Jaga Kulit Tetap Bersih dan Segar dengan Tips Menghilangkan Jerawat di Wajah! Pasti Ampuh!

Jerawat memang merupakan sebuah masalah kulit yang umum dialami oleh orang-orang. Meski demikian, bukan berarti jerawat bisa disepelekan begitu saja. Apalagi ada berbagai jenis jerawat yang dapat muncul, dan semuanya sering kali mampu merusak tampilan kulit wajah seseorang.

Bahkan, ada juga jerawat yang sampai menimbulkan rasa sakit pada seseorang, terutama jerawat yang meradang. Karena itulah, jangan heran kalau banyak orang yang jadi kurang percaya diri karena wajah mereka yang berjerawat, sehingga mereka akan tempuh berbagai cara untuk menghilangkan jerawat di wajah mereka.

Mengapa Jerawat Bisa Muncul?

Ada beberapa alasan mengapa jerawat muncul di wajah. Akan tetapi, pada intinya, kemunculan jerawat diakibatkan oleh adanya percampuran antara minyak pada kulit dengan sel-sel kulit mati, sehingga pori-pori kulit pun jadi tersumbat.

menghilangkan jerawat di wajah

Jika ada bakteri yang tumbuh pada campuran minyak dengan sel kulit mati tersebut, maka jerawat akan jadi semakin parah. Hal tersebut ditandai dengan jerawat yang membengkak, memerah, dan bahkan sampai bernanah dan menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, penyebab timbulnya jerawat pun bisa jadi dikarenakan faktor-faktor sebagai berikut:

Puberitas.

Masa pubertas yang dialami para remaja adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Penyebabnya adalah produksi sebum oleh kelenjar minyak yang meningkat lantaran peningkatan produksi hormon testosteron.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami dan Cepat tanpa Efek Samping
Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Minyak di Wajah dengan Tepat
Apakah Kuning Telur Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi dan Timbulnya Jerawat?
Manfaat Daun Jambu Biji untuk Jerawat dan Kecantikan

Perubahan hormon.

Penyebab jerawat yang satu ini umumnya dialami orang dewasa, terutama perempuan. Penyebabnya adalah adanya momen-momen tertentu yang memicu terjadinya perubahan hormon, seperti ketika menstruasi dan hamil.

Penggunaan make up secara berlebihan.

Make up yang dipakai berlebihan, apalagi sampai tidak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan jerawat karena menjadi kotoran yang menyumbat pori-pori kulit tersebut. Pilihan make up yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda pun dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Terlalu sering mencuci muka.

Anda barangkali berpikir kalau jerawat timbul karena kurang rajin membersihkan wajah, sehingga Anda melakukannya sampai 3-4 kali sehari. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya produksi minyak yang signifikan, yang justru menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal ke otak untuk memproduksi lebih banyak minyak lagi.

Batasi frekuensi cuci muka sebanyak 2 kali sehari saja dengan penggunaan produk pembersih wajah yang bersifat ringan atau lembut, bukan yang keras.

Kotornya layar HP.

Tahukah Anda kalau layar smartphone Anda penuh dengan bakteri? Bahkan, ada penelitian yang membuktikan kalau smartphone 18 kali lebih kotor dan memiliki lebih banyak bakteri jahat, bahkan ketika dibandingkan dengan pegangan pintu toilet umum. Jadi, sebaiknya Anda rutin membersihkan layar smartphone dan hindari memegang wajah jika Anda baru saja memegang smartphone.

Konsumsi makanan yang tidak sehat.

Apa yang Anda konsumsi pun dapat memicu tumbuhnya jerawat dari dalam, terutama jika Anda banyak mengonsumsi makanan tak sehat dengan kandungan lemak tinggi.

Kebiasaan memencet jerawat.

Sering gatal ingin memencet dan memecah jerawat ketika jerawat muncul? Stop kebiasaan tersebut sekarang juga, karena hal tersebut justru akan memperparah kondisi jerawat Anda! Sebab, tangan Anda belum tentu bersih dan memencet jerawat hanya akan menyebabkan timbulnya luka bekas jerawat.

Solusi Atasi Jerawat

Penggunaan produk-produk perawatan wajah yang diformulasi agar dapat mengatasi masalah jerawat sering kali jadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menghilangkan jerawat di wajah, termasuk Anda. Akan tetapi, tahukah Anda kalau cara mengatasi jerawat dengan cepat pun dapat Anda lakukan dengan cara yang aman dan alami? Selain itu, perhatikan juga kebiasaan sehari-hari Anda, bukan hanya ketika mencuci wajah saja, tapi juga pilihan produk perawatan wajah Anda.

Bersihkan Wajah dengan Cara Tepat

Agar jerawat hilang dan kulit wajah kembali bersih, mulai dengan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut 2 kali sehari. Jika jerawat juga timbul di area rambut, maka rajin-rajinlah keramas, paling baik setiap hari.

Untuk mengatasi jerawat yang aktif, justru Anda sebaiknya menghindari produk-produk dengan kandungan seperti scrub, astringents, dan masker yang justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memperparah jerawat tersebut.

Menghilangkan Jerawat di Wajah dengan Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Bahan yang satu ini sudah semakin banyak digunakan oleh berbagai produk untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Bahkan, produk seperti gel yang hanya memiliki kandungan 5% tea tree oil kira-kira sama efektifnya dengan lotion dengan kandungan 5% benzoyl peroksida, yaitu bahan yang sudah sejak lama digunakan untuk produk perawatan kulit berjerawat.

Meskipun produk tea tree oil lebih lambat dalam mengobati kulit berjerawat, hasilnya pun cukup efektif. Dan ketika menggunakan produk seperti ini, Anda perlu memperhatikan bahwa tea tree oil dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kulit yang jadi kemerahan. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan penggunaan produk dengan cermat.

Menghilangkan Jerawat di Wajah dengan Ekstrak Teh Hijau dan Lidah Buaya

Anda juga dapat menerapkan cara alami ngilangin jerawat lainnya, yaitu dengan campuran ekstrak teh hijau dengan lidah buaya. Meskipun sebuah produk hanya mengandung 2% ekstrak teh hijau, efeknya dalam mengurangi jerawat tetaplah terasa efektif. Selain itu, gel lidah buaya yang dikombinasikan dengan produk obat jerawat seperti tretinoin pun mampu mengatasi jerawat dengan aman.

Pelembab Bebas Minyak dengan Sunscreen

Meskipun Anda punya kulit berminyak, yang sering kali jadi penyebab timbulnya jerawat, jangan sampai Anda tidak menggunakan pelembab wajah. Justru, pilih pelembab wajah bebas minyak, misalnya yang berbahan dasar air.

Selain itu, gunakan juga sunscreen alias tabir surya untuk mencegah efek buruk sinar UV dari matahari yang dapat memperparah kondisi jerawat. Apalagi, ada jenis-jenis obat jerawat tertentu yang memang bisa membuat kulit lebih rentan dan sensitif terhadap terpaan sinar matahari, sehingga Anda perlu berhati-hati.

Gunakan Masker Berbahan Alami

Bagi Anda yang ingin menjajal masker berbahan alami bikinan rumah alias homemade untuk mengatasi dan mencegah jerawat secara alami, Anda dapat menggunakan madu mentah yang masih alami alias murni. Bahkan, penggunaan madu untuk masker jerawat pun bisa bantu menyingkirkan luka bekas jerawat.

Selain madu, bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah kayu manis yang punya kandungan antioksidan dan antibakteri.

Keduanya dapat dicampur untuk masker jerawat berbahan alami yang mudah dan murah. Anda cukup mencampurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis, lalu masukkan campuran tersebut ke dalam microwave hanya selama 30 detik. Pastikan pastanya sudah tidak lagi terasa terlalu panas, baru kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan masker selama kira-kira 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Perbaiki Gaya Hidup Anda

Kebiasaan Anda sehari-hari pun akan sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda, apalagi jika kondisi dan jenis kulit Anda memang rentan berjerawat. Jadi, Anda pun dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan sehat sebagai bentuk pengobatan jerawat dari dalam, menghindari stres, menghindari paparan polutan atau kotoran yang berlebih, dan berolahraga secara teratur dengan menjalankan pola hidup sehat.

Bagi Anda yang punya masalah jerawat, terutama yang sudah terbilang parah kondisinya, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk diagnosis dan pilihan penanganan maupun pengobatan yang tepat.