Kandungan Nutrisi pada Buah Campedak

Buah campedak merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Sebagian orang mungkin lebih mengenal buah nangka daripada buah campedak. Meskipun bentuknya hampir sama dengan buah nangka dan sama-sama memiliki manfaat buah yang baik, namun keduanya memiliki perbedaan dari bau dan rasanya.

Begitu juga nama ilmiah yang diberikan kepada kedua buah ini berbeda, buah campedak secara ilmiah dinamai dengan Artocarpus champeden, sedangkan untuk buah nangka dinamai Artocarpus integra.

Pohon campedak banyak tumbuh di tanah-tanah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Kabarnya, buah campedak ini berasal dari Malaysia, namun hal ini belum ada bukti empiris yang menunjukan buah campedak berasal dari negara tersebut. Buah campedak telah tersebar di hampir seluruh asia tenggara.kandungan nutrisi pada buah campedak

Bentuk fisik dari pohon campedak memiliki ciri khas tertentu, yakni buahnya yang selalu berwarna hijau, tinggi pohonya bisa mencapai 20 meter, daun buah campedak memiliki bentuk yang tipis namun kaku seperti kulit.

Kandungan Nutrisi Buah Campedak

Banyak kandungan nutrisi pada buah campedak yang tidak diketahui, bahkan di tempat-tempat tertentu harga buah campedak ini lebih mahal dari buah nangka. Berdasarkan fakta ilmiah dari hasil penelitian oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI menunjukan kandungan nutrisi dari setiap 100 gram buah campedak mengandung kandungan berikut ini:

  • Energi (kkal) 106 51 116
  • Protein (g) 1,2 2,0 3,0
  • Lemak (g) 0,3 0,4 0,4
  • Karbohidrat (g) 27,6 11,3 28,6
  • Kalsium (mg) 20 45 20
  • Fosfor (mg) 19 29 30
  • Zat besi (mg) 0,9 0,5 1,5
  • Vit A (SI) 330 25 200
  • Vit B1 (mg) 0,07 0,07 0
  • Vit C (mg) 7 9 15
  • Air (g) 70,0 85,4 67,0

Jika dibandingkan dengan buah nangka, buah campedak memiliki kandungan energi sebesar 116 kkal per 100 gram-nya, sedangkan buah nangka 106 kkal per gram.

Berdasarkan data diatas juga diketahui bahwa karbohidrat yang dimiliki buah campedak adalah 28,6 per 100 gram, serta kadar lemak yang rendah. Hal ini menunjukan bahwa buah campedak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Dalam memanfaatkan kandungan nutrisi pada buah campedak, rata-rata orang dapat memakannya secara langsung seperti buah nangka pada umumnya, namun banyak juga yang mengolahnya menjadi sebuah makanan kolak atau hanya sekedar digoreng. Tentu hal ini tergantung selera masing-masing, namun pastikan buah campedak yang dikonsumsi telah matang karena rasanya tentu lebih lezat.

Jangan salah, selain wortel, kandungan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata Anda karena kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi. Ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang tidak menyukai wortel.

Selain vitamin A, kandungan vitamin C pada buah campedak yang lebih tinggi dari buah nangka sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, yang mana kadar vitamin C pada 100 gram buah campedak setara dengan 25 persen vitamin C pada 100 gram buah jeruk.

Pada buah campedak juga terdapat kandungan serat alami yang tinggi. Serat alami ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah panas dalam. Selain itu kandungan serat alami pada buah campedak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga akan cocok juga untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sekaligus bisa digunakan sebagai terapi herbal untuk menekan kadar gula darah di dalam tubuh.

Demikian kandungan nutrisi dan manfaat buah campedak untuk kesehatan.