme tubuh. Tubuh yang aktif pun dapat membantu Anda menjaga berat badan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Jenis aktivitas fisik yang direkomendasikan adalah aktivitas yang melatih keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan, serta olahraga aerobik.

Jika Anda punya kebiasaan duduk diam atau santai dalam waktu panjang, kurangi durasinya agar tidak malas bergerak yang dapat menimbulkan risiko obesitas. Sebab obesitas pun salah satu faktor risiko berbagai penyakit kronis.

Jaga dan Kendalikan Berat Badan

Hal ini juga tak kalah pentingnya bagi Anda yang ingin terhindar dari serangan berbagai penyakit kronis sampai tua nanti. Berat badan Anda akan sangat dipengaruhi oleh seberapa aktif tubuh Anda serta seperti apa pola makan yang diterapkan.

Keseimbangan di antara keduanya akan membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan yang ideal. Dan meskipun lansia tidak selalu wajib menurunkan berat badan, setidaknya penerapan pola hidup sehat akan membantu mencegah lonjakan kenaikan berat badan untuk kualitas hidup yang baik dan sehat.

Penuaan adalah akibat dari penumpukan berbagai kerusakan pada molekul dan sel dari masa ke masa, maka akibatnya adalah menurunnya kapasitas mental dan fisik dan meningkatnya risiko penyakit.

Dengan menerapkan tiga hal tersebut diatas mulai dari sekarang juga dan menjadikannya kebiasaan hidup sehari-hari Anda, maka risiko penyakit di usia senja pun tak perlu jadi kekhawatiran Anda. Itulah pola hidup sehat lansia.