Kenali Fungsi Jantung Anda

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dalam tubuh kita. Tanpa jantung tubuh tidak akan bisa berfungsi sama sekali alias mati. Organ tubuh yang satu ini harus diperlihara dengan sangat baik jangan sampai ada gangguan yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Namun apa sebenarnya fungsi jantung ini?

Fungsi jantung secara umum adalah untuk memompa dan menyalurkan darah ke seluruh tubuh kita. Setelah itu darah akan kembali ke jantung yang sebelumnya telah dibersihkan melalui organ paru-paru. Jantung juga bertugas menyediakan oksigen yang cukup pada darah untuk dialirkan ke dalam tubuh.

Dalam prosesnya, jantung membersihkan tubuh dari hasil metabolisme yang mengandung karbondioksida yang dikumpulkan bersama darah yang kekurangan oksigen. Selanjutnya darah ini dipompa menuju paru-paru. Hal ini dilakukan untuk membuang karbondioksida hasil metabolisme dan mengambil oksigen yang berada dalam paru-paru tersebut. Setelah Jantung mengumpulkan darah yang kaya akan oksigen ini, kemudian dipompakan kembali ke seluruh tubuh.fungsi-jantung-manusia

Fungsionalitas jantung itu sendiri akan berkurang karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya dengan bertambahnya usia seseorang. Perlu diketahui jantung itu bekerja secara terus-menerus alias non-stop selama hidup kita, karena kerja jantung memang tidak boleh berhenti.

Bererapa gangguan kesehatan jantung yang sering terjadi adalah infeksi otot jantung, berkurangnya oksigen dalam jantung, penyempitan pembuluh darah dan lain-lain.