Keistimewaan Fungsi Lemon untuk Wajah agar Selalu Awet Muda

kegunaan lemon untuk wajah

Fungsi lemon untuk wajah ternyata dapat membuah Anda menjadi awet muda dari biasanya. Bagaimana caranya? Disini akan dibahas berbagai manfaat buah lemon untuk wajah yang bisa membuat Anda jauh lebih awet muda.

Buah lemon merupakan salah satu buah yang kompak yang terkandung banyak sekali nutrisi sehat sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Namun siapa sangka ternyata buah lemon ternyata bagus untuk kecantikan kulit terutama kulit wajah. Bahkan berbagai alat-alat kecantikan saat sekarang ini banyak yang sudah mengadopsi dari bahan lemon sebagai bahan utama.

1. Efektif membantu mengatasi jerawat di wajah

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang menjengkelkan, terutama bagi kaum hawa, Namun tidak bisa dipungkiri bahwa hanpir semua orang pernah berjerawat, terutama kaum remaja yang memang mengalami peningkatan hormon. Jika wajah tidak dirawat dengan baik, maka biasanya jerawat akan timbul lebih banyak dari yang seharusnya.

Salah satu penyebab timbulnya jerawat yaitu terjadinya penyumbatan pori-pori pada wajah yang diakibatkan oleh kotoran-kotoran dari luar seperti debu, dan menempelnya kain atau tangan yang tidak higienis.

Di dalam buah lemon kaya akan kandungan vitamin C. Selain bagus untuk dikonsumsi, ternyata sari buah lemon bagus untuk mengatasi jerawat pada wajah. Untuk perawatan pada wajah berjerawat cukup dengan mengoleskan sari buah lemon pada wajah dengan menggunakan kapas kosmetik. Setelah itu tinggal bilasa dengan air bersih. Lakukan ini secara rutin setiap hari agar dalam waktu kurang lebih satu minggu, hasilnya langsung dapat terlihat.

2. Mengontrol kadar minyak berlebih di wajah

Ketika kadar minyak pada wajah berlebih, maka bisa jadi hal itu merupakan salah satu timbulnya jerawat pada wajah. Namun dengan fungsi lemon untuk wajah sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini. Asam pada lemon akan membuat kadar minyak pada wajah lebih terkontrol, bahkan ketika wajah Anda sedang berminyak karena aktivitas pada siang hari, air sari lemon dapat menjadi solusinya.

Membasuh wajah dengan sari lemon sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari, lakukanlah hanya ketika terjadi penumpukan minyak pada wajah. Karena salah satu penyebab wajah berjerawat adalah akibat minyak berlebih pada wajah.

Sebenarnya sah-sah saja melumurin wajah dengan minyak lemon setiap hari, terutama untuk Anda yang memiliki kadar minyak berlebih pada wajah. Namun satu halyang perlu diperhatikan bagi Anda yang mempunyai wajah yang sensitif, dianjurkan hanya membersihkan wajah Anda dengan sari lemon 2 kali dalam seminggu saja.

3. Fungsi lemon untuk wajah sebagai anti penuaan dini

Kadar vitamin pada buah lemon tidak perlu diragukan lagi, Selain vitamin C, juga terkandung vitamin B1, B2 dan B3 yang baik untuk menyehatkan kulit. Vitamin-vitamin ini bermanfaat sebagai salah satu zat yang akan mencegah kulit dari penuaan dini. Karena vitamin B dapat memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak dan menumbuhkan-sel-sel kulit baru secara alami dari dalam.

4. Menyamarkan bintik hitam dan noda di wajah

Selain dapat mengurangi minyak berlebih dan mengatasi jerawat, sari lemon juga bermanfaat untuk menyamarkan bintik hitam di wajah yang timbul dari bekas jerawat atau noda debu yang menempel.

5. Mencegah dan mengurangi komedo

Banyak kaum remaja dan ibu muda yang selalu aktif dalam beraktivitas terutama siang hari, persoalan komedo menjadi salah satu hal yang menjengkelkan. Komedo muncul di wajah akibat penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Sari buah lemon dapat membantu Anda membersihkan komedo yang membandel pada wajah.

6. Menjaga kelembaban wajah

Berbagai vitamin yang terkandung pada buah lemon sangat efektif merawat wajah, selain membersihkan wajah secara alami, buah lemon sangat baik untuk menjaga kelembaban wajah. Pada dasarnya ketika buah lemon akan digunakan sebagai pelembab wajah, perlu dikombinasikan dengan bahan lain seperti buah alpukat.

Cara mengaplikasikan fungsi lemon untuk wajah agar lebih putih dan cerah

Dalam mengaplikasikan fungsi lemon untuk wajah ada berbagai variasi yang dapat dicoba, yang kesemuanya memiliki efek yang bagus untuk kesehatan kulit wajah. Berikut ini adalah tiga cara populer dalam mengaplikasikan fungsi lemon untuk wajah yang lebih putih dan cerah secara alami.

1. Lemon sebagai pembersih wajah

Cara mengaplikasikan buah lemon sebagai pembersih wajah secara alami dapat dilakukan dengan sangat mudah. Yaitu dengan cara membilas wajah terlebih dahulu dengan air bersih, setelah itu campurkan sari jeruk lemon, madu, sepotong kecil lidah buaya dan air secukupnya. Kemudian usapkan kepada wajah dengan tangan atau kain halus secara merata ke seluruh wajah yang akan dibersihkan. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

2. Lemon sebagai masker wajah untuk kulit kering

Dengan memanfaatkan fungsi lemon untuk wajah, Anda dapat mencoba sensasi yang berbeda dari buah lemon yang digunakan sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan sari lemon dengan 1 sendok makan madu, kemudian setelah itu campurkan susu bubuk full cream yang mudah larut kedalamnya dan aduk rata.

Setelah semuanya sudah teraduk rata, masker lemon siap untuk dipakai. Olekan masker lemon ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda akan merasakan perbedaan sebelum dan setelah menggunakan masker lemon ini.

3. Sari lemon untuk membantu menyamarkan kerutan pada wajah

Kerutan pada wajah akan membuat Anda tampak lebih tua dari bisanya. Dengan menyamarkan kerutan pada wajah, setidaknya akan membuat wajah anda terlihat lebih muda. Selain menyamarkan kerutan pada wajah, sari lemon juga dapat membantu menghilangkan kerutan wajah tersebut jika dilakukan secara rutin.

Caranya mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan sari lemon dan satu sendok makan madu asli disertai dengan beberapa tetes minyak almond. Dengan pencampuran bahan-bahan tersebut akan menghasilkan cairan yang kental. Kemudian oleskan pada wajah secara merata termasuk kantung mata yang terlihat hitam, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu tinggal bilas wajah anda dengan air bersih.