Jaga Tubuh Anda dan Janin Tetap Sehat Selama Kehamilan dengan Pola Hidup Sehat Ibu Hamil

Begitu Anda mengandung, makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda juga akan diserap oleh janin. Karena itulah jaga agar asupan gizi Anda tepat, sehat, dan seimbang demi kesehatan Anda dan calon buah hati di dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk pola hidup sehat ibu hamil yang wajib Anda cermati dan terapkan mulai dari sekarang!

Perhatikan Asupan Gizi Anda

Selama masa kehamilan, Anda akan membutuhkan lebih banyak asupan vitamin, mineral, dan protein. Misalnya zat besi dan asam folat. Jadi, pastikan bahwa pola makan Anda selama hamil juga sehat. Perhatikan beberapa poin penting berikut ini:

  • Terapkan pola makan sehat, bukannya makan lebih banyak.
  • Variasikan menu yang sehat agar tubuh mendapatkan seluruh nutrisi penting yang dibutuhkan.
  • Jumlah asupan kalori per hari berdasarkan AKG Indonesia 2013 adalah 180 kkal untuk trimester pertama, 300 kkal untuk trimester kedua, dan 300 kkal untuk trimester terakhir.
pola hidup sehat ibu hamil

Hindari Kafein dan Alkohol

Minuman beralkohol atau kafein memiliki risiko yang menimbulkan gangguan pertumbuhan janin. Jadi, hindari konsumsi minuman dengan kandungan kafein dalam jumlah banyak, seperti teh, kopi, dan soda. Sedangkan konsumsi minuman beralkohol selama kehamilan meningkatkan risiko terjadinya cacat fisik, masalah emosional, dan keterbelakangan mental pada bayi. Apalagi alkohol pun meningkatkan risiko keguguran.

Suplemen Tambahan Selama Kehamilan

Sekali lagi, selama Anda hamil, Anda perlu mendapatkan seluruh nutrisi yang tubuh Anda dan janin butuhkan. Dan untuk menjaga agar jumlah yang dibutuhkan tercukupi, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang telah difortifikasi.

Selain itu, minum susu khusus ibu hamil yang telah difortifikasi pun dapat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari dokter soal penggunaan suplemen tersebut agar jumlahnya memang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dari beragam vitamin dan mineral yang tubuh Anda butuhkan, pastikan kebutuhan asam folat Anda pun tercukupi. Idealnya, dibutuhkan kira-kira 600 mcg asam folat setiap harinya. Selain itu, ibu hamil pun membutuhkan asupan zat besi, kolin, dan kalsium untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Hindari Diet

Bertambahnya berat badan selama kehamilan adalah hal yang lumrah. Selama Anda menerapkan pola makan sehat selama masa kehamilan, pertambahan berat badan yang dialami idealnya tidak sampai pada kondisi yang memprihatinkan.

Karena itulah jangan lupa untuk teratur memeriksakan diri Anda dan kandungan selama masa kehamilan untuk mendapatkan anjuran soal asupan nutrisi dan pola makan sebagai bagian dari pola hidup sehat ibu hamil dari dokter Anda.

Jadi, jangan sampai Anda melakukan diet selama hamil karena hal tersebut jelas akan mengurangi asupan kalori, asam folat, zat besi, serta vitamin dan mineral penting lainnya yang Anda dan janin butuhkan.