Khasiat Buah Mangga untuk Kecantikan Wajah

Berbagai khasiat alami untuk kesehatan dapat ditemukan pada buah mangga. Salah satunya untuk kecantikan wajah. kandungan vitamin A dan beta-karoten yang terkandung pada buah mangga ternyata dapat mengatasi berbagai permasalahn pada kulit terutama pada kulit wajah.

Sepotong buah mangga selain lezat untuk dimakan, dapat diracik sedemikian rupa sehingga akan memberikan efek manfaat pada kulit wajah Anda seperti membantu menghilangkan noda jerawat, membantu meremajakan kulit wajah dan melembabkannya agar tidak tampak kering dan kusam.khasiat-buah-mangga-untuk-kecantikan-wajah

Untuk mengoptimalkan khasiat buah mangga untuk kecantikan wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Buah mangga yang dijadikan scrub untuk wajah

Scrub wajah pada kulit mangga berkhasiat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit yang mati yang terdapat pada wajah Anda. Selain itu, kulit wajah yang berminyak juga akan dibersihkan sehingga wajah Anda akan tampak cerah dan tidak kusam.

Cara membuat scrub wajah ini cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan sepotong buah mangga yang sudah matang yang dicampur dengan satu sendok makan susu bubuk. Alangkah baiknya dicampur juga dengan satu sendok makan madu. Kemudian ketiganya diaduk secara merata.

Cara menggunakan scrub wajah ini adalah dengan cara membalurkan scrub mangga yang telah dibuat secara merata ke seluruh wajah, sambil dibalurkan, pijat-pijatlah wajah secara lembut. Setelah semuanya telah dibalurkan secara merata pada seluruh wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lalu bersihkan dengan air. Ulangi hal ini setiap hari dan lihat efeknya selama satu sampai dua minggu.

Buah mangga sebagai pembersih wajah alami

Selain sebagai scrub, buah mangga dapat digunakan sebagai krim pembersih wajah alami. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh tepung terigu secukupnya yang dicampur dengan beberapa potong buah mangga yang telah ditumbuk atau di penyet. Gunakan campuran mangga dan tepung terigu ini untuk membersihkan wajah seperti layaknya krim pembersih biasa. Lalu bersihkan dengan air dingin.

Buah mangga sebagai masker wajah

Membuat masker wajah dari buah mangga ini berbeda dari kedua cara diatas, karena dalam membuat masker wajah ini yang akan digunakan bukanlah daging buahnya melainkan kuit buahnya. Jangan salah, kulit buah mangga memiliki kandungan yang sama baiknya dengan daging buahnya.

Cara membuatnya adalah dengan cara mengupas kulit buah mangga yang sudah matang, sedangkan daging buahnya dapat anda makan atau dijadikan scrub wajah atau pembersih wajah.  Kulit mangga ini digosok-gosokan secara halus pada seluruh wajah anda. Setelah itu diamkan selama beberapa saat antara 15-25 menit sampai kering. Selanjutnya tinggal dibilas dengan air bersih.

Dengan melakukan masker wajah dari buah mangga ini secara rutin 2-4 kali dalam seminggu akan membuat wajah anda tampak lebih bersih dan halus. Sehingga kulit wajah anda akan terlihat lebih bercahaya dan tidak kusam.

Demikian beberapa khasiat buah mangga untuk kecantikan wajah yang dapat diaplikasikan sehari-hari.