Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Semua Usia

Beberapa tahun silam, buah naga barangkali adalah jenis buah yang sangat asing di telinga Anda. Tapi, buah naga atau pitaya saat ini sudah jadi salah satu pilihan buah yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat.

Bentuknya yang unik dengan mudah menarik perhatian. Dan dengan rasa yang segar serta kandungan gizi yang berlimpah menjadikan buah naga cocok dinikmati langsung maupun diolah menjadi minuman atau makanan sehat lainnya. Apalagi, sudah ada banyak laporan penelitian yang membuktikan manfaat buah naga untuk kesehatan.

Mengenal Buah Naga

manfaat buah naga untuk kesehatan

Buah naga tumbuh pada kaktus Hylocereus, yang juga dikenal dengan Honolulu Queen, yaitu tanaman kaktus yang bunganya mekar hanya di malam hari. Tanaman tersebut berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Akan tetapi, mengikuti kepopuleran buah naga, tanaman tersebut sekarang dapat ditemukan dengan mudah nyaris di berbagai penjuru dunia, terutama di daerah tropis termasuk di kawasan Asia.

Namanya sendiri berasal dari penampilan buah naga yang unik: kulitnya berwarna merah terang dengan “sisik” berwarna hijau yang mirip seperti sisik naga. Daging buahnya berwarna putih dengan biji berwarna hitam. Ada juga varietas buah naga dengan daging buah berwarna merah dan biji hitam, namun jenis yang ini tidak seumum varietas yang satunya. Selain itu, ada juga buah naga kuning yang punya kulit berwarna kuning, daging buah berwarna putih, dan biji berwarna hitam.

Dari segi penampilan, memang buah naga punya wujud yang terbilang eksotis. Akan tetapi, Anda yang pernah mencicipinya pasti sudah tahu kalau rasa buah naga terbilang familiar karena mirip dengan rasa buah-buahan lainnya. Bahkan, banyak yang mendeskripsikan rasa buah naga seperti campuran antara kiwi dan pir, sehingga rasanya segar dan tidak terlalu manis. Daging serta biji buah naga pun dapat langsung dikonsumsi secara bersamaan.

Baca juga:

Cara membedakan buah naga merah dan putih

Bolehkah ibu hamil makan buah naga?

Bagaimana cara Memilih Buah Naga yang Baik?

Kandungan Gizi Buah Naga

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram buah naga:

  • Kalori: 52.
  • Lemak: 0,4 gram.
  • Protein: 1,1 gram.
  • Karbohidrat sederhana: 11 gram (terutama yang terdiri atas fruktosa dan glukosa);
  • Serat: 3 gram (dapat dikonsumsi secara teratur dan bermanfaat membantu kinerja saluran pencernaan); dan
  • Nutrisi-nutrisi lainnya, seperti Vitamin C (34% dari kebutuhan harian), zat besi (10,6% dari kebutuhan harian), riboflavin (2,9% dari kebutuhan harian), dan thiamin (2,7% dari kebutuhan harian).

Kandungan Antioksidan pada Buah Naga

Terdapat beberapa jenis antioksidan yang terkandung di dalam buah naga. Zat ini tentunya memperkaya manfaat buah naga bagi kesehatan karena kemampuannya dalam menangkal serta melawan radikal bebas. Dengan begitu, tubuh pun jadi lebih sehat secara keseluruhan, penyakit kronis dapat dicegah, dan penuaan dini dapat dihambat. Khasiat yang satu inilah yang memberikan manfaat buah naga buat kesehatan maupun untuk kecantikan.

Beberapa antioksidan yang terkandung di dalam buah naga misalnya:

  • Likopen untuk mencegah risiko kanker prostat. Zat antioksidan ini terkandung di dalam batalain alias pigmen merah yang ada pada buah naga.
  • Flavonoid untuk meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.
  • Hydrozycinnamates untuk membantu mencegah kanker.

Kandungan Gizi Buah Naga Merah, Putih, dan Kuning

Nah, sebelumnya sudah disinggung secara sekilas bahwa ada varian buah naga merah dan kuning. Selain itu, ada juga buah naga putih dan bahkan hitam. Lantas, apa perbedaan di antara keempat jenis buah naga tersebut? Apakah ada perbedaan dalam hal manfaat buah naga bagi tubuh, selain perbedaan dari warnanya saja? Berikut ini ulasan singkatnya!

  • Buah naga merah.

Komponen antioksidan di dalam buah naga merah termasuk tinggi. Selain itu, ada juga kandungan senyawa fenol di dalamnya yang juga dapat mencegah penuaan dini serta risiko kanker. Betasianin yang terdapat di dalamnya mampu mencegah risiko obesitas karena makanan, resistensi atau kekebalan insulin, dan penyakit hati. Buah naga merah pun dapat dikonsumsi untuk melengkapi terapi berbagai penyakit metabolik yang dapat mengakibatkan masalah jantung..

  • Buah naga putih.

Kandungan antioksidan di dalam buah naga putih memang lebih sedikit dibandingkan yang ada di dalam buah naga merah, tapi tetap memberikan manfaat buah buahan untuk kesehatan. Jadi, penderita diabetes juga dapat mengkonsumsinya dengan aman asal dalam jumlah cukup karena kandungan gula alaminya juga sama-sama sedikit.

  • Buah naga kuning.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan penglihatan Anda dan keluarga, buah naga kuning adalah pilihan yang baik dan lezat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang ada pada buah naga kuning lebih banyak. Jadi, Anda yang ingin merasakan manfaat buah naga untuk anak, coba mulai tambahkan buah ini ke dalam bekal atau camilan buah hati Anda!

  • Buah naga hitam.

Serupa dengan buah naga merah, daging buah naga hitam pun punya warna yang lebih pekat. Kemudian, buah naga hitam pun memiliki kandungan betakoritin yang tinggi sehingga dapat menjadi makanan sumber antioksidan serta membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Buah Naga untuk Mencegah Diabetes, Kanker, dan Penyakit Jantung

Selain Vitamin C, buah naga juga mengandung karoten yang memiliki kualitas antikarsinogen sehingga dapat mencegah kanker.

Di samping itu, ada kandungan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh, namun sayangnya tubuh tidak dapat memproduksinya. Buah naga pun mengandung asam lemak oleat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan begitu, manfaat buah naga untuk kesehatan yang dapat Anda rasakan adalah kesehatan jantung yang terjaga.

Selain kadar gula alami yang cukup rendah, buah naga pun kaya serat. Dengan begitu, mengkonsumsi buah naga pun dapat menstabilkan kadar gula darah, sehingga membantu menghambat lonjakan jumlah gula setelah mengonsumsi makanan yang punya indeks glikemik tinggi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tingginya kandungan Vitamin C di dalam buah naga pun membuat buah ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Selain Vitamin C, ada juga Vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, protein, zat besi, serat, dan niasin yang punya manfaat serupa. Kemudian, Vitamin C juga didukung dengan kandungan fitoalbumin dan mineral untuk menangkal radikal bebas.

Buah Naga untuk Meredakan Asma dan Batuk

Dengan mengkonsumsi buah naga, Anda pun dapat mengkonsumsinya untuk membantu meredakan gejala batuk dan asma. Tapi, perlu diingat kalau buah ini tidak lantas jadi pengganti obat. Manfaat ini dikarenakan kandungan Vitamin C yang tinggi di dalamnya, sehingga konsumsi buah naga yang teratur setiap hari pun sangat baik untuk membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Mengonsumsi Buah Naga

Anda dapat mengonsumsi buah naga secara langsung; cukup dengan mengiris-iris dagingnya dan buah pun bisa langsung disantap. Atau, Anda juga dapat merasakan manfaat buah naga untuk kesehatan dengan mengkonsumsi potongan buah naga yang diberi Greek yogurt dan kacang-kacangan sebagai camilan atau sarapan Anda. Buah naga juga tak kalah lezatnya saat disantap bersama dengan berbagai kacang dan buah beri (raspberry, stroberi, dan sebagainya) di dalam chia pudding. Bagi Anda yang suka salad, campuran udang segar, buah naga, alpukat, dan selada di dalam semangkuk salad juga pilihan yang super enak dan sehat!