Kandungan Nutrisi pada Buah Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu buah yang memiliki aroma khas dan segar. Selain memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang lezat, buah kiwi ternyata termasuk ke dalam salah satu buah yang terbukti memiliki kandungan nutrisi paling tinggi diantara buah-buah yang lainnya.

Dalam istilah ilmiahnya, buah kiwi disebut juga sebagai Actinidia deliciosa. Biasanya buah ini banyak ditemukan di supermarket-supermarket besar. Ciri khas dari buah kiwi adalah bentuknya yang oval dan pada warna kulitnya yang kecoklatan terdapat bulu-bulu halus.kandungan-dan-nutrisi-pada-buah-kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang rendah energi

Kandungan nutrisi pada kiwi termasuk yang memiliki kandungan lemak dan energi yang rendah. Oleh karena itu buah kiwi cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang dedang menjalani diet.

Kandungan energi pada buah kiwi 40 persen lebih sedikit dibandingkan dengan buah pisang, yang mana di dalam setiap 100 gram buah kiwi hanya mengandung 61 Kkal. Kandungan energi buah kiwi juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan buah jeruk dan anggur tetapi sedikit lebih tinggi dari buah strawberi, pepaya dan lemon.

Selain rendah kalori, di dalam buah kiwi terdapat kandungan asam amino argini dan glutamat yang baik untuk kesehatan tubuh. Fungsi asam amino akan menurunkan tekanan darah serta membantu melancarkan peredaran darah pada seluruh jaringan tubuh. Sedangkan zar arginin berguna untuk mencegah dan mengobati gejala impotensi.

Kandungan Vitamin yang lengkap pada buah kiwi

Vitamin C dan vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jika kekurangan asupan vitamin C, maka kekebalan tubuh akan menurun dan rentan terserang berbagai penyakit. Dari hasil penelitian oleh para ahli menunjukan bahwa buah kiwi memiliki kandungan vitamin C 17 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel, dan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah keruk dan lemon.

Selain untuk sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga berperan penting untuk membantu proses penyembuhan dan memelihara kesehatan kulit agar tetap tampak bersih dan sehat.

Selain vitamin C, kandungan vitamin E pada buah kiwi juga dua kali lebih banyak dari buah alpukat. Vitamin E bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas serta mencegah proses penuaan dini sehingga vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin E juga dapat membantu meningkatkan kesuburan dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Buah kiwi juga mengandung berbagai vitamin seperti B1, B2, B6, asam folat, niasin, dan vitamin A.

Buah kiwi memiliki kandungan mineral yang tinggi

Mineral adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan stamina agar tetap bugar. Buah kiwi adalah sumber mineral yang baik untuk tubuh, karena elektrolit yang terdapat pada buah kiwi akan membantu mengganti cairan tubuh akibat dari keluarnya keringat selama berolahraga, atau ketika menempati tempat yang panas.

Beberpa mineral yang terkandung dalam buah kiwi antara lain adalaha kalium (potasium), magnesium, kalsium, tembaga, seng, mangan dan fosfor. Kalium pada buah kiwi sangat penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak refleks saraf. Selain itu Kalium juga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jumlah kalium yang terdapat pada buah kiwi adalah 5,4 mg/kalori. Kandungan nutrisi dalam jumlah tersebut sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan pepaya yang memiliki kandungan Kalium sebanyak 6,6 mg/kalori.

Perbedaan Kandungan Vitamin pada buah Kiwi hijau dan Kiwi kuning

  • Setiap 100 gram buah kiwi kuning atau kiwi gold terdapat kandungan vitamin C hingga 105,4 mg.
  • Setiap 100 gram buah kiwi hijau terdapat kandungan vitamin C hingga 92,7 mg.
  • Setiap 100 gram buah kiwi kuning terdapat kandungan serat sebanyak 1,4 gram.
  • Setiap 100 gram buah kiwi hijau terdapat kandungan serat hingga 3 gram.

Baca juga: Manfaat buah kiwi bagi kesehatan