Jangan Makan Buah Naga Sebelum Tahu Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Ini!

Buah naga, atau yang juga dikenal dengan nama pitaya, adalah jenis buah yang tumbuh di kawasan beriklim tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan dan Asia, termasuk Indonesia. Kulitnya yang nampak seolah bersisik seperti sisik naga inilah yang menjadi asal mula namanya; dalam bahasa Inggris, buah ini pun dikenal dengan nama dragon fruit.

Selain rasanya yang segar dan tidak terlalu manis, buah naga pun terkenal akan kandungan gizinya. Dengan begitu, buah ini pun juga menjadi favorit masyarakat karena manfaatnya bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan? Berikut ulasan ringkasnya.

Mencegah Penuaan Dini

Terdapat kandungan zat antioksidan yang ada di dalam buah naga. Zat ini memiliki segudang manfaat, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Dan salah satunya adalah untuk menjaga agar kulit senantiasa elastis dan kencang, dan memperlambat timbulnya kerutan halus atau kulit yang jadi kusam, yang juga diakibatkan oleh radikal bebas.

manfaat buah naga untuk kesehatan

Radikal bebas inilah yang dapat ditangkis oleh antioksidan, termasuk vitamin C yang banyak terkandung di dalam buah naga. Selain itu, ada juga kandungan fosfor dan dosdolipid sebagai komponen utama membran sel, sehingga penuaan dini pun dapat dicegah, termasuk pada kulit.

Mencegah Kanker

Selain vitamin C, kandungan lain yang juga banyak terdapat di dalam buah naga adalah karoten. Zat ini punya kualitas antikarsinogen, alias anti kanker. Dengan begitu, salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan pun termasuk pengurangan jumlah tumor. Selain itu, ada juga kandungan likopen yang ada pada pigmen warna merah kulit buah naga untuk mengurangi risiko penyakit kanker prostat.

Menjaga Kondisi Jantung

Manfaat lain dari buah naga adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, sambil meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh pada saat yang bersamaan. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap tekanan darah seseorang, yang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko serangan jantung. Apalagi, buah naga pun merupakan salah satu sumber lemak jenuh tunggal yang sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ penting lainnya, termasuk hati.

Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah naga bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Dengan demikian, buah ini pun mampu menghambat terjadinya lonjakan kadar gula bahkan setelah mengonsumsi makanan yang punya kadar indeks glikemik tinggi.

Jika Anda adalah seseorang yang berisiko terserang diabetes, atau bahkan sudah didiagnosis dengan penyakit ini, maka Anda sudah tahu bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi perlu dihindari untuk mencegah risiko karena kadar gula darah yang tiba-tiba meningkat.

Itulah beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Bukan hanya punya bentuk menarik dan lezat saat disantap, buah ini pun tak kalah bermanfaat, kan?